Tools Cek Ranking Website dengan Fitur Terbaik

Ketika kita ingin mengoperasikan SEO dalam suatu website, kita juga perlu mengecek berapa rangking website tersebut. Nah, untuk mengeceknya diperlukan tools cek ranking website. Sebetulnya ada banyak jenis yang bisa digunakan, tetapi tidak semua orang mengetahuinya. 

Selain membuat pengaturan SEO Modern yang baik, Anda juga perlu mengecek secara berkala rangking website. Dengan menggunakan tools cek ranking website Anda bisa mengetahui apakah website Anda menempati peringkat teratas atau tidak. 

Ketika website Anda sudah ada di peringkat teratas Google artinya pengaturan SEO yang dilakukan sudah cukup bagus. Dalam artikel ini akan dibahas apa saja tools cek ranking website yang bisa Anda gunakan beserta trik mengoperasikannya.  

Tools Untuk Mengetahui Rangking Website 

Berikut ini adalah beberapa tools yang bisa dicoba untuk melihat peringkat sebuah website.

1. Google Search Console 

cara cek ranking website

Tools cek ranking website yang pertama ada dari Google, yaitu Google Search Console (GSC). Tools ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui ranking website serta informasi penting mengenai performanya. Boleh dikatakan, GSC bisa digunakan sebagai tools google rank checker.

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan yaitu jumlah klik serta traffic yang sudah dihasilkan dari web anda serta trend matrix dalam periode tertentu. Adapun, cara cek ranking website menggunakan tools ini yaitu Anda hanya perlu ke halaman dashboard. 

Setelah itu, lihat berapa jumlah klik, total impressions, dan posisi website Anda dalam peringkat Google. Google Search Console adalah salah satu ranking checker terbaik yang bisa Anda gunakan karena statistik yang ditunjukkannya cukup akurat.

Spesifikasi Google Search Console
Alamat website: https://search.google.com/search-console/welcome 
Harga: Gratis (Free)
Fungsi Utama: Pemantauan kondisi website di SERP (Search Engine Result Page)
Fitur: Inspeksi Url, Input Sitemap, Pemantauan Search Intent dan kondisi SERP, Kebergunaan mobile, dan lain-lain

2. Ahrefs 

website ranking Indonesia

Ahrefs merupakan tools cek ranking website yang simple dan bagus untuk melihat performance, termasuk rangking website. Sebab, tools ini tidak hanya bisa digunakan dalam versi desktop saja, tetapi juga tersedia versi mobilenya.  

Baca juga:  5 Fungsi Website untuk Bisnis Anda

Dengan begitu, Anda bisa melakukan monitoring atau pengecekan performa website dengan lebih mudah dan praktis menggunakan smartphone. Anda bisa memantau website ranking Indonesia kapanpun dan dimanapun karena tools ini sangat praktis dan mudah.  

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Anda hanya perlu masuknya domain website Anda pada kolom yang tersedia. Tools ini secara otomatis akan menganalisis dan menampilkan data mengenai performance serta rangking yang sudah diraih dalam peringkat Google.

Spesifikasi Ahrefs
Alamat website: https://ahrefs.com/ 
Harga: Mulai dari $99 per bulan (sekitar Rp1,5 juta)
Fungsi Utama: Tools audit SEO Onpage dan Offpage
Fitur: Site Explorer, Keyword Explorer, Content Explorer, Position Tracker, Site Audit

3. SerpRobot

SerpRobot tools cek ranking website

SerpRobot adalah tool sederhana yang cocok bagi anda yang masih pemula dan baru mencoba melakukan pengelolaan website. Tools ini melakukan analisis dengan cara melihat beberapa keyword yang sering digunakan website Anda. 

Karena web ini sangat cocok untuk pemula anda hanya perlu memasukkan link website kemudian memilih negara dan lokasi spesifik dari daftar ranking yang ingin anda lihat. Setelah itu, tools ini akan menganalisis dan menampilkan daftar rangking website teratas. 

Selain menunjukkan ranking atau peringkat dari sejumlah website di suatu wilayah, tools ini juga akan menunjukkan beberapa informasi detail seperti link dari website tersebut, posisinya serta keyword yang digunakan. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk evaluasi dan belajar dari web dengan ranking teratas.

Spesifikasi SerpRobot
Alamat website: https://www.serprobot.com/ 
Harga: Cek Ranking Gratis, Premium mulai dari $4,99 per bulan (Sekitar Rp75 ribu)
Fungsi Utama: Cek Ranking Website di Search Engine Google
Fitur: Check keyword position secara Realtime (Cek ranking keyword)

4. SimilarWeb

Tools cek ranking website SimilarWeb

Tools cek ranking website berikutnya yaitu SimilarWeb. Tools yang satu ini cukup populer dan menjadi rujukan banyak negara untuk digunakan sebagai hasil analisis mengenai ranking website. Apalagi, fitur dari tools ini juga sangat lengkap. 

Adapun, SimilarWeb website ranking merupakan tools yang baru-baru ini dinyatakan pengganti dari Alexa yang sudah menutup layanan. Anda bisa melihat berapa peringkat serta informasi mengenai performance dari berbagai situs yang menjadi kompetitor website Anda. 

Baca juga:  SEO Modern: 7 Strategi SEO Para Mastah

Anda bisa melihat jumlah traffic sebuah website dalam satu bulan secara gratis lewat SimilarWeb ini. Dijamin akan sangat berguna bagi Anda pemain SEO.

Spesifikasi SimilarWeb
Alamat website: https://www.similarweb.com/ 
Harga: Cek Ranking dan Traffic Gratis, Premium mulai dari $249 per bulan (Sekitar Rp3,65 juta)
Fungsi Utama: Cek Kondisi Website secara realtime dari berbagai sisi, tidak hanya SEO dan ranking saja
Fitur: Digital Research Intelligence, Digital Marketing Intelligence, Sales Intelligence, Investor Intelligence, Shopper Intelligence

5. SEMRush

SEMRush tools cek ranking website

SEMRush adalah salah satu tools cek ranking website unggulan  yang akan memberikan banyak informasi mengenai performa dari website yang anda kelola. Tools ini tidak hanya bisa digunakan untuk melihat peringkat website.

Anda juga bisa digunakan untuk mereset keyword serta memantau bagaimana perubahan algoritma Google. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan performance website dan meningkatkan rangkingnya.

Jika Anda ingin menggunakan tools ini untuk melihat ranking website, Anda bisa masuk ke fitur SEO, lalu pilih opsi Position Tracking. Nantinya, tools ini akan menampilkan rangking website berdasarkan keyword yang ingin ditargetkan.

Spesifikasi SEMRush
Alamat website: https://www.semrush.com/ 
Harga: Trial gratis dan terbatas, Premium mulai dari $119.95 per bulan (Sekitar 1,75 juta)
Fungsi Utama: Audit website dari berbagai sisi
Fitur: Audit SEO, Riset Content, Market Research, Advertising, SMM & SERM

6. Moz Pro

Moz Pro

Jika dibandingkan dengan beberapa tools di atas, Moz Pro  memang tidak menawarkan banyak fitur. Namun, sebetulnya tools ini sudah cukup bagi pemula dan lebih mudah dioperasikan karena tampilannya yang sederhana. 

Jika dilihat sekilas, tampilannya mirip seperti Google Analytics. Anda bisa menggunakannya gratis dengan mode free trial atau berlangganan dengan membayar sekitar 99 USD per bulannya. 

Meski sederhana, tetapi tools ini tidak hanya digunakan untuk melihat peringkat atau rangking suatu website saja. Anda juga bisa menggunakannya untuk audit situs hingga menganalisis backlink.

Spesifikasi Moz Pro
Alamat website: https://moz.com/ 
Harga: Beberapa tools gratis, Premium mulai dari $99 per bulan (Sekitar 1,5 juta)
Fungsi Utama: Audit SEO Onpage dan Offpage
Fitur: keyword research, link building, site audits, page optimization, rank tracking, reporting, SEO Local, Rank Tracking

Bagaimana Cara Meningkatkan Ranking Website?

Mengetahui berapa rangking website Anda penting untuk evaluasi dan menentukan strategi berikutnya. Namun, Anda juga perlu meningkatkan rangking tersebut supaya bisa mendapatkan lebih banyak lagi trafik dan kliknya.

Baca juga:  Mengenal Google Honeymoon dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa cara menaikkan ranking website di Google:

1. Perbanyak Konten dan Unggah Secara Konsisten

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar ranking website naik secara natural yaitu memperbanyak konten. Kemudian, unggah setiap konten secara berkala dan konsisten. Misalnya, Anda bisa mengunggah satu artikel setiap hari atau lebih.

Lalu, berapa jumlah ideal artikel yang harus ada dalam suatu website? Sebetulnya tidak ada aturan pastinya. Namun, setidaknya Anda perlu menyiapkan 100 artikel untuk menarik banyak user yang datang ke website Anda.

Maka, jika Anda tidak ingin kesulitan buat artikel sendiri, lebih baik langsung pesan di jasa penulis artikel dari SIPWriter. Dijamin hasilnya memuaskan dan persediaan artikel Anda akan terpenuhi setiap saat!

2. Gunakan Backlink Natural

Backlink merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan rangking. Namun, backlink yang dipasang secara tidak natural tidak akan mengubah rangking website dan berpotensi diblock oleh Google.

Untuk memasang backlink secara natural sebaiknya Anda bekerja sama dengan beberapa website lainnya yang sudah memiliki traffic atau peringkat bagus. Hal ini dapat memudahkan web anda untuk mencapai peringkat teratas di Google. 

3. Gunakan Anchor Teks yang Bervariasi

Langkah berikutnya yaitu menggunakan anchor text yang bervariasi. Apa itu anchor text? Ini merupakan Jenis teks yang bisa menghubungkan suatu halaman dari website Anda ke halaman lainnya yang masih berkaitan. 

Bentuk teks ini tentunya berbeda dengan teks lainnya karena berisi link yang terhubung ke halaman lainnya dari website yang ditautkan. Biasanya, anchor text digunakan dengan keyword atau hanya menuliskan ‘klik disini’. Anda juga bisa pelajari teknik SILO SEO dalam aplikasi anchor keyword ini.

Menambahkan anchor text juga secara tidak langsung membuat backlink secara natural. Misalnya, dalam suatu artikel membahas tips mencari baju murah berkualitas, Anda bisa menggunakan anchor dengan keyword ‘jual baju murah’.

Itulah beberapa tools cek ranking website yang perlu Anda coba. Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi dan berusaha meningkatkannya. Sebab, ranking website sangat dinamis dan bisa berubah-ubah setiap waktu.

Tinggalkan komentar