Perbedaan Blog dan Website yang Paling Mendasar

Meski sekilas terlihat sama, tetapi web dan blog sebetulnya berbeda. Ada sejumlah perbedaan blog dan website yang tidak diketahui orang awam. Namun, perbedaan itu memang tidak jauh dan hanya berbeda dari segi teknisnya saja. 

Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia web developer atau mengelola blog untuk artikel hingga bisnis online, sebaiknya pahami terlebih dahulu perbedaan blog dan website

Sebab, untuk meningkatkan traffik dan menarik audience, kita tidak bisa hanya mengandalkan media sosial saja.  

Mengenal Apa itu Blog?

Memahami perbedaan blog dan website memang akan lebih mudah ketika kita mengetahui definisi dari keduanya. Lalu, apa itu blog? Pada dasarnya sebetulnya blog merupakan bagian dari web sehingga memang sekilas terlihat mirip.

apa itu blog

Hanya saja, pengaturan dari blog lebih mudah dan simple dibandingkan dengan pengaturan web. Blog lebih banyak dimanfaatkan oleh pelajar mahasiswa ataupun pemula yang baru belajar mengembangkan website. 

Adapun, perbedaan blog dan vlog terletak pada medianya. Di mana blog menggunakan website untuk menyampaikan informasi dan vlog menggunakan media sosial dengan informasi yang berupa audio visual.

Memahami Definisi Website

Sebelum membahas lebih jauh mengenai persamaan dan perbedaan blog dan website, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan website? Web atau dikenal juga dengan istilah website adalah sekumpulan halaman dengan informasi yang terhubung ke internet. 

Setiap informasi yang dimuat dalam suatu web bisa diakses oleh siapapun melalui internet. Pada website, sekumpulan halaman digabung menjadi satu dengan domain. Isi hingga tampilan dari website bisa dikustomisasi dan diubah sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Baca juga:  SEO Modern: 7 Strategi SEO Para Mastah

Adapun, perbedaan website dan web page terletak pada bentuknya. Di mana website merupakan kumpulan dari web page dan web page berisi informasi detail terkait topik tertentu.

Apa Saja perbedaan blog dan website?

Baik blog maupun web bisa anda manfaatkan untuk mempublikasikan artikel hingga mengembangkan bisnis online. Sebelum menentukan platform mana yang akan digunakan, ketahuilah beberapa perbedaan blog dan website berikut ini: 

1. Konten yang Disajikan

Perbedaan blog dan website yang mendasar bisa kita amati dari jenis kontennya. Blog pada umumnya hanya digunakan untuk mempublikasikan konten artikel dengan tujuan untuk menginformasikan pembaca. Sementara itu, penggunaan web lebih spesifik lagi. 

Konten web tidak hanya bisa digunakan untuk membuat artikel tetapi juga sebagai media jual beli online, profil perusahaan hingga penawaran produk dan jasa. Jadi meskipun tampilannya terlihat mirip, tetapi jenis konten pada web dan blog berbeda. 

Bagi Anda yang masih belum paham, untuk blog dan artikel juga jelas berbeda. Perbedaan blog dan artikel bisa kita lihat dari bentuknya. Blog merupakan platform untuk memposting artikel dan artikel itu sendiri merupakan konten blog.

2. Komponen Pembuatnya

Komponen pembuat dari web dan blog jelas berbeda dan hal ini sebetulnya menyangkut segi teknis. Bagi Anda yang ingin mencoba mendesain dan mengelola pengaturannya, penting untuk memahami apa saja komponen pembuat web dan blog. 

Untuk membuat sebuah blog, Anda hanya perlu mendaftar di blogspot atau wordpress. Di sana Anda bisa dengan mudah mengelolanya dengan berbagai template yang sudah disediakan. Inilah salah satu manfaat blog bagi pelajar karena mudah dioperasikan.

perbedaan website dan web page

Sementara itu komponen pembuat web lebih kompleks sehingga Anda perlu mempersiapkan domain, hosting, dan SSL jika ingin mengembangkan suatu website. Pengaturan web memang lebih diperuntukan bagi mereka yang sudah ahli dan berpengalaman.

Baca juga:  Content Placement Adalah? Ini Penjelasannya

3. Pengelolaannya

Perbedaan blog dan website yang berikutnya yaitu dalam hal pengelolaannya. Karena sudah dibuat sedemikian rupa dengan berbagai template yang tersedia, maka pengelolaan blog tidak rumit dan cocok untuk pemula. 

Dalam mengelola blog anda hanya perlu mengatur dan mengunggah konten, mengubah desain, menambahkan widget, dan custom nama domain. Sedangkan pengelolaan web lebih rumit karena terdapat banyak fitur dan optimasi yang bisa diatur. 

Meski demikian bagi yang sudah terbiasa mengelola website maka akan lebih memilih untuk mengoperasikan web. Banyaknya fitur dan pengaturan yang bisa diubah pada suatu web memudahkan kita untuk mengoptimasi SEO dan meningkatkan trafik.

4. Pengelompokan Konten

Pengelompokan konten pada web dan blog juga berbeda. Di mana pada suatu blog konten yang dikelompokkan hanya berdasarkan topik atau tema dari setiap artikel yang sudah diunggah.

Sementara itu konten yang dikelompokkan dalam suatu website bisa lebih kompleks sehingga menampilkan banyak menu. Adapun konten yang dikelompokkan pada suatu website pada dasarnya lebih diperuntukkan pada produk dan layanan. 

Baik pada blog dan web, pengelompokan konten sangat penting untuk memudahkan pembaca atau user menemukan konten spesifik yang dicari. Selain itu Anda juga akan lebih mudah mengelola dan memperbarui konten.

5. Gaya Bahasa yang Digunakan

Perbedaan berikutnya antara web dan konten yaitu gaya bahasa yang digunakan. Pada umumnya gaya bahasa pada suatu blog lebih kasual, menggunakan bahasa tutur, dan cenderung tidak formal. 

Sementara itu gaya bahasa yang digunakan pada web cenderung formal dan terlihat lebih profesional. Hal ini karena web pada umumnya dikelola dan dimiliki oleh organisasi hingga perusahaan

Mereka menggunakan bahasa formal untuk menunjukkan kredibilitas serta profesionalitasnya. Sedangkan blog lebih banyak dikelola oleh individu dengan tujuan hanya ingin berbagi informasi.

Baca juga:  Mengenal Google Honeymoon dan Cara Mengatasinya

6. Arah Komunikasi

Meskipun sama-sama memuat informasi yang ditujukan untuk user, tetapi arah komunikasi web dan blog berbeda. Pada umumnya, blog menggunakan komunikasi 2 arah dan interaktif dengan memuat kolom komentar.

Setiap user yang mengunjungi halaman blog bisa menyampaikan saran dan kritik sebagai bentuk tanggapan. Sementara itu, web hanya menggunakan komunikasi 1 arah sehingga tidak terdapat interaksi antara pengelola web dengan user.

Web lebih bersifat statis dan kaku. Kalau pun web sengaja dibuat sebagai media promosi, biasanya user dapat mengirimkan pertanyaan atau melakukan order melalui email. Pada web profil perusahaan tentu kita juga tidak bisa menemukan kolom komentar.

Apa Persamaan Website dan Blog?

Selain terdapat perbedaan, ada juga beberapa persamaan website dan blog yang tak kalah pentingnya untuk diketahui. Antara lain yaitu, memiliki alamat berupa situs web yang mengarahkan user untuk masuk ke suatu web dan blog.

Selain itu, web dan blog merupakan platform informatif yang berisi berbagai informasi. Hanya saja, jenis dan tujuan dari informasi yang disampaikan web dan blog berbeda. Baik web dan blog juga bisa dijadikan sebagai media promosi.

Contoh blog dan website

Namun, web lebih unggul dan menawarkan banyak fitur untuk menciptakan suatu web promosi yang menarik. Contoh blog dan website yaitu blogspot merupakan blog dan situs marketplace adalah web.

Jika Anda ingin melakukan optimalisasi website atau blog dari segi on-page, maka pastikan segera pesan konten di SIPWriter. Jasa artikel SEO Modern yang sangat berkualitas untuk meningkatkan traffic website atau blog Anda!

Itulah beberapa perbedaan blog dan website serta persamaannya. Dari keenam perbedaan tersebut, Anda bisa memilih platform mana yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Baik web maupun blog bisa Anda gunakan sebagai media penyampaian informasi.

2 pemikiran pada “Perbedaan Blog dan Website yang Paling Mendasar”

Tinggalkan komentar