Otak Buntu? Tips Cari Inspirasi Menulis Bagi Blogger

Menjadi seorang blogger sejati, artinya anda harus bisa menulis dengan baik. Entah itu menentukan topik, analisis keyword, maupun merangkai diksi hingga menjadi sebuah tulisan yang apik nan nyaman dibaca. Inilah tips cari inspirasi menulis bagi blogger.

Apa yang akan kita sajikan pada tulisan kali ini?

Membaca Apapun

“Penulis yang hebat adalah pembaca yang baik.”

Itu adalah sebuah jargon wajib seorang blogger. Mustahil anda jadi blogger sejati, jika anda tidak memiliki literatur yang kuat. Bisa saja sih, namun tentu tulisan anda tidak akan lebih baik ketimbang blogger yang kuat bahan bacaannya.

Membaca di sini bisa anda artikan ‘mencari data’. Saya menyarankan anda untuk membaca beberapa literatur berikut:

  • Buku
  • Artikel di internet
  • Koran atau majalah
  • Jurnal atau artikel ilmiah
  • Dan lain-lain.

Intinya: baca yang anda butuhkan dan anda sukai. Jangan terlalu memaksakan diri, daripada nanti stress. Ya nggak?

Ngobrol atau Diskusi

“Ngopi: ngobrol cari inspirasi”

Kenapa ngopi bisa dianggap mencari inspirasi? Karena umumnya, ketika anda ngopi, anda akan bertukar pikiran, berdiskusi, dan mendapatkan informasi.

Intinya, ngobrol. Bahkan anda bisa ngobrol dengan diri anda sendiri untuk mencari inspirasi. Jika otak anda buntu, jangan dipaksa menulis. Hasilnya tulisan anda nanti malah buruk.

Pastikan anda mulai berdiskusi dengan teman atau keluarga. Ngobrol santai, nge-bacot, atau bahkan ngomong dengan diri sendiri.

Memang tampak gila, namun saya merasa hal itu bisa mencairkan otak yang buntu.

Jalan-Jalan

Melihat sesuatu yang baru adalah cara untuk memunculkan ide. Hal itu sudah saya rasakan.

Bahkan pun tidak baru, minimal ganti suasana. Misal nih, anda nulis terus melihat laptop, mata anda akan capek. Posisi tubuh anda juga tetap, juga bisa bikin capek. Maka dari itu, anda butuh sensasi dan posisi yang baru.

Kalau belum bisa traveling keliling wisata, ya minimal bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Jalan-jalan keliling rumah
  • Lihat pepohonan yang hijau
  • Cari supermarket, beli minum
  • Olahraga atau goes
  • Melakukan permainan offline
  • Dan lain-lain

Intinya: jangan sepaneng, tegang, dan tertekan. Hal-hal itu membuat otak anda bekerja lebih keras dan akhirnya bisa menyebabkan stress.

Nonton Film

Kegiatan yang satu ini adalah salah satu kegiatan yang saya sukai, hehe…

Ketika buntu nulis, saya sering beralih streaming film. Jujur sih, memang kadang saya streaming film-film bajakan di internet itu. Namun terkadang juga film di bioskop.

Film yang anda tonton harusnya bukan film yang nggak berguna seperti film-film erotis dan p0rnografi. Film drama, kolosal, ataupun action sih nggak masalah. Monggo-monggo saja…

Namun satu hal yang harus anda ingat, “Jangan terbawa nafsu nonton. Karena terkadang, sekali nonton, baper, akhirnya terus ingin nonton.”

Jika hal itu terjadi, bukannya dapat inspirasi, anda malah akan tidak produktif.

Lihat Isi Youtube

Jujur, Youtube adalah makanan saya setiap hari. Karena isinya banyak sekali. Mulai dari yang tidak berguna, hingga sangat berguna. Semuanya ada…

  • Jika otak anda buntu, nonton Youtube bisa saja jadi solusi. Namun…
  • Jangan terbawa keasyikan, karena youtube bikin ketagihan
  • Pastikan melihat konten yang baik-baik
  • Jangan jadikan kegiatan inti
  • Niatkan nonton Youtube untuk cari informasi atau nambah ilmu

Nonton Ceramah Agama Offline

Terkadang, anda bisa mendapatkan satu inspirasi ketika mendengar ceramah secara langsung.

Maka sah-sah jika anda mencoba untuk melakukan hal ini. Rehat dulu menulis, coba cari tempat ibadah atau tempat-tempat yang ada ceramah agamanya.

Ya, salah satu tips cari inspirasi untuk blogger ini memang agak beda sih. Namun menurut pengalaman saya sih gitu, hehe…

Ibadah

Tips terakhir yang paling final adalah : “Stop nulis, ingat Tuhan!”

Tuhan adalah sumber dari segala sumber, tempat meletakkan semua harapan dan doa kita. Maka anda harus mencoba untuk mengingat Tuhan ketika otak sudah buntu.

Semua butuh rehat, agar otak anda kembali lancar. Ya, selain mengistirahatkan otak, beribadah bisa mendapat pahala tentunya, betul nggak?

***

Tips cari inspirasi menulis di atas bisa anda coba. Memang sih, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk cari inspirasi. Namun intinya: jangan sampai memaksa otak anda untuk terus menulis. Karena hal itu sangat buruk untuk produktivitas dan kesehatan psikologi anda.

Satu pemikiran pada “Otak Buntu? Tips Cari Inspirasi Menulis Bagi Blogger”

Tinggalkan komentar

Open chat