Cara Mengisi Pajak Adsense atau Tax Information untuk Potongan Pajak 0%

Cara mengisi pajak adsense – Salah satu masalah blogger ketika hendak mencairkan Adsense mereka adalah Pajak. Sebab Adsense memiliki aturan perpajakan yang diberlakukan pada warga non-Amerika yang berpenghasilan dari Amerika.

Parahnya, beban pajak yang diberlakukan tak tanggung-tanggung, yakni: 30% dari penghasilan utama. Jadi, misal Anda ingin mencarikan Adsense 2 juta, maka ada potongan Rp600.000,00. Gila bukan?

Anda capek-capek ngumpulin Adsense tiap bulan, eh pas cair diambil 30%. Jika Anda risau akan hal tersebut, jangan khawatir! Kami memiliki solusi agar akun Adsense Anda tidak terkena potongan 30% (terutama untuk blogger ataupun Youtube).

Apakah Mengisi Informasi Pajak Adsense Wajib?

Anda bisa membaca aturan tax ini pada halaman Irs.gov. Di dalamnya sudah lengkap bagaimana aturan-aturan tersebut diberlakukan pada orang yang mendapatkan penghasilan dari USA.

Pertanyaan selanjutnya adalah, “Apakah mengisi informasi pajak di akun Adsense itu harus dilakukan?”

Jawabannya, “Tidak.”

Ya, memang tidak wajib. Tapi ada konsekuensinya. Jika tidak diisi, maka Anda akan terkena potongan 30%. Namun jika diisi, Anda bahkan bisa mendapatkan potongan 0% alias tidak ada potongan sama sekali untuk Blogger. Sedangkan untuk pengguna Youtube, potongan bisa ditekan menjadi 10%.

Maka dari itu, bagi Anda yang peduli dengan potongan pendapatan tersebut, lebih baik diisi deh. Sayang banget kan, sudah ngumpulin banyak-banyak, tapi di akhir pembayaran 30%-nya hilang tak bisa dicairkan.

Syarat Mengisi Pajak Adsense

Pada dasarnya, tidak ada yang perlu dipersiapkan ketika hendak mengisi pajak Adsense. Anda hanya butuh NPWP. Karena, formulir W-8BEN untuk Individu dan W-8BEN-E untuk sebuah instansi hanya butuh identitas dan nomor NPWP.

Penggunaan NPWP ini didasarkan pada peraturan dari perjanjian Tax Treaty antara US dan Indonesia. Di mana, perjanjian ini bisa diklaim oleh warga Indonesia untuk mendapatkan potongan pajak jika mendapatkan penghasilan dari Amerika.

Jika Anda belum memiliki NPWP, Bisa membaca cara membuat NPWP Online yang sudah pernah kami jelaskan. Saat ini, bikin NPWP itu mudah banget. Asalkan, tetap jangan lupa untuk lapor pajak setiap tahun ya (tidak harus bayar kok, pokok lapor).

Cara Mengisi Pajak Adsense 100% Work

Anda perlu memastikan jika NPWP yang Anda miliki sudah terdaftar. Meskipun belum mendapatkan surat dari kantor pajak setempat tidak masalah, asalkan sudah tervalidasi oleh pihak peneliti pajak. Jika sudah, pegang nomor NPWP, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah login ke akun Adsense Anda

  • Setelah itu, masuk ke menu Payments

Klik Pembayaran

  • Pada bagian Setelah > klik kelola setelan
  • Akan terlihat akun pembayaran dan informasi pembayaran
  • Pada bagian informasi pembayaran, klik info pajak Amerika Serikat > Tambahkan info pajak

Informasi Pajak Adsense

  • Klik tambahkan Info Pajak > Masukkan sandi email Anda (jika dibutuhkan)
  • Secara otomatis, Anda akan masuk ke pengisian pajak

Pada langkah inilah, Anda dituntut untuk teliti memasukkan informasi pajak. Pastikan juga, nama pengguna sudah sesuai dengan nama yang ada di NPWP. Sehingga, nantinya tidak akan terjadi masalah selanjutnya.

  • PIlih jenis akun (jika Anda pribadi, pilih Perorangan) > Berikutnya

Informasi Pajak Amerika Serikat

  • Ada pertanyaan apakah Anda warga negara atau penduduk Amerika Serikat, jawab saja Tidak.
  • Pilih jenis pajak W-8 Anda. Pilih W-8BEN untuk Individu dan W-8ECI untuk perusahaan

 

  • Kemudian klik berikutnya / Mulai Formulir W-8
  • Masukkan Identitas Pajak, (Nama, DBA, Negara atau Wilayah, dan TIN Asing) > Klik Berikutnya

Identitas Pajak Adsense

  • Masukkan Alamat tempat tinggal Anda dengan lengkap > centang alamat surat sama dengan alamat tempat tinggal tetap (jika memang sama) > klik berikutnya

Address Adsense

  • Setelah itu, pilih Ya pada perjanjian pajak > masukkan Indonesia pada negara/wilayah
  • Jika Anda blogger, centang layanan (seperti AdSense), jika Anda Youtuber, centang Royalti Film dan TV, jika Anda developer aplikasi di Playstore, centang Royalti Hak Cipta lainnya > Klik Berikutnya

Memasukkan Tax Information Adsense Blooger

  • Pilih Pasal 8 ayat 1 dan Tarif Pemotongan Pajak 0% (tarif perjanjian yang lebih rendah)

Potongan 0%

  • Centang alasan dan klik berikutnya
  • Pada bagian Pratinjau dokumen, Anda hanya perlu centang pernyataan dan klik Berikutnya
  • Masukkan Nama resmi Anda dan pilih ya > Klik berikutnya
  • Setelah itu pada bagian akhir, Anda hanya perlu pilih pernyataan sesuai dengan akun Anda.
  • Klik kirim dan selesai

Cara mengisi pajak Adsense tidaklah lama dan sulit. Asal Anda mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas, dijamin bakalan lancar tanpa suara kendala apapun. Asalkan nomor NPWP Anda benar-benar asli dan sudah terbit.

Jadi, NPWP AdSense itu penting dalam pengisian tax information adsense. Adsense kena pajak jika Anda tidak mengisi informasi pajak tersebut. Hal tersebut juga berlaku untuk pajak youtube ataupun pajak adsense.

Proses Validasi Informasi Pajak

Setelah semua langkah di atas Anda tempuh, maka selanjutnya Anda hanya perlu menunggu. Jika informasi pajak tersebut sudah di-acc, maka kemungkinan besar pajak Adsense Anda akan berkurang.

Banyak dari beberapa pengguna Adsense yang bahkan terpotong hingga 0%. Maka dari itu, sayang sekali jika Anda tidak mengikuti cara mengisi pajak adsense atau tax information di atas.

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara mengisi pajak adsense yang bisa Anda terapkan. Setiap langkah tersebut harus Anda lakukan secara urut. Sebab jika tidak, nanti akan ada isian yang tidak bisa diklik. Sehingga proses pengisian tidak bisa dilanjutkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Open chat