Cara Membuat Artikel yang Benar, 100% Mudah Banget!

Cukup banyak orang mempelajari cara membuat artikel yang benar agar bisa menghasilkan karya terbaik dan berkualitas. Hal ini karena dalam proses pembuatannya membutuhkan perencanaan, struktur yang tepat, hingga bahasa maupun kata yang sesuai.

Terdapat berbagai jenis artikel yang mempunyai tujuan dan cara penulisan berbeda, mulai dari artikel praktis, ilmiah, opini, hingga SEO. Simak langsung artikel di bawah ini untuk mempelajari jenis artikel dan cara penulisannya!

Apa Itu Artikel?

Artikel adalah sebuah tulisan atau karangan yang membahas tentang suatu topik atau peristiwa tertentu dengan tujuan untuk memberikan informasi, penjelasan, hingga hiburan kepada pembaca. 

Pada umumnya, susunan membuat artikel terdiri dari pendahuluan atau pembuka, isi, dan penutup atau kesimpulan. Pendahuluan atau pembuka berisi gambaran umum tentang topik yang dibahas dan tujuan penulisan artikel. 

Isi adalah bagian terbesar dari artikel yang berisi penjelasan, fakta, dan argumen yang mendukung topik.

Penutup atau kesimpulan adalah bagian terakhir dari artikel yang berisi rangkuman poin-poin penting dalam artikel dan juga menyajikan pandangan atau saran penulis terkait topik tertentu. 

susunan-membuat-artikel

Selain itu, beberapa artikel mungkin juga mempunyai bagian lain, seperti daftar pustaka, catatan kaki, atau lampiran. Agar bisa menghasilkan karya berkualitas dan sesuai struktur, maka Anda wajib mempelajari bagaimana cara membuat artikel yang benar.

Artikel sendiri bisa berbentuk tulisan pada media cetak, termasuk surat kabar, majalah, buku, dan artikel pada situs web atau blog. Biasanya karya tulis ini menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta disusun dengan gaya penulisan sesuai dengan target pembacanya.

Artikel bisa berisi tentang berbagai topik, seperti berita, opini, ilmu pengetahuan, kesehatan, teknologi, hiburan, dan masih banyak lagi. Tujuan dari sebuah artikel cukup beragam, seperti memberikan informasi, mendidik, menghibur, atau memengaruhi pembaca.

Fungsi Artikel

Artikel memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi, gagasan, pandangan, dan solusi yang efektif kepada pembaca dalam berbagai bidang, mulai dari ilmiah, teknis, hingga hiburan. Berikut ini pembahasan lengkap terkait fungsi artikel, yaitu:

1. Memberikan informasi

Salah satu fungsi utama artikel adalah memberikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca tentang suatu topik atau peristiwa tertentu.

Artikel bisa menjadi sumber informasi bermanfaat untuk pembaca yang ingin belajar atau memperluas pengetahuan mereka tentang suatu topik.

2. Memengaruhi Pembaca

Artikel opini atau editorial sering kali digunakan untuk membujuk pembaca untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang tertentu atau mengambil tindakan tertentu. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mengetahui bagaimana cara membuat artikel yang benar.

3. Mendidik

Artikel juga bisa berfungsi sebagai alat untuk mendidik pembaca tentang suatu topik atau masalah yang penting. Jenis artikel pendidikan mampu membantu pembaca untuk memahami konsep, proses, dan prinsip-prinsip yang berkaitan dengan topik tersebut.

4. Hiburan

Jenis artikel ini biasanya mengenai topik yang ringan dan menarik perhatian hingga menghasilkan tawa, kegembiraan, atau kekaguman, serta memberikan pengalaman positif untuk pembaca.

contoh-artikel-yang-baik-dan-benar

5. Promosi

Mengetahui cara membuat artikel yang benar juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau acara tertentu. Tujuan utamanya memang untuk memperkenalkan produk atau layanan baru maupun meningkatkan kesadaran dan minat pembaca tentang suatu acara.

Baca juga:  Cara Penulisan Rupiah (Rp) yang Benar Sesuai PUEBI

6. Membangun Otoritas

Jenis artikel oleh ahli atau pakar di bidangnya bisa membantu membangun reputasi atau otoritas bagi penulisnya. Artikel seperti ini bisa membantu pembaca mempercayai penulis sebagai sumber informasi yang kompeten dan terpercaya di bidangnya.

Ciri-ciri Artikel

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, maka Anda juga perlu mempelajari apa saja ciri-ciri artikel agar wawasan yang didapatkan menjadi semakin lengkap.

cara-membuat-artikel-untuk-tugas-kuliah

1. Berisi Informasi

Artikel berisi informasi atau pengetahuan tentang suatu topik tertentu yang relevan bagi pembaca. Informasi tersebut haruslah benar dan akurat serta didukung oleh sumber yang terpercaya. Oleh karena itu, Anda wajib memahami bagaimana cara membuat artikel yang benar.

2. Singkat dan Padat

Biasanya artikel ditulis dalam ukuran relatif pendek, antara 500-2000 kata dengan bahasa yang jelas dan padat. Artikel yang terlalu panjang bisa membuat pembaca bosan dan kehilangan minat untuk membaca seluruh tulisan.

3. Menggunakan Gaya Bahasa yang Menarik

Jenis karya tulis ini harus ditulis dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami serta menarik perhatian pembaca. Tulisan dengan bahasa yang sulit dimengerti pastinya akan menyulitkan pembaca untuk mendapatkan intisari atau wawasan dari artikel tersebut.

4. Memiliki Struktur yang Jelas

Format membuat artikel harus jelas dan terdiri dari judul, pengantar atau pembukaan, isi yang berisi beberapa paragraf, serta penutup atau kesimpulan. Struktur yang jelas bisa membantu pembaca untuk memahami isi artikel dengan lebih baik.

5. Bisa Dibaca dengan Cepat

Artikel sebaiknya bisa dibaca dengan cepat dan mudah dipahami oleh pembaca. Cara agar bisa mencapai hal ini, penulis perlu menggunakan paragraf pendek, kalimat sederhana, serta tanda baca dan spasi yang tepat.

6. Fokus Pada Satu Topik

Pada umumnya, artikel hanya membahas satu topik atau isu tertentu. Hal ini nantinya akan membantu pembaca untuk lebih fokus pada topik yang dibahas dan memahami informasi dengan lebih baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat artikel yang benar agar pembaca tidak bingung.

7. Menghibur, Mengajar Atau Memengaruhi

Artikel mempunyai berbagai tujuan, seperti menghibur, mengajarkan tentang suatu topik, atau membuat pembaca untuk mengambil tindakan tertentu. Tujuan artikel sendiri akan memengaruhi gaya bahasa dan isi artikel tersebut.

Jenis-jenis Artikel

format-membuat-artikel

Terdapat berbagai jenis artikel yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan penulisan dan target pembacanya. Berikut ini jenis-jenisnya, yaitu:

1. Artikel Praktis

Artikel praktis merupakan jenis artikel yang ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi bermanfaat secara praktis bagi pembaca.

Artikel ini biasanya berisi tips dan trik, panduan, atau tutorial tentang suatu topik tertentu yang bisa membantu pembaca menyelesaikan masalah atau melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Cara membuat artikel yang benar jenis praktis, yaitu:

  1. Pilih topik yang relevan dan menarik bagi pembaca serta cari tahu apa yang sedang dibicarakan di kalangan pembaca atau sedang menjadi tren terkini.
  2. Lakukan riset tentang topik yang akan dibahas serta pastikan informasi yang diberikan benar dan akurat. Baca sumber-sumber terpercaya dan berikan referensi untuk mendukung informasi yang diberikan.
  3. Susun kerangka artikel dengan jelas dan mudah dipahami. Sertakan judul, pengantar atau pembukaan, isi artikel yang terdiri dari beberapa paragraf, dan penutup atau kesimpulan.
  4. Pakai bahasa yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca. Sebaiknya, hindari penggunaan istilah yang sulit dipahami atau terlalu teknis.
  5. Buat paragraf yang pendek dan padat serta gunakan sub judul untuk memudahkan pembaca memahami isi artikel.
  6. Sertakan contoh atau ilustrasi untuk memperjelas isi artikel. Hal ini bisa membantu pembaca memahami tulisan dengan lebih baik dan mudah diingat.
  7. Berikan solusi atau tips yang praktis bagi pembaca. Selain itu, berikan juga contoh atau langkah-langkah yang mudah diikuti agar mereka menjadi lebih paham.
  8. Sertakan tautan atau link yang relevan dan berguna bagi pembaca untuk memperkaya informasi yang diberikan.
  9. Setelah selesai menulis, revisi artikel untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan penulisan.
Baca juga:  Perbedaan Artikel Ilmiah dan Artikel Populer, Sudah Tahu?

2. Artikel Ilmiah

Jenis artikel yang biasanya ditulis oleh peneliti atau akademisi dan memuat hasil penelitian atau kajian ilmiah tentang suatu topik tertentu.

contoh-artikel

Artikel ilmiah harus memenuhi standar kualitas tertentu dan disusun dengan format yang khusus, seperti IMRAD (Introduction, Methods, Results, and Discussion).

Cara membuat artikel yang benar jenis ilmiah, yaitu:

  1. Pilih topik sesuai dengan bidang studi yang sedang diteliti dan tentukan judul singkat, tetapi bisa menggambarkan isi artikel dengan jelas.
  2. Buat daftar referensi yang akan digunakan untuk mendukung artikel, termasuk buku, jurnal, artikel, atau sumber-sumber lain.
  3. Tuliskan abstrak secara ringkas dan padat, berisi tujuan, metode, hasil, serta kesimpulan penelitian yang akan dibahas dalam artikel.
  4. Tuliskan pendahuluan yang menjelaskan tentang topik, tujuan penelitian, serta latar belakang penelitian.
  5. Cara membuat artikel untuk tugas kuliah ini adalah jelaskan secara detail tentang metode penelitian yang digunakan, termasuk desain penelitian, subjek penelitian, instrumen penelitian, dan prosedur pengambilan data.
  6. Jelaskan hasil penelitian yang didapatkan, baik dalam bentuk teks maupun grafik atau tabel. Ingat bahwa analisis data dan hasil penelitian harus sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditentukan.
  7. Buat kesimpulan yang menggambarkan kembali tujuan dan hasil penelitian artikel ilmiah.
  8. Sertakan daftar pustaka yang mencantumkan semua referensi yang digunakan dalam artikel.
  9. Jika sudah selesai menulis, lakukan revisi artikel untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa, penulisan, dan lain sebagainya. 

3. Artikel Opini

Biasa disebut sebagai artikel editorial yang ditulis oleh penulis dengan pendapat atau sudut pandang tertentu tentang suatu topik. Artikel ini bertujuan untuk mempengaruhi atau membujuk pembaca agar memiliki pandangan sama atau setidaknya mempertimbangkan sudut pandang yang diutarakan.

cara-membuat-artikel-yang-bagus

Cara membuat artikel yang benar jenis opini, yaitu:

  1. Pilih topik yang menarik dan relevan dengan isu terkini dan tentukan pendapat secara jelas tentang topik tersebut.
  2. Buat kerangka artikel dengan menyusun pendapat-pendapat atau argumen-argumen yang akan dibahas dalam artikel.
  3. Jelaskan latar belakang dari topik yang akan dibahas dalam artikel dan sertakan informasi atau fakta terbaik untuk memberikan konteks bagi pembaca.
  4. Jelaskan pendapat atau argumen yang ingin disampaikan dengan jelas dan dukung menggunakan fakta atau data terbaik.
  5. Jelaskan kontra-argumen atau pendapat berbeda dengan pendapat yang disampaikan dalam artikel. Berikan alasan mengapa pendapat yang Anda sampaikan lebih baik atau lebih relevan dibandingkan dengan kontra-argumen.
  6. Gunakan gaya penulisan yang menarik dengan kalimat-kalimat pendek, jelas, dan mudah dipahami. Sertakan beberapa contoh artikel yang konkret untuk mendukung argumen tersebut.
  7. Sertakan kesimpulan yang mengulang pendapat atau argumen dalam artikel. Berikan alasan mengapa pendapat atau argumen tersebut penting dan harus diperhatikan.
  8. Setelah menulis, periksa kembali tulisan untuk memastikan tata bahasa yang Anda gunakan sudah baik dan mudah dipahami.

4. Artikel SEO

Jenis artikel SEO ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat suatu halaman web pada mesin pencari seperti Google. Artikel ini biasanya menggunakan teknik optimasi kata kunci dan struktur konten yang sesuai dengan algoritma mesin pencari.

Cara membuat artikel yang benar jenis seo, yaitu:

  1. Tentukan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan topik artikel. Gunakan alat bantu, seperti Ahrefs atau Google Keyword Planner untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari.
  2. Buat kerangka artikel dengan menyusun poin-poin atau sub topik yang akan dibahas.
  3. Tulis judul artikel menarik dan mengandung kata kunci utama yang akan membantu Anda mendapatkan perhatian dari pembaca maupun mesin pencari.
  4. Gunakan kata kunci utama dalam artikel dengan cara yang alami dan efektif. Jangan terlalu memaksakan kata kunci dalam artikel, tetapi pastikan mereka muncul dalam judul, sub judul, dan beberapa kali dalam isi artikel.
  5. Gunakan sub judul agar artikel terbagi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Sub judul tersebut bisa membantu pembaca mencari informasi dengan lebih mudah.
  6. Buat isi artikel yang berkualitas dan relevan dengan topik. Pastikan juga artikel memberikan informasi yang bermanfaat dan mudah dipahami oleh pembaca.
  7. Sertakan link internal ke artikel lain di situs web Anda dan link eksternal ke sumber-sumber yang relevan. Link internal dan eksternal membantu meningkatkan otoritas maupun kredibilitas artikel Anda di mata mesin pencari.
  8. Gunakan meta deskripsi untuk memberikan ringkasan singkat dan menarik tentang isi artikel serta mengandung kata kunci utama. Ini karena meta deskripsi muncul di hasil pencarian dan membantu pembaca untuk memahami isi artikel dengan cepat.
  9. Terakhir, periksa kembali tulisan Anda untuk memastikan itu mudah dipahami dan menggunakan struktur yang benar.
Baca juga:  Cara Menulis Alamat Paket yang Benar Sesuai Standar Ekspedisi

Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Berikut contoh artikel praktis yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi, yaitu:

cara buat artikel ilmiah

Tips Mudah Meningkatkan Keterampilan Menulis

Menulis adalah salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan dalam berbagai bidang, termasuk dalam akademik, karier, dan hobi. Namun, tidak semua orang merasa nyaman atau mampu menulis dengan baik. 

Jika ingin meningkatkan keterampilan menulis, mari simak pembahasan di bawah ini yang berisi tentang beberapa tips mudah khusus untuk Anda!

1. Banyak Membaca

Membaca menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan menulis. Anda akan terbiasa dengan berbagai gaya penulisan dan kata yang digunakan ketika terbiasa membaca buku. Selain itu, membaca juga bisa membantu memperluas wawasan.

2. Menulis Setiap Hari 

Anda tidak perlu menulis sesuatu yang kompleks atau panjang setiap hari, cukup tulis beberapa kalimat atau paragraf tentang topik apa saja yang diminati.

Kebiasaan menulis setiap hari bisa membantu Anda memperbaiki kecepatan dan kualitas penulisan secara bertahap.

3. Menggunakan Kamus dan Tesaurus 

Kamus dan tesaurus adalah alat yang sangat berguna dalam menulis. Kamus bisa membantu Anda memperkaya kosa kata dan menghindari pengulangan kata-kata yang sama. 

Sementara itu, tesaurus bisa membantu mencari sinonim dan kata-kata yang serupa untuk meningkatkan variasi maupun kejelasan tulisan Anda.

4. Membaca Ulang Tulisan Anda

Setelah menulis, sangat penting untuk membaca ulang untuk mengecek kesalahan tata bahasa, ejaan, atau kalimat yang tidak jelas.

Selain itu, membaca ulang juga bisa membantu Anda melihat tulisan dari perspektif pembaca dan memperbaiki bagian-bagian yang kurang jelas atau kurang menarik.

5. Mengikuti Kelas Menulis 

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan menulis dengan lebih serius, maka mengikuti kelas menulis bisa menjadi pilihan paling tepat untuk mempelajari berbagai teknik menulis yang lebih terstruktur dan berkualitas. 

Selain itu, Anda juga nantinya bisa mendapatkan umpan balik dari instruktur dan rekan sekelas untuk selalu memperbaiki tulisan agar menjadi lebih berkualitas.

Menulis memang bisa jadi sulit, tetapi dengan beberapa tips sederhana ini Anda bisa meningkatkan keterampilan menulis secara bertahap. Ingatlah bahwa menulis adalah keterampilan yang bisa diasah dan diperbaiki dengan latihan dan kesabaran!

Terdapat beberapa jenis artikel yang memberikan manfaat berupa informasi bagi pembaca. Penting untuk mempelajari cara membuat artikel yang benar agar Anda bisa menulis artikel yang mudah dipahami pembaca dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar