Penulis Artikel Disebut Dengan? Ini Jenis Penulis Artikel

Era yang serba digital menjadikan besarnya kebutuhan akan informasi untuk dapat mengikuti perkembangan dunia. Salah satunya penyajian informasi yang terus terupdate adalah melalui sebuah artikel. Namun, apakah Anda tahu penulis artikel disebut dengan apa?.

Jika seorang penulis cerita film disebut dengan nama populer scriptwriter, sedangkan redaktur adalah orang yang bertugas melakukan penyeleksian serta perbaikan naskah yang akan dimuat/ditayangkan. Lalu bagaimana penyebutan untuk seorang penulis artikel?

Simak informasi berikut agar membantu Anda lebih memahami setiap jenis penulis artikel yang sesuai dengan jasa pembuatan artikel.

Spesialisasi Penulis Artikel

Sebelum memahami berbagai jenis2 penulis artikel sesuai tipe artikelnya. Anda perlu mengetahui, meski istilah pengarang dan penulis merupakan dua orang yang sama menggeluti bidang kepenulisan, tetapi terdapat perbedaan mendasar antara keduanya.

Pengarang atau author adalah orang yang menghasilkan gagasan. Sedangkan, penulis atau writer menghasilkan tulisan. Author berorientasi pada gagasan, meski dianggap tidak pro pasar, sedangkan writer cenderung pada karya sesuai dengan isu keinginan pasar.

Nah, inilah mengapa seorang penulis artikel disebut dengan panggilan “penulis” bukan pengarang. Hal ini karena penulis artikel akan dominan mengikuti dinamika media atau pergerakan kehidupan global. Berikut ini beberapa jenis penulis artikel sesuai spesialisasinya.

1. Penulis Artikel SEO (SEO Copywriter)

Seperti yang Anda ketahui, konten memegang peran penting dalam meningkatkan traffic pada mesin pencari. Meraih tempat pada halaman pertama Google, harus dicapai dengan konten berkualitas tinggi, ini bukan lagi opsional. 

penulis artikel seo

Selain itu, kata kunci menjadi target dalam penulisan SEO. Anda harus mengatur strategi untuk menempatkan kata kunci pada konten, sehingga mesin pencari dapat mendeteksinya. Seorang penulis SEO juga merupakan ahli dalam konten untuk optimasi SEO.

Baca juga:  Penulis Terkenal Dunia yang Inspiratif, Harus Tahu!

Maka, untuk jenis ini penulis artikel disebut dengan SEO Copywriter. Karena hasil tulisan akan menentukan peringkat situs web dan publikasi, hal ini merupakan cara menjadi penulis artikel yang dibayar, untuk optimasi mesin pencari dan pemasaran konten. Jenis penulis ini contohnya adalah SIPWriter sebagai jasa penulis SEO terbaik di Indonesia.

2. Grant Writer

Penulis artikel disebut dengan Grant Writer apabila memenuhi syarat menjadi penulis diimbangi dengan pengetahuan mumpuni tentang hukum dan menulis dalam bahasa bisnis. Grant writer biasanya dikerjakan oleh seorang yang berprofesi  sebagai pengacara. 

Selain itu, yang menjadi tugas Grant writer adalah membuat pengajuan dana kepada pemerintah atau institusi swasta dalam maupun luar negeri, yang menyediakan dana hibah. Dalam hal ini jika pengajuan disetujui, maka grant writer akan mendapat bayaran menawan. 

Alasannya, karena keputusan dari pemberi grant untuk mengucurkan dana, didasarkan pada hasil yang dituliskan oleh grant writer.

3. Article Writers

Penulis fiksi yang membuat berita atau tulisan pendek tentang suatu topik, maka untuk jenis ini penulis artikel disebut dengan article writers. Topik bisa seputar wisata, travel, kesehatan, sampai kuliner, dan topik yang paling dicari biasanya berkaitan dengan terbitan majalah. 

Seorang article writers harus memiliki kemampuan menulis dengan gaya bahasa ringkas, fresh, kreatif dan tidak monoton, dan pandai menggali fakta. Hal ini dikarenakan target pembacanya bisa dari berbagai kalangan secara random. 

Penulis artikel dapat bekerja secara fleksibel (freelance), atau penuh waktu sebagai staf redaksi, namun bukan wartawan. Semua wartawan dapat disebut sebagai penulis artikel, akan tetapi tidak semua penulis artikel disebut dengan wartawan.

4. Columnist

Sesuai namanya, penulis artikel disebut dengan kolumnis jika menulis tentang trend atau gaya hidup yang sedang hits di masyarakat. Kolumnis harus menulis setiap satu minggu sekali pada sebuah kolom yang sudah disediakan untuk setiap majalah atau surat kabar. 

Baca juga:  Cara Penulisan Rupiah (Rp) yang Benar Sesuai PUEBI

Untuk bidang ini, biasanya yang mengisi kolom merupakan orang  terkenal, tokoh masyarakat, atau bisa jadi seorang wartawan yang sudah memiliki nama dan kepercayaan di media tertentu.

5. Academic Writers

Penulis artikel disebut dengan academic writers adalah untuk Anda yang menulis pada bidang jurnal akademik, ilmiah, jurnal keilmuan, atau sejenisnya yang lekat dengan bidang pendidikan tertentu. 

Academic Writers

Academic Writers dapat menulis kelangsungan profesi mereka sebagai professor, guru, dosen, peneliti, atau ilmuwan. Dapat pula membuat artikel atau buku, namun tujuan utama bukan untuk mendapat uang, tapi mengenai reputasi dan kredibilitas atas ilmu yang dimiliki.

6. Business Writer

Pada bidang ini, penulis artikel disebut dengan business writer. Tipe penulis business writer bekerja untuk majalah atau surat kabar. Pembacanya dominan dari kalangan profesional yang memiliki penghasilan diatas rata-rata masyarakat atau pemimpin suatu bisnis. 

Menjadi business writer harus mumpuni pengalaman menulis, keahlian berbahasa yang sangat baik, dan pengetahuan tentang bisnis menyamai pengetahuan dari pembacanya, bahkan lebih baik lagi paham mengenai seluk-beluk bisnis tertentu daripada pembacanya.

7. Reviewer

Spesialisasi ini adalah penulis yang khusus pada artikel review. Reviewer harus mempunyai pengetahuan terhadap produk atau jasa yang akan di beri ulasan. Karenanya, sebelum menulis artikel ulasan harus melakukan riset dan mengolah data.

Review dapat dilakukan terhadap buku, drama, film, mobil, jasa, produk kecantikan, dan masih banyak lagi. Reviewer harus bisa memberi informasi sekaligus menghibur dalam satu tulisannya, tanpa terlihat nyata bahwa sedang review terhadap suatu objek. 

Apabila Anda orang yang memiliki website dan menyukai kegiatan menulis jenis ini, Anda tentu bisa menulis review gratis, tanpa terikat dan diminta oleh siapapun.

Baca juga:  Cara Mengirim Artikel ke Media Online, 100% Diterima!

8. Writer Media Sosial

Media sosial menjadi platform yang sangat baik untuk mengiklankan atau branding produk perusahaan. Anda dapat menarik perhatian customer dengan media sosial melalui konten berkualitas, dan menjalin hubungan kerjasama dengan klien Anda.

Namun sebelumnya, tujuan perusahaan harus ditentukan. Dengan adanya seorang Writer Media Sosial yang baik, Anda akan dapat dengan mudah mempromosikan produk dan layanan pada platform media sosial, dengan tepat.

9. Technical Writer

Mungkin Anda masih asing dengan istilah “teknis” dalam penulisan atau biasa disebut Technical Writer, umumnya bidang ini memang butuh pertimbangan lebih. Kebanyakan orang melihat konten teknologi tidak mendalam. Namun, ternyata ini memiliki visi lebih luas.

Technical Writer merupakan penulis dengan bentuk tulisan yang mencakup topik dengan penjelasan rinci, disertai arahan, dan instruksi. Ini menjadi bentuk pembelajaran faktual yang jelas. 

Beberapa contoh penulisan teknis meliputi whitepaper, manual, rencana desain, materi pelatihan, dokumentasi teknis, dan masih banyak lagi.

10. Copywriter

Yang satu ini merupakan manfaat bekerja sebagai penulis khusus bidang periklanan. Melalui racikan kreativitas  dan tulisan tangan copywrite, tagline serta kalimat dalam iklan barang dan jasa tercipta.

copywriter

Pada bisnis periklanan luar negeri, copywriter dengan pengalaman mumpuni dibayar mahal. Hal ini karena mereka paham bagaimana mempengaruhi minat, dan antusiasme calon customer terhadap suatu produk, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

Penutup

Nah, demikian penjelasan mengenai penulis beserta spesialisasi bidangnya. Semoga kini Anda tidak bingung lagi penulis artikel disebut dengan nama apa, atau profesi menulis Anda dikenal dengan sebutan apa. Selamat berkarya.

2 pemikiran pada “Penulis Artikel Disebut Dengan? Ini Jenis Penulis Artikel”

Tinggalkan komentar