9 Software Untuk Membuat Website, Pemula Wajib Tahu!

Website merupakan sekumpulan halaman digital statis yang bisa diakses melalui internet dan menampilkan berbagai informasi penting. Di era digital seperti sekarang, kehadiran website sangat penting. Namun, tahukah Anda apa saja software untuk membuat website

Banyaknya website yang bisa kita temukan di halaman mesin pencari menjadi peluang bagi para pengembang web. Meski begitu, Anda juga bisa membuat website gratis versi Anda sendiri. Dengan membuat sendiri, tentu Anda bisa mendesain web sesuai keinginan. 

Saat ini tersedia banyak pilihan software untuk membuat website dengan mudah. Hanya saja, mungkin akan sulit menemukan software pembuat website bagi orang awam. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sejumlah software pembuat website agar web kamu segera online di Search Engine

Apa Saja Software Untuk Membuat Website? 

Jika Anda sedang belajar cara membuat website sendiri, penting juga mengetahui software untuk membuat website. Berikut daftar software yang bisa Anda gunakan:

1. WordPress

Website gratis apa saja? WordPress adalah website gratis yang cocok bagi para pemula. Terlebih, jika Anda tidak terlalu menyukai desain atau pengaturan yang terlalu ribet. Selain gratis, WordPress juga menyediakan banyak pilihan tema hingga template desain.

software untuk membuat website wordpress

Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat desain web dari nol. Anda bisa langsung memilih template desain yang sesuai dengan tema web dan berdasarkan keinginan Anda. Jika ingin mendapatkan fitur lebih banyak, Anda bisa mengubahnya menjadi layanan berbayar. 

Berbeda dengan WordPress gratis, tentunya Anda bisa mendapatkan banyak pilihan template desain, mengkustom domain, hingga mendapatkan banyak tema menarik.Tak hanya itu, membuat website dari WordPress juga hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Dari segi SEO ataupun SEM, Bangunan website dari WordPress sangat kuat jika dioptimasi dengan baik. Sehingga tidak heran WordPress menjadi Content Management System paling populer saat ini.

Baca juga:  Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Yang Paling Terlihat

Website: WordPress.org

2. InVision Studio

Rekomendasi software untuk membuat Website berikutnya yang juga wajib Anda coba yaitu Invision Studio. Software ini akan membantu anda untuk membuat website dengan tampilan dan desain kece. Jangan khawatir, software ini mudah digunakan untuk pemula. 

Adapun fitur utama dari software ini yaitu membuat motion animasi yang mudah dan simpel. Software ini bisa dikatakan menjadi software pembuat web dengan desain unggulan. 

Hal ini karena InVision Studio memang awalnya hanya menawarkan layanan cloud yang terintegrasi dengan Sketch dan Photoshop. Keunggulan ini disebut-sebut menjadi fitur yang sulit disaingi oleh aplikasi serupa lainnya. 

Website: InVision Studio

3. Bootstrap

Selain beberapa software di atas bootstrap juga menjadi salah satu aplikasi pembuat website tanpa coding yang mudah dan wajib Anda coba. Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu staf teknis dari Twitter sehingga tampilan default-nya mirip seperti Twitter. 

Aplikasi ini mampu menyederhanakan coding dari website secara otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukan coding dengan manual. Hal ini tentunya akan menjadi kabar baik bagi para pemula yang tidak mengetahui tentang coding dan pengalaman programming. 

Meski demikian anda juga bisa mengatur bagian headed, navigasi, serta tombol-tombol pada yang ada di website. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur menarik yang bisa membuat website semakin kece.

Website: Bootstrap

4. Weebly

Mirip seperti WordPress gue beli merupakan salah satu CMS yang populer dan banyak digunakan oleh para developer mulai dari pemula hingga profesional. Parfum ini cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan website untuk toko online. 

Weebly

Tampilannya hadir dengan sistem antarmuka drag dan drop sehingga akses ke setiap halaman web lebih cepat. Akses untuk setiap drag, drop, dan klik hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. 

Baca juga:  Mengenal Landing Page dan Fungsinya

Meski termasuk salah satu platform atau software gratis, tetapi CMS Weebly menawarkan tema serta desain web yang responsif. Anda juga bisa mengatur build untuk SEO serta tersedia fitur khusus untuk terhubung langsung ke Facebook.

Website: Weebly

5. Web Builder Visual

Web Builder Visual merupakan aplikasi membuat website gratis yang banyak digunakan oleh para developer. Aplikasi ini mudah dan praktis digunakan sehingga cocok bagi para pemula yang baru mencoba atau ingin belajar membuat website tanpa coding. 

Meskipun simple tetapi software ini bisa membantu Anda menciptakan suatu website yang terlihat profesional. Ada juga bisa mendesain tata letak hingga tampilan visual dari keseluruhan halaman web. 

Selain mudah dan praktis, software untuk membuat website yang satu ini juga cocok digunakan bagi yang ingin membuat web dalam waktu cepat. Anda juga tidak perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai pemrograman atau it untuk mengoperasikan software ini.

Alamat Website: Web Bulder Visual

6. Dreamweaver

Software untuk membuat website berikutnya yaitu Dreamweaver. Software ini merupakan platform untuk mendesain web secara offline dan sudah terkenal di kalangan para developer profesional. Menariknya, Dreamweaver juga bisa digunakan untuk maintaining. 

Adanya kombinasi dari visual editing serta html memungkinkan anda untuk langsung memasukan kode desain untuk website. Caranya yaitu hanya dengan menampilkan layar dan menulis kode desain web. 

Software yang satu ini juga memungkinkan anda untuk bisa menghasilkan desain web yang sangat responsif. Dengan begitu Anda bisa menciptakan suatu web yang memiliki performa optimal dan tidak memberatkan pengguna desktop maupun pengguna mobile.

Website: Dreamweaver

7. Atom Text

Software untuk membuat website berikutnya yaitu Atom Text. Software ini merupakan perangkat untuk mengembangkan dan merancang suatu website berdasarkan modifikasi kode.

Software ini didukung dengan paket manager dan terintegrasi bersama github sehingga pengguna bisa memasukkan sendiri fitur tambahan. Pengguna yang tidak terbiasa dengan coding mungkin cukup kesulitan ketika mengoperasikan software ini. 

Baca juga:  Jasa Caption Instagram Keren Tapi Murah

Meski begitu, terdapat desain serta template website yang bisa langsung digunakan oleh developer pemula. Hal ini dikarenakan ada beberapa bagian dalam desain website Atom Text  yang dapat memodifikasi kode secara otomatis. 

Website: Atom Text

8. PageBreeze

Software yang satu ini merupakan website builder yang dapat digunakan untuk melakukan editing pada HTML sekaligus mengembangkan suatu website. Software ini cukup populer dan termasuk software editor html terbaik. 

PageBreeze selalu berusaha menciptakan kemudahan bagi user-nya sehingga sangat cocok bagi Anda yang masih pemula. Tersedia berbagai template yang disediakan gratis dengan beragam sumber warna dan terintegrasi langsung ke basis data.

Adapun, fitur unggulan dari software ini yaitu editor visual freeware, editor HTML, serta ratusan template desain web gratis. Selain mudah, PageBreeze juga tidak akan memberatkan desktop yang digunakan oleh user karena size-nya hanya sekitar 8 Mb saja.

Website: PageBreeze

9. Google Sites

Rekomendasi software berikutnya yang bisa anda gunakan untuk membuat website yaitu Google Sites. Dengan menggunakan software ini, Anda tidak perlu repot-repot melakukan coding dan proses pembuatannya cukup pun cepat. 

sitegoogle

Untuk membuat website dengan Google Site anda tidak perlu memiliki keahlian seperti coding, javascript, PHP ataupun HTML. Cara penggunaannya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu drag dan drop untuk mengatur desain web. 

Anda juga bisa menyesuaikan desain website sesuai dengan kebutuhan dan tema website. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu masuk ke sites.google.com.

Website: Google Sites

Itulah 9 software untuk membuat website yang bisa Anda coba. Daftar software tersebut mudah digunakan dan cocok untuk pemula karena menyediakan banyak template desain yang bisa langsung digunakan. Baca artikel menarik dan bermanfaat lainnya hanya di Blog SIPWriter yaa!

Satu pemikiran pada “9 Software Untuk Membuat Website, Pemula Wajib Tahu!”

Tinggalkan komentar