Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja yang Benar dan Contohnya

Penting untuk diingat bahwa cara menulis amplop lamaran kerja, termasuk cara menyampaikan amplop, dapat memberikan kesan pertama yang kuat pada perekrut. Jika memilih mengirimkan lamaran yang ditulis tangan, pastikan kualitas tulisan tangan Anda baik dan mudah dibaca.

Apakah amplop lamaran kerja harus ditulis tangan? Tidak ada aturan yang mengharuskan amplop lamaran kerja ditulis tangan. Sekarang trennya lamaran kerja diajukan secara online meskipun masih ada sejumlah perusahaan yang menerima amplop lamaran kerja dalam bentuk cetak.

Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat Lamaran Kerja

Cara Anda menuliskan alamat akan mencerminkan profesionalisme dan perhatian pada detail, yang dapat memberikan kesan positif bagi perekrut. Berikut ini cara efektif untuk menulis alamat di amplop lamaran kerja agar surat bisa  memberikan kesan yang baik kepada perekrut.

1. Konsistensi dan Ketelitian

Pastikan untuk menuliskan alamat dengan konsisten dan tepat. Jika mengetahui nama penerima lamaran, cantumkan di bawah alamat tujuan dengan jelas. Cara menulis amplop lamaran kerja agar meninggalkan kesan positif kepada perekrut memang harus dilakukan sejelas mungkin.

Gunakan huruf kapital untuk setiap awal kata. Periksa kembali penulisan alamat agar tidak ada kesalahan ketik. Hindari tulisan tangan yang buruk atau acak, gunakanlah tulisan yang rapi dan mudah dibaca.

Baca juga:  Penulisan Doktor yang Benar, Jangan Salah Lagi!

2. Gunakan Amplop Ukuran Standar

Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat Lamaran Kerja

Pilihlah amplop ukuran standar yang sesuai untuk surat lamaran kerja Anda. Ukuran amplop standar umumnya berupa C4 atau C5. Pastikan bahwa surat dapat dimasukkan dengan rapi ke dalam amplop tanpa terlipat atau terjepit.

Perhatikan pula kondisi amplop yang digunakan. Pastikan dalam keadaan baik, tidak kusut, ataupun terlipat. Jika lokasi pengiriman jauh dengan lokasi penerima, berikan double proteksi pada amplop agar tidak rusak selama proses pengiriman.

3. Format Tanggal

Penulisan amplop surat resmi berikutnya, yaitu jika lamaran kerja dikirim dalam format fisik dan ingin mencantumkan tanggal saat pengiriman, tempatkan tanggal tersebut di sudut kanan atas amplop.

Cantumkan tanggal pengiriman sebenarnya agar penerima tahu kapan surat tersebut dikirim. Format yang paling umum digunakan adalah “tanggal/bulan/tahun” atau “bulan/tanggal/tahun”. Format ini biasanya tergantung pada preferensi wilayah tempat Anda mengirimkan lamaran.

4. Nama Pengirim

Nama lengkap Anda sebagai pengirim lamaran ditulis di bagian sudut kiri atas amplop. Penggunaan huruf kapital untuk nama juga disarankan agar terlihat lebih formal. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat dan informasi kontak Anda di bawah nama.

5. Cek Kembali Sebelum Mengirim

Sebelum mengirimkan amplop lamaran kerja, pastikan untuk mengecek kembali semua informasi yang tercetak di atas amplop. Periksa apakah nama perusahaan atau instansi yang Anda lamar, alamat tujuan, serta nama penerima (jika ada) telah ditulis dengan benar.

Jangan lupa untuk memverifikasi alamat Anda selaku pengirim, pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Setelah semuanya telah diverifikasi dengan cermat, kirimkan lamaran kerja tersebut dengan keyakinan dan harapan yang tinggi.

Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan

Mengirimkan lamaran kerja dengan tepat dan profesional adalah langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan idaman. Anda dapat meningkatkan kesan profesional dan menunjukkan perhatian pada detail kepada perekrut dengan mengirimkan amplop lamaran kerja yang benar.

Baca juga:  Cara Menulis Arab di WhatsApp, 100% Cepat dan Efektif!

1. Sertakan Nama Pelamar, Alamat, dan Nomor Telepon dengan Tepat

Tuliskan nama lengkap Anda sebagai pelamar menggunakan huruf kapital agar terlihat lebih formal. Cantumkan alamat lengkap, termasuk jalan, nomor rumah, kota, dan kode pos di bawah nama. Pastikan informasi alamat ini gampang dibaca oleh penerima.

Sertakan nomor telepon aktif dan email yang mudah dihubungi oleh pihak perusahaan di bawah alamat. Penulisan informasi kontak yang jelas membantu memastikan bahwa perekrut dapat menghubungi Anda dengan mudah jika mereka tertarik dengan lamaran tersebut.

2. Letakkan Posisi yang Dilamar di Sudut Kiri Atas

Tempatkan informasi tentang posisi pekerjaan yang dilamar di sudut kiri atas amplop. Gunakan kalimat singkat, seperti “Lamaran Posisi [nama posisi]” atau “Lowongan [nama posisi]” untuk memberikan informasi yang jelas pada perekrut tentang tujuan lamaran Anda.

3. Cantumkan Alamat Instansi yang Dituju di Kanan Bawah

Letakkan alamat perusahaan atau instansi yang dilamar di bagian kanan bawah amplop. Pastikan nama perusahaan atau instansi dan alamat lengkapnya ditulis dengan benar dan jelas. Penggunaan huruf kapital untuk setiap awal kata di alamat perusahaan juga meningkatkan kesan profesional.

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan

Penulisan amplop surat resmi

Menulis amplop lamaran kerja sebenarnya gampang saja untuk dilakukan. Jika Anda masih bingung, perhatikan contoh-contoh penulisan amplop lamaran kerja di bawah ini.

1. Contoh Penulisan Posisi yang Dilamar dan Jurusan

Jabatan: Staff Administrasi

Jurusan: S1 Manajemen

2. Informasi Pelamar

Nama: Arabella

Alamat: Cikarang, Kab. Bekasi, 1234

No. Telepon: 082364559456

Email: arabella@gmail.com

3. Alamat Perusahaan Yang Dituju

Yth.
Bapak/Ibu HRD
PT. Suka Maju
Jl. Sudirman IV No. 10
Jakarta Pusat, 14450

 

Baca juga:  Cara Menulis Alamat Paket yang Benar Sesuai Standar Ekspedisi

Cara menulis amplop lamaran kerja sebenarnya sangat gampang. Anda hanya perlu ketelitian dan mengecek ulang dengan cermat sebelum mengirimkannya ke alamat perusahaan atau instansi yang dituju.

Satu pemikiran pada “Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja yang Benar dan Contohnya”

Tinggalkan komentar