Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Jenis search engine perlu Anda ketahui jika ingin berkecimpung di dunia digital marketing. Sebab, digital marketing sangat erat kaitannya dengan search engine dan mampu mendongkrak bisnis online Anda. Apakah Anda belum mengetahuinya? 

Bagi Anda yang belum memahaminya mungkin bertanya-tanya apa definisi search engine dan bagaimana bentuknya. Sebetulnya penjelasannya cukup panjang, tetapi artikel ini akan membahasnya secara lengkap serta apa saja fungsinya. 

Mungkin Anda bukannya tidak memahaminya, hanya saja tidak menyadari bahwa salah satu perangkat yang sering digunakan merupakan search engine. Ada banyak macam-macam search engine yang berfungsi untuk mencari informasi.

Apa Itu Search Engine?

Ada banyak jenis search engine yang bisa kita gunakan untuk mencari berita atau berbagai informasi yang sebelumnya tidak diketahui. Lalu, apa pengertian search engine? Ini adalah sebuah program atau aplikasi. 

Search engine bekerja dengan mengidentifikasi informasi ke dalam database berdasarkan kata kunci yang diminta oleh pengguna. Nantinya, search engine akan menampilkan banyak informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Adapun database yang digunakan oleh search engine dalam mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi yaitu berasal dari berbagai situs web. Hasil dari pencarian berdasarkan keyword yang telah dimasukkan oleh pengguna nantinya akan ditampilkan dalam halaman pencarian. 

Jenis Search Engine

Ada banyak jenis search engine yang bisa digunakan oleh para pengguna internet. Meski demikian hanya ada beberapa search engine saja yang populer dan memiliki banyak pengguna. Antara lain yaitu:

Baca juga:  Pancajiwa Seorang Blogger agar Berhasil Nge-Blog

1. Google

jenis search engine Google

Jenis search engine yang pertama sekaligus menjadi search engine terbesar di dunia yaitu Google. Search engine ini hampir menguasai seluruh situs web yang ada. Berdasarkan survei Alexa, Google merupakan search engine yang paling banyak dikunjungi. 

Sekitar 72% hasil pencarian melalui desktop dan 92% pencarian mobile telah dikuasai oleh Google. Maka, tak heran jika Google menjadi raksasa search engine di dunia.

2. Bing

jenis search engine Bing

Ada banyak macam-macam search engine dan perbedaannya. Selain Google, masih ada search engine lainnya yang juga memiliki banyak pengguna. Yaitu, Bing yang merupakan search engine buatan Microsoft. 

Bing juga menjadi search engine yang beroperasi secara default pada desktop dengan sistem operasi Microsoft. Meski tidak sepopuler Google, tetapi pangsa pasar dari jenis search engine yang satu ini sudah melebihi Yahoo!

3. Yahoo

Yahoo!

Jenis search engine berikutnya yang memiliki banyak pengguna yaitu Yahoo! Search engine yang satu ini merupakan rival dari Google karena jumlah penggunanya yang juga banyak. Selain berfungsi sebagai mesin pencari, Yahoo juga memiliki layanan email.

Adapun, Yahoo akan terpasang secara default pada browser Firefox. Jadi, setiap user yang menggunakan browser tersebut pasti akan muncul mesin pencari Yahoo pada halaman beranda.

Apa Saja Fungsi Search Engine?

Setiap komponen search engine bekerja menyeluruh hingga bisa menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Selain itu, masih ada beberapa fungsi lainnya dari search engine yaitu:

1. Mengumpulkan Informasi

Salah satu fungsi search engine yaitu untuk mengumpulkan dan menyuguhkan informasi yang diinginkan oleh pengguna internet. Oleh karena itu, search engine sangat dibutuhkan saat ini untuk mencari informasi maupun keperluan digital marketing.

Baca juga:  Daftar Penyedia Hosting Gratis dan Aman

Dalam dunia digital marketing, search engine bekerja untuk mengumpulkan informasi dari berbagai situs web. Setiap informasi tersebut tentunya akan diidentifikasi dan dikelompokkan berdasarkan kata kuncinya. 

Tujuannya yaitu untuk memudahkan pengguna ketika ingin mencari informasi. Maka, ketika kita ingin mencari informasi dengan menggunakan search engine, kita perlu memasukkan kata kunci terlebih dahulu.

2. Sebagai Media Pemasaran

Sebelum mengetahui apa saja jenis search engine, penting juga mengetahui bahwa salah satu fungsi dari search engine yaitu sebagai media pemasaran. Sebab, search engine dapat membantu mempromosikan bisnis online Anda kepada para pengguna internet. 

Seiring dengan banyaknya para pengguna internet yang mencari produk hingga layanan jasa melalui search engine menjadi kesempatan bagus bagi pebisnis online. 

Dalam hal ini, Anda bisa mengoptimasi situs web dengan SEO yang baik supaya direkomendasikan oleh search engine.

3. Mengindeks Alamat Situs Web

Fungsi berikutnya dari search engine yaitu untuk mengindeks alamat dari suatu situs web. Search engine memiliki komponen bot atau crawler yang berfungsi untuk menjelajahi internet dan mengumpulkan seluruh situs web dengan alamat url-nya. 

Setelah mengidentifikasi banyak situs web nantinya akan diambil data dan dihasilkan daftar indeks web. Meski demikian tidak semua halaman situs web dapat diidentifikasi oleh search engine. Hal ini menyangkut privasi dari pemilik web yang bersangkutan. 

Halaman web yang tidak diberikan izin atau dilindungi privasinya tidak bisa diidentifikasi oleh search engine. Maka, Anda harus mengubah privasi web agar bisa diakses dan diidentifikasi oleh search engine.

Itulah beberapa jenis search engine paling terkenal di dunia dan apa saja fungsinya. Meskipun dapat menampilkan banyak informasi, tetapi informasi tersebut bukan dimiliki oleh search engine melainkan hasil pencarian dan crawling dari berbagai situs web.

Baca juga:  Contoh Puisi Lingkungan Paling Indah

2 pemikiran pada “Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia”

Tinggalkan komentar