Cara Menulis Arab di WhatsApp, 100% Cepat dan Efektif!

Cara menulis Arab di WhatsApp semakin menarik untuk diketahui seiring dengan globalisasi. Jaringan pertemanan bisa menjadi lebih luas jika Anda mampu berkomunikasi menggunakan bahasa asing walaupun hanya melalui WhatsApp.

Tidak melulu harus fasih berbahasa Arab, Anda bisa menggunakan teknologi agar tetap terhubung dengan para penutur bahasa Arab. Baca terus untuk mengetahui cara-cara efektif memanfaatkan teknologi dalam komunikasi!

Cara Membuat Tulisan Arab di WA Tanpa Aplikasi

Menulis teks dalam bahasa Arab di WhatsApp akan sangat dibutuhkan ketika berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau rekan bisnis yang menggunakan bahasa Arab. Berikut beberapa metode ala SIPWriter yang bisa membuat Anda percaya diri berkomunikasi dalam bahasa Arab melalui WA!

1. Menggunakan Keyboard Arab Bawaan Sistem Operasi

keyboard-tulisan-arab

Sebagian besar sistem operasi pada HP telah menyediakan keyboard Arab bawaan. Jika ingin mengaktifkannya, Anda bisa membuka pengaturan bahasa dan masukan pada perangkat.

Pastikan untuk menambahkan keyboard Arab sebagai salah satu pilihan bahasa yang aktif. Setelah keyboard tulisan Arab aktif, Anda bisa dengan mudah mengakses dan menulis teks berbahasa Arab di WhatsApp dan aplikasi lainnya tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

2. Menggunakan Fitur Auto-Correction

Anda dapat mengandalkan fitur auto-correction jika merasa kesulitan mengetik dengan tepat. Fitur ini akan sangat membantu dalam mengoreksi ejaan dan menyesuaikan kata-kata Arab yang diketik sehingga menjadi lebih tepat dan terbaca dengan baik secara optimal.

Baca juga:  Penulisan Doktor yang Benar, Jangan Salah Lagi!

Fitur auto-correction juga akan mempermudah penulisan pesan atau teks Arab tanpa harus khawatir tentang kesalahan ejaan atau penulisan. Sekarang, Anda bisa berkomunikasi lewat WhatsApp dengan lebih lancar.

3. Menggunakan Handwriting

Beberapa perangkat juga menyediakan fitur penulisan tangan atau handwriting untuk bahasa Arab. Fitur ini memfasilitasi pengguna menulis karakter Arab dengan tangan pada layar ponsel menggunakan jari atau stylus.

Perangkat akan mengenali karakter yang Anda tulis dan mengkonversinya menjadi teks Arab. Meskipun memerlukan sedikit waktu untuk berlatih dan terbiasa, fitur handwriting dapat menjadi cara menulis Arab di HP dengan lebih natural.

4. Menggunakan Keyboard Virtual

Ketika sistem operasi HP tidak menyediakan keyboard Arab bawaan, Anda masih dapat menggunakan keyboard virtual secara online. Cari keyboard virtual Arab di mesin pencari, lalu salin dan tempelkan teks yang ditulis dari keyboard virtual tersebut ke WhatsApp.

Metode ini dapat menjadi solusi sementara jika Anda ingin menerapkan cara menulis Arab di WhatsApp tanpa aplikasi atau mengunduh keyboard tambahan. Memang dalam prosesnya memerlukan beberapa tahapan, tetapi tidak sulit untuk melakukannya.

5. Menggunakan Perangkat Khusus Penulisan Arab

Bagi yang sering menggunakan bahasa Arab dan memerlukan metode penulisan yang lebih lancar dan cepat, pertimbangkan untuk membeli perangkat khusus penulisan Arab. Beberapa produsen menyediakan keyboard fisik yang memfasilitasi penulisan karakter Arab secara langsung.

Anda dapat menyambungkan perangkat khusus ini dengan HP melalui koneksi Bluetooth atau USB. Pemakaian perangkat khusus akan membuat Anda menulis bahasa Arab dengan lebih mudah dan cepat di WhatsApp dan aplikasi lainnya tanpa perlu aplikasi tambahan.

6. Menggunakan Google Translate

tulisan-arab-buat-status-wa

Menulis tulisan Arab buat status WA menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan Google Translate. Google Translate adalah layanan online yang dapat menerjemahkan teks dari bahasa lain ke bahasa Arab dan sebaliknya.

Baca juga:  Cara Menulis Daftar Pustaka dengan Tepat dan Contohnya

Anda bisa menggunakan Google Translate untuk mengetik teks dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain, kemudian menerjemahkannya ke bahasa Arab. Setelah mendapatkan terjemahan berbahasa Arab, salin dan tempelkan teks tersebut ke fitur Status di WhatsApp.

7. Membuat Shortcuts untuk Kata-Kata Arab

Bagi yang sering menggunakan kata-kata atau frasa Arab tertentu dalam percakapan di WhatsApp, coba memanfaatkan fitur shortcut (pintasan) pada perangkat Anda. Buka pengaturan Shortcut, lalu tambahkan kata-kata Arab yang sering digunakan dan asosiasikan dengan singkatan tertentu.

Cara ini dapat membuat Anda lebih cepat dan mudah menulis teks Arab tanpa harus mengetiknya secara penuh. Anda juga bisa membuat tulisan Arab untuk profil WA dengan Shortcut. Sayangnya, tidak semua HP memiliki fitur Shortcut untuk merealisasikannya.

8. Menggunakan Stiker atau Emoji Arab

WhatsApp menyediakan berbagai stiker dan emoji, termasuk yang berbahasa Arab. Anda dapat mencari dan mengirim stiker atau emoji yang memiliki tulisan Arab di dalamnya untuk berkomunikasi secara visual dengan lebih menarik.

Cukup ketik kata kunci “Arabic” atau “Arab” saat mencari stiker atau emoji dalam koleksi WhatsApp. Jika belum menemukan yang sesuai, Anda juga bisa membuat stiker sendiri walaupun untuk melakukan cara ini biasanya memerlukan aplikasi tambahan berupa pembuatan striker.

Aplikasi untuk Cara Menulis Arab di WhatsApp

arabic-keyboard

Mudah saja untuk menulis bahasa Arab di WhatsApp jika menggunakan aplikasi. Namun, Anda perlu menginstal aplikasi keyboard tambahan yang dilengkapi fitur bahasa Arab. Berikut beberapa aplikasi keyboard berbahasa Arab yang dapat dipilih, yaitu:

  • Gboard
  • Swiftkey
  • Arabic Keyboard
  • Go Keyboard
  • Harakat Arabic Keyboard

Terdapat lebih banyak keyboard untuk penulisan bahasa Arab yang bisa ditemukan di Play Store ataupun Apple Store. Namun jika memori HP Anda terbatas, lebih baik gunakan cara menulis Arab di WhatsApp dengan fitur bawaan perangkat tanpa menginstal aplikasi tambahan.

Baca juga:  Cara Mengirim Artikel ke Media Online, 100% Diterima!

Tinggalkan komentar