Cara Membuat Logo Perusahaan Sendiri dengan Gampang

Logo merupakan hal penting yang menjadi identitas perusahaan. Sebelum mendesainnya, Anda  perlu mengetahui terlebih dahulu cara membuat logo perusahaan yang menarik dan menggambarkan karakter perusahaan itu sendiri.

Ada banyak tips membuat logo perusahaan menarik dan mudah yang bisa Anda pelajari. Namun, logo yang nantinya akan dibuat tentunya harus bisa mencerminkan profesionalisme dari perusahaan tersebut. Maka, Anda juga perlu mencari refrensi terlebih dahulu.

Semakin banyak Anda melihat contoh logo perusahaan dan mendapatkan referensi yang tepat, maka Anda bisa mendesain logo tersebut dengan mudah karena sudah mendapatkan inspirasi. Bagi Anda yang belum pernah membuat logo, simak cara dan penjelasannya di bawah ini.

Sebelum mempelajari cara membuat logo perusahaan, penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu logo. Logo merupakan identitas suatu lembaga atau perusahaan yang digambarkan secara visual. Logo juga bisa menyampaikan suatu pesan.

apa itu logo

Adapun, pesan yang disampaikan dari suatu logo yaitu terkait dengan visi misi perusahaan sehingga logo memiliki makna. Meskipun berbentuk visual, tetapi logo juga bisa dibuat dengan tulisan dan kata-kata.

Lalu, bagaimana cara buat logo huruf? Baik logo huruf dan logo yang terbuat dari simbol sebetulnya trik membuatnya sama saja. Yang penting, sebuah logo perusahaan harus bisa menyampaikan pesan terkait visi misi perusahaan.

Cara Membuat Logo Perusahaan

Sebelum mengetahui step-stepnya, alangkah baiknya Anda ketahui beberapa Tools atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat logo perusahaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Adobe Ilustrator
  2. Coral Draw
  3. Adobe Photoshop
  4. Canva

Masih banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan. Namun, banyak aplikasi yang menawarkan logo Instan. Kami tidak menyarankannya karena kemungkinan besar desain logo tersebut bisa dipakai oleh orang lain. Sehingga, jauh lebih baik Anda menggunakan tools di atas untuk membuat logo dari NOL.

Baca juga:  Tools Cek Ranking Website dengan Fitur Terbaik

Pada dasarnya cara membuat logo perusahaan sendiri sama seperti cara membuat logo pada umumnya. Hanya saja Anda harus lebih teliti dan memahami bagaimana karakter perusahaan yang akan dibuat logonya. Berikut beberapa cara membuat logo gratis dan cocok untuk pemula:

1. Pahami Visi Perusahaan

Cara membuat logo perusahaan yang pertama adalah memahami visi dari perusahaan tersebut. Jadi untuk langkah awal anda tidak hanya mencari inspirasi desainnya, tetapi penting juga memahami visi perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan tentu memiliki identitas latar belakang dan visi misi yang berbeda. Jadi, anda perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa perusahaan tersebut berdiri dan bagaimana visinya.

Hal ini dikarenakan salah satu filosofi logo yang bertujuan untuk menggambarkan identitas perusahaan. Logo yang baik adalah logo yang bisa menunjukan kepada orang-orang identitas suatu perusahaan.

2. Gunakan Teknik Double Entendre

Double Entendre merupakan teknik visual desain yang mampu menjelaskan dua makna sekaligus dalam suatu gambar atau logo. Ini adalah cara membuat logo perusahaan sendiri yang bisa Anda gunakan supaya logo tersebut memiliki banyak makna.

Dengan teknik ini, Anda juga bisa mempraktikan cara membuat logo di Word. Khusunya, ketika logo yang akan dibuat hanya berbentuk huruf saja. Anda bisa menggunakan fitur Word Art.

Anda juga bisa langsung mencantumkan nama perusahaan sebagai logo. Jadi, tidak perlu lagi menempelkan nama perusahaan di badan logo atau penjelasan tambahan. Keunggulan dari teknik ini membuat orang lain mudah mengingat nama perusahaan.

3. Pilih Warna yang Menarik

Cara membuat logo perusahaan berikutnya yaitu memilih perdana ya warna ng menarik. Jika perusahaan yang akan dibuat logonya merupakan perusahaan di bidang kuliner, Anda bisa menggunakan warna-warna makanan.

tips membuat logo perusahaan

Ya itu warna-warna yang sering muncul pada makanan misalnya merah, kuning, dan hijau. Karena warna memiliki makna tersendiri, penting juga untuk menyesuaikan dengan karakteristik perusahaan. Beberapa makna warna yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Merah: Berani, menggugah, keras, dan bersaing
  • Oranye: Semangat, inovasi, optimisme
  • Kuning: Energi, Kebahagiaan dan harapan bak sinar terbit
  • Coklat : Keamanan, kenyamanan, dan keteguhan
  • Ungu: Kebijaksanaan, kreativitas, modern
  • Putih: Kesucian, kebersihan, kesehatan
  • Hitam: Misteri, keabadian, elegan
  • Biru: Profesionalisme, Inovasi, elegan
  • Hijau: Alami, emosional, bersahabat
  • Emas: Kemewahan, glamour, kesuksesan
Baca juga:  5 Fungsi Website untuk Bisnis Anda

Warna yang dipilih dengan tepat dapat menggambarkan secara jelas suatu perusahaan. Tak hanya itu, sebuah logo juga akan terlihat lebih hidup ketika dipadukan dengan warna yang tepat.

4. Gunakan Font Unik

Jika logo yang Anda akan buat juga melibatkan alfabet. Maka, gunakanlah font yang unik atau yang sudah di-custom. Sebab, sebuah logo tentunya harus berbeda dari yang lain dan terlihat unik.

Saat ini sudah ada banyak logo dengan bentuk tipografi atau tulisan sehingga Anda harus berkreasi menggunakan font yang unik. Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan font standar yang sudah tersedia pada software desain.

Hanya saja, logo kreatif dengan font unik dan sesuai dengan visi perusahaan pasti akan terlihat jauh lebih menarik. Contohnya, logo Coca Cola yang hanya berupa tulisan, tetapi terlihat menarik dan mudah diingat karena fontnya unik.

Ada banyak website yang bisa Anda gunakan untuk download font keren, antara lain:

Atau, Anda bisa membuat font sendiri yang benar-benar mencirikan aura perusahaan. Anda bisa pahami tentang apa itu Font Serif dan Sans-Serif.

5. Buat Rancangan Desain yang Simple

Cara membuat logo perusahaan selanjutnya yaitu membuat rancangan desain yang simple. Sesungguhnya, logo yang bagus dibuat dengan desain yang simple dan mudah diingat. Contohnya seperti desain logo Apple dan Nike yang sangat sederhana.

Mereka hanya menggunakan desain minimalis sehingga mudah diingat oleh para pelanggan. Bahkan, logo yang sederhana bisa membentuk karakter dan terlihatnya menjadi unik. Membuatnya terlihat profesional dan menunjukkan makna yang mendalam.

“Simpel itu Elegan”

Membuat rancangan desain yang simple juga akan menjadi kekuatan bagi Anda yang masih pemula. Sebab dengan desain yang simple, Anda tetap bisa menghasilkan logo yang minimalis tetapi terlihat elegan dan mudah diingat orang lain.

Karena logo merupakan identitas perusahaan yang memiliki makna, maka Anda juga perlu  menyisipkan makna pada setiap elemen logo. Mulai dari simbol, warna hingga penempatan garis-garis.

Baca juga:  Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Menempatkan setiap makna pada elemen logo memang tidak mudah. Tetapi hal ini akan membuat logo dari perusahaan Anda terlihat lebih hidup dan memiliki pesan yang dalam.

Nah itulah enam cara bagaimana membuat logo perusahaan yang bagus dan elegan. Lakukan cara-cara tersebut agar bisa menghasilkan logo berkelas, mencerminkan perusahaan, dan mudah diingat oleh khalayak umum.

Fungsi Logo Bagi Perusahaan

Bagi suatu bisnis dan perusahaan logo merupakan hal penting yang perlu dipikirkan. Selain menjadi identitas perusahaan, logo juga memiliki berbagai fungsi. Antara lain yaitu:

1. Menciptakan Kredibilitas

Fungsi logo yang pertama yaitu menciptakan kredibilitas dari suatu perusahaan. Sebab banyak orang melihat logo sebagai bagian atau kualitas dari perusahaan itu sendiri.

Oleh karena itu pembuatan logo tidak boleh dilakukan asal. Ketika Anda membangun kredibilitas dari suatu perusahaan, maka membuat logo juga perlu dipikirkan dengan baik.

2. Menonjolkan Kekuatan Perusahaan

Selain menciptakan kredibilitas, logo juga berperan penting dalam menunjukkan kekuatan perusahaan. Setiap perusahaan tentunya memiliki keunggulan dan kekuatannya sendiri. Nah, logo bisa menjadi media untuk menunjukkan kekuatan tersebut.

Logo juga menjadi salah satu elemen untuk menyampaikan kepada pasar betapa uniknya suatu perusahaan. Terlebih, ketika logo dari perusahaan tersebut berbeda dengan logo dari perusahaan kompetitor.

3. Meningkatkan Kesan Baik Pada Pelanggan

Sebelum mengenal lebih jauh tentang suatu perusahaan atau brand, pada umumnya seseorang akan melihat dari logonya terlebih dahulu. Nah, kesan pertama ini akan membuat target pasar selalu teringat pada perusahaan

Anda. Hal ini penting jika perusahaan atau produk Anda ingin selalu diingat banyak orang. Jika ingin menciptakan kesan yang baik, maka logo juga harus dibuat semenarik mungkin.

Ketika kesan baik tersebut sudah tercipta, maka pelanggan tidak akan segan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan dan minat beli pun akan ikut meningkat.

Itulah penjelasan dari blog SIPWriter mengenai beberapa cara membuat logo perusahaan yang bisa langsung Anda coba. Anda bisa menggunakan software desain apa saja untuk membuat logo, baik software online seperti Canva atau versi offline seperti Photoshop.

Tinggalkan komentar