Daftar Penyedia Hosting Gratis dan Aman

Pada kasus tertentu, web developer atau web designer akan mencari penyedia hosting gratis dan berkualitas ketika ingin mencoba membuat sebuah website. Wajar saja karena hosting yang gratis lebih menarik daripada hosting berbayar. Meski fitur dan keunggulannya jauh lebih lengkap yang berbayar.

Meski demikian, tidak semua orang tahu apa saja best free hosting yang cocok untuk dijadikan tempat penyimpanan data website dengan performa super. Padahal ada banyak hosting free yang bisa kita temukan dan digunakan secara gratis. 

Tidak ada salahnya jika kita lebih memilih penyedia hosting gratis. Ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang masih ragu apakah website atau blog yang nantinya Anda kelola akan menghasilkan keuntungan atau tidak.

Apa Itu Hosting? 

Sebelum Anda mencari penyedia hosting gratis, ada baiknya memahaminya terlebih dahulu agar tidak salah pilih. Lalu, apa itu hosting gratis? Singkatnya, hosting merupakan suatu layanan perusahaan yang menyediakan platform untuk penyimpanan dan pengolahan data sebuah website. 

Setiap penyedia hosting gratis tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Begitu pula dengan fitur yang ditawarkan, tentunya bervariasi juga.

Penyedia hosting gratis juga memungkinkan para pengelola web untuk bisa menyimpan dan berbagi file melalui internet singkatnya hosting juga bisa diartikan sebagai rumah dari website Anda sehingga pengguna internet dari seluruh dunia bisa mengaksesnya.

Daftar Penyedia Hosting Gratis

Bagi Anda yang berencana ingin membuat suatu web, baik itu untuk keperluan personal branding maupun kepentingan bisnis, tak ada salahnya mencoba hosting gratis. Berikut daftar hosting website gratis yang bisa dicoba:

1. Zyro

Zyro dari Hostinger

Penyedia hosting pertama yang menawarkan layanan gratis yaitu Zyro. Hosting ini bisa dikatakan sebagai free hosting paling favorit karena fiturnya yang cukup lengkap dan mudah digunakan di kelas hosting yang free. Layanan hosting ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan web secara kilat. 

Baca juga:  Ukuran Background Zoom yang Tepat dan Cara Membuatnya

Desain antar mukanya juga menarik, sehingga tidak heran jika Zyro menjadi platform terbaik yang digunakan oleh banyak orang untuk membuat web secara gratis. Zyro juga menjadi salah satu anak platform dari hostinger yang mudah digunakan bagi pemula dalam belajar mengembangkan website.

Ada sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan Zyro secara gratis. Antara lain yaitu tools untuk mengoptimasi SEO, penyimpanan dengan bandwidth 500Mb, dan template desain web yang mudah digunakan.

Kunjungi Website: https://zyro.com/id/hosting-gratis

2. 000Webhost

penyedia hosting gratis dan berkualitas

000Webhost bisa dikatakan menjadi salah satu anak layanan hostinger yang sudah melayani free hosting untuk website secara gratis dalam waktu lama. 000Webhost  sudah melayani para web developer selama kurang lebih satu dekade atau 10 tahun terakhir ini.

Sejak awal kemunculan, hosting yang satu ini memang menargetkan para developer pemula yang ingin mencoba menciptakan website-nya sendiri. Maka tak heran jika hosti ini juga menjadi media atau platform yang baik untuk belajar pengelolaan website. 

Menariknya, 000Webhost dapat digunakan secara gratis dalam waktu yang cukup lama bahkan selamanya. Jadi Anda tidak perlu membayar biaya apapun walaupun Anda menggunakan hosting ini untuk jangka panjang.

Kunjungi Website: https://id.000webhost.com/

3. Wix

Free hosting Wix

Rekomendasi berikutnya yaitu Wix. Wix adalah perusahaan penyedia hosting yang saat ini cukup populer dan sudah diandalkan oleh banyak developer web. Bahkan, sebagian besar penggunanya adalah mereka yang tidak tahu tentang pengelolaan web. 

Salah satu keunggulan dari hosting ini yaitu menyediakan banyak fitur dan bisa diakses gratis oleh para penggunanya. Meski gratis fitur yang disediakan juga dapat membuat website Anda terlihat lebih profesional. 

Wix juga cocok digunakan oleh para developer pemula yang tidak mengetahui cara coding. Di sini, Anda bisa langsung menggunakan template yang sudah tersedia untuk mendesain web.

Kunjungi Website: https://www.wix.com/free/web-hosting

Baca juga:  Cara Menjadi Penulis Lepas dan Hasilkan Income Tambahan

4. Infinity Free

penyedia hosting gratis dengan php

Infinity Free hosting termasuk salah satu hosting yang masih baru. Meski demikian, layanannya memberi pengaruh dan dampak yang besar dalam industri digital ini. 

Hosting Infinite free sangat mudah digunakan dan menyediakan ribuan tema yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan website yang diinginkan. Tak hanya itu tampilannya juga cukup mengesankan dan dilengkapi banyak fitur menarik. 

Anda bisa menggunakan layanan hosting di sini dengan kapasitas penyimpanan tanpa batas dan bandwidth yang sangat besar. Banyak yang menyebut bahwa Infinity free menawarkan keamanan dengan sistem SSL gratis dengan lebih dari 400 database MySQL.

Kunjungi Website: https://www.infinityfree.net/

5. Awardspace

daftar penyedia hosting gratis

Salah satu fitur yang menjadikan Awardspace sebagai hosting andalan yaitu karena kualitasnya yang patut diacungi jempol. Meski gratis, tetapi layanan hosting ini menawarkan banyak manfaat untuk para developer yang ingin mengembangkan website di dunia digital marketing. 

Awardspace juga menjanjikan satu domain gratis dan tiga sub domain yang bisa Anda gunakan kapan saja. Tak hanya itu, Awardspace ini juga bersedia melayani para developer yang merupakan penggunanya selama 24 jam dalam waktu 7 hari. 

Salah satu hal yang menarik dari Awardspace ini yaitu mereka membebaskan iklan meskipun layanannya gratis. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir jika suatu saat akan ada iklan yang mengganggu konten website Anda. Karena hal itu tidak akan terjadi.

Kunjungi Website: https://www.awardspace.com/

6. Freehostia

Free Web Hostingan

Jika Anda mencari hosting sederhana dan gratis, maka Freehostia adalah solusinya. Hosting ini sangat simple dan hanya menyediakan beberapa fitur saja sehingga tidak akan membuat Anda kebingungan dalam mengaturnya.

Layanan yang ditawarkan Freehostia juga stabil dengan tingkat uptime yang mencapai 99%. Hosting yang satu ini bisa banget jadi solusi jika Anda ingin mengelola website dalam waktu cepat dengan template desain yang menarik.

Tak hanya itu, Freehostia juga menawarkan layanan 5 domain sekaligus dengan 1 akun hosting yang dapat diakses gratis. Sementara itu, untuk bandwidth yang disediakan gratis yaitu sebesar 6 GB dan kapasitas penyimpanannya juga cukup besar dengan memori 250 MB.

Baca juga:  Pancajiwa Seorang Blogger agar Berhasil Nge-Blog

Kunjungi Website: https://www.freehostia.com/

7. Freehosting

Freehosting 000Webhost

Masih ada satu lagi penyedia hosting gratis yang perlu Anda pertimbangkan untuk digunakan, yaitu Freehosting. Penyedia hosting yang satu ini akan memberikan kapasitas memori sebesar 10GB kepada para penggunanya secara gratis. 

Meski begitu, Free Hosting memiliki kekurangan di mana kecepatan servernya yang terbilang tidak konsisten. Namun, jangan khawatir karena hosting ini juga memiliki keunggulan yaitu menawarkan banyak fitur gratis untuk para penggunanya.

Anda bisa menikmati layanan gratis di Free Hosting sampai kapanpun. Oleh karena itu, penyedia hosting ini cocok dipilih untuk mengembangkan web yang akan digunakan dalam jangka panjang.

Kunjungi Website: https://www.freehosting.com/free-hosting.html

Kalau Gratis, Bagaimana Mereka Dapat Untung?

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana penyedia hosting gratis bisa mendapatkan keuntungan. Layaknya perusahaan lainnya tentu penyedia hosting juga ingin meraih keuntungan. Lalu, bagaimana caranya jika layanan yang diberikan gratis? 

Sebetulnya ada beberapa cara yang dilakukan perusahaan penyedia hosting bisa mendapatkan keuntungan. Salah satunya yaitu dengan beriklan di website Anda. Jadi, mereka akan menempatkan iklan di setiap website yang potensial. 

Jika website Anda memiliki traffic yang sangat bagus, maka bukan tidak mungkin akan muncul iklan tanpa persetujuan Anda di website yang Anda kelola. Lalu, apakah hosting gratis aman

Hal ini menyangkut dari kredibilitas penyedia hosting itu sendiri. Sebagian aman dan sebagian lainnya tidak aman. 

“Jadi ingat, pada kenyataannya ada harga ada kualitas juga. Tanpa harga, tentu jaminan kualitas juga tidak ada. Jadi saran kami, kalau pilih hosting yang gratis, maka pastikan pilih yang paling aman dan terpercaya.”

Itulah beberapa penyedia hosting gratis versi blog SIPWriter yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan website. Selain gratis, ketujuh layanan hosting di atas juga menawarkan banyak fitur menarik yang tentunya sangat bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Daftar Penyedia Hosting Gratis dan Aman”

Tinggalkan komentar