Mengenal Backlink Edu dan Fungsinya

Sebagai salah satu strategi SEO Off-Page, backlink harus diperhatikan oleh semua blogger. Apalagi blogger yang benar-benar niat menjadi blogger. Salah satu backlink yang mencuri perhatian adalah backlink edu. Maka dari itu, Anda harus mengenal Backlink edu.

Apa itu Backlink Edu

Sebenarnya, pengertian backlink edu itu sama aja dengan pengertian backlink biasa. Sebuah tautan dari sebuah website menuju ke website anda. Bedanya, website edu adalah website yang memiliki domain resmi instansi pendidikan.

Edu = education

Domain edu yang paling terkenal di Indonesia adalah ac.id. Domain yang dimiliki oleh academia atau kampus (universitas).

Fungsi Backlink Edu

Link adalah salah satu cara Google merayapi website kita. Semakin besar authority website yang memberikan backlink pada kita, semakin berpengaruh backlink itu. Nah, kenapa backlink edu bisa dikatakan penting?

  • Backlink edu rata-rata dipercaya Google
  • Memiliki Authority yang tinggi
  • Subdomain dari domain kampus asli yang berkualitas
  • Mudah di-crawl Google
  • Punya potensi besar untuk dikunjungi

Karena beberapa hal di atas, backlink edu menjadi salah satu backlink yang direkomendasikan. Apalagi, jenis backlink ini tidak dimiliki oleh semua kampus. Hanya kampus yang memiliki sistem SSO terintegrasi dan besar.

Jadi, jangan menganggap semua kampus punya backlink. Anggap saja, blog kampus (ac.id) yang bisa memberikan link itu langka. Jadi, cukup berharga dijadikan backlink.

Seberapa Besar Efeknya?

Saya akan mengatakan, “Backlink edu tidaklah memberikan dampak yang instan. Kecuali backlink PBN yang memang sengaja dibuat untuk memberikan backlink.”

Dibanding PBN, Backlink Edu jauh lebih aman dari penalti Google.

Kenapa demikian?

Ya jelas karena website edu (ac.id) lebih dipercaya ketimbang TDL komersial. Website edu jauh lebih eksklusif dan spesial. Maka jangan ragu memesan backlink edu di SIPWriter.

Memang nggak ada jaminan page one setelah diberikan backlink edu. Tapi minimal, backlink edu bisa meningkatkan authority website/blog anda.

Cara Menanam Backlink Edu

Timbul pertanyaan, Bagaimana cara menanam backlink edu?

Gampang sekali. Menanam backlink edu pada dasarnya seperti upload artikel di wordpress. Apalagi, sebagian besar web edu masih menggunakan platform wordpress dalam hal upload artikel.

1. Buka Web Edu

Sebelum membuka dashboard web edu, anda harus memiliki akun web edu dari domain kampus yang memang membuka blog untuk mahasiswanya.

Cara loginnya pun juga beragam, ada yang berbasis wordpress ada juga yang langsung terintegrasi dengan SSO (Single Sign One).

Ingat, tidak semua kampus menyediakan platform blog untuk mahasiswanya.

2. Upload Artikel

Langkah selanjutnya adalah mengupload artikel di dalam web edu. Caranya sama seperti upload artikel di wordpress. Jadi, jika anda bisa upload artikel di wordpress, anda pasti bisa upload artikel di web edu.

Ingat, “Pastikan artikel yang anda upload masih relate dengan situs yang anda berikan backlink”

Situs digital marketing, pastikan buat artikel digital marketing untuk diupload di web edu. Niche ini sangat penting, karena Google memiliki logika matematis.

Nggak mungkin kan, artikel “cara membuat nasi goreng” tapi referensinya ke website “belajar SEO untuk pemula.” Karena hal itu nggak nyambung. Jika ketahuan Google, bukannya authority web anda naik, bisa malah ditendang dari SERP nanti.

3. Pasang Link Dofollow

Rata-rata, website edu bisa ditanami link yang dofollow. Link yang benar-benar bisa berdampak langsung pada authority website tertuju. Cara membuat link ini juga gambang!

  1. Blok anchor teks
  2. Copas url yang akan dikasih backlink
  3. Klik ok dan jadi

Ingat, anchor teks juga sangat penting. Kenapa penting?

Karena Google membaca anchor teks sebagai teks yang harus relate dengan topik web yang diberikan backlink.

Jadi, ketika memberikan backlink pada website digital marketing, pastikan gunakan anchor teks yang berhubungan dengan digital marketing.

Paham nggak? Hehe….

Kalau nggak paham, boleh membaca-baca artikel lain. Saya juga masih belajar dan terus akan belajar. Karena algoritma Google bergerak, jika kita stag, maka kita akan kalah dengan orang-orang yang dinamis mengikuti algoritma itu.

4. Terbitkan Artikel

Langkah terakhir adalah menerbitkan artikel. Jangan lupa kasih kategori dan elemen pendukung lainnya. Wes tho, pokoknya kayak upload artikel biasa. Wkwkwk…

Setelah selesai memberikan backlink, maka efeknya tidak langsung. Bisa jadi sampai satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun. Maka dari itu, bersabarlah! Biarkan Google bekerja.

Intinya: mengenal backlink edu itu penting. Namun tidak harus ada juga. Kalau anda bisa mendapatkan backlink edu secara murah meriah, kenapa tidak? Langsung aja pesan backlink edu di SIPWriter… 

2 pemikiran pada “Mengenal Backlink Edu dan Fungsinya”

Tinggalkan komentar

Open chat