7 Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris dengan Benar

Cara menulis alamat dalam bahasa Inggris penting untuk dilakukan dalam era globalisasi. Saat dunia semakin terhubung melalui internet dan perdagangan internasional berkembang pesat, cara menulis alamat yang benar dengan bahasa Inggris harus dikuasai.

Alamat yang ditulis dengan baik dan jelas memastikan bahwa surat, paket, atau barang kiriman bisa mencapai tujuan tepat waktu. Penguasaan bahasa Inggris dalam penulisan alamat dapat membantu menghindari kesalahan pengiriman dan pengembalian barang kiriman.

Tips Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris

Mengetahui cara menulis alamat dalam bahasa Inggris juga relevan bagi individu yang ingin berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang asing. Anda bisa lebih mudah untuk bertukar alamat dan memperluas jaringan pertemanan secara global.

1. Perhatikan Penggunaan Huruf Kapital

Pastikan untuk menggunakan huruf kapital pada bagian yang tepat dalam alamat. Hal ini mencakup nama kota, provinsi, dan negara. Penggunaan huruf kapital memudahkan pembaca mengidentifikasi bagian terpenting dari alamat sehingga mengurangi risiko kesalahan pengiriman.

2. Tulis dengan Mengurutkan Informasi Spesifik ke General

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris

Urutkan informasi dari yang paling spesifik ke yang paling umum. Mulailah dengan mencantumkan nama penerima atau nama organisasi penerima sebagai informasi paling spesifik. Setelah itu, sertakan alamat lengkap yang mencakup nama jalan dan nomor rumah atau gedung.

Selanjutnya, tuliskan nama desa atau kelurahan, nama kecamatan, diikuti oleh nama kota atau kabupaten, nama provinsi, dan terakhir negara. Cantumkan pula kode pos sesuai dengan lokasi alamat.

Baca juga:  Cara Membuat Artikel yang Benar, 100% Mudah Banget!

3. Konsisten dalam Penulisan

Penting untuk tetap konsisten dalam format penulisan pada bagian alamat. Misalnya, jika Anda memulai dengan menyebutkan nama jalan, pastikan bahwa seluruh alamat mengikuti format tersebut.

Hindari perubahan format penulisan di tengah alamat karena hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam pengiriman surat atau paket. Pastikan juga bahwa alamat ditulis dengan rapi dan jelas, menggunakan tanda baca yang tepat, dan tidak ada kesalahan ejaan.

Format Penulisan Alamat dalam Bahasa Inggris

Penulisan alamat dalam bahasa Inggris di Indonesia bisa mengikuti format umum yang digunakan di banyak negara. Berikut ini contoh cara penulisan alamat dalam bahasa Inggris di Indonesia:

  • Recipient’s Name: Nama penerima surat atau paket.
  • Street Address: Nama jalan dan nomor rumah atau gedung tempat penerima tinggal atau berlokasi.
  • Village/Subdistrict: Nama desa atau kecamatan tempat alamat berada.
  • City/Regency: Nama kota atau kabupaten tempat alamat berada.
  • Province: Nama provinsi tempat alamat berada.
  • Postal Code: Kodepos yang sesuai dengan lokasi alamat.
  • Indonesia: Nama negara (Indonesia).

Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris

cara menulis alamat RT, RW dalam bahasa Inggris

Penulisan alamat di Indonesia cenderung lengkap, yang meliputi RT, RW, desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten atau kota, dan provinsi.

Lantas, bagaimana cara menulis alamat yang lengkap ini dalam bahasa Inggris? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik!

1. Penulisan RT dan RW

Biasanya saat menulis alamat dalam bahasa Inggris, RT dan RW tidak perlu disertakan. Namun jika menginginkan akurasi dan kemudahan dalam mengetahui letak pasti sebuah alamat, Anda bisa menuliskannya dalam bahasa Indonesia tanpa harus mengubahnya ke dalam bahasa Inggris.

Contoh cara menulis alamat RT, RW dalam bahasa Inggris: Tulungrejo RT 05 RW 04

Baca juga:  Cara Menulis Gelar Sesuai EYD, Jangan Sampai Salah!

2. Penulisan Nama Jalan

Tidak ada keharusan untuk mengubah atau menerjemahkan nama jalan ke dalam bahasa Inggris. Nama jalan dapat tetap ditulis sesuai dengan bahasa lokal yang digunakan.

Contoh penulisan alamat jalan dalam bahasa Inggris, jika tinggal di Jalan Alpukat, Anda dapat menuliskannya sebagai “Alpukat Street”.

Bagaimana dengan singkatan nama jalan? Kata dalam bahasa Inggris yang umum digunakan untuk merujuk pada jalan adalah “street” atau “road”. Keduanya dapat disingkat menjadi “St” (untuk “street”) dan “Rd” (untuk “road”) dengan menambahkan tanda titik setelahnya.

Contohnya: 22 Raya Kutoarjo Rd.

3. Penulisan Alamat Desa, Kecamatan, Kabupaten

Penulisan Alamat Desa, Kecamatan, Kabupaten

Saat menulis alamat dalam bahasa Inggris, biasanya dipilih gaya penulisan yang lebih sederhana. Tidak perlu menyertakan kata “regency” atau “district” ketika menuliskan alamat lengkap. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan.

Contohnya: Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri bisa ditulis dengan “Pare, Kediri” saja.

Bagaimana dengan nama desa? Nama desa bisa ditulis dengan menyertakan kata “village”. Misalnya, Desa Sekaran ditulis sebagai “Sekaran Village”.

4. Penulisan Tanggal

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris mengadopsi dua gaya, yakni gaya Amerika d`an gaya Inggris.

Gaya Amerika (American style) menggunakan format Month-Date-Year (Bulan-Tanggal-Tahun atau MM-DD-YYYY). Jika ingin menyertakan nama hari, biasanya diletakkan di depan bulan.

Contoh: July 10th, 2023 atau Monday, July 10th, 2023

Penulisan tanggal dalam gaya Inggris (British style) menggunakan format Date-Month-Year (Tanggal-Bulan-Tahun atau DD-MM-YYYY). Jika ingin menyertakan nama hari, biasanya diletakkan di depan tanggal. Biasanya tanggal dengan British Style jarang memakai koma.

Contoh: 14th March 2023 atau Tuesday, 14th March 2023

Cara menulis alamat dalam bahasa Inggris memerlukan ketelitian. Saat akan mengirimkan paket tertentu ke alamat seseorang, lakukan pengecekan ulang untuk menghindari kesalahan pengiriman. Lebih baik lagi jika mengonfirmasinya terlebih dahulu kepada penerima.

Baca juga:  Cara Penulisan Rupiah (Rp) yang Benar Sesuai PUEBI

Tinggalkan komentar