Artikel Pilar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Membuat

Bagi kalian pecandu artikel SEO, mungkin istilah artikel pilar sudah tidak asing lagi. Namun bagi yang newbie, mungkin agak asing. Jangan khawatir, SIPWriter kali ini akan menjelaskannya, dengan sangat detail.

Apa itu Artikel Pilar?

Kamu tahu pilar? Pilar adalah penyangga atau penguat. Kenapa dinamai dengan artikel pilar?

Karena artikel ini memiliki panjang dan kedetailan yang tinggi. Artikel yang bisa dikatakan menjadi penyangga dari eksistensi sebuah website.

Artikel pilar juga bisa diartikan sebagai artikel dasar yang panjang. Artikel panjang yang berisi penjelasan lengkap dan detail. Artikel pilar = artikel yang panjang.

Panjang Artikel Pilar

Dari artikel yang pernah saya baca, “Semakin panjang artikel yang kamu buat, maka semakin bagus kualitasnya”.

Menurut saya tidak. Kenapa?

Karena bagus tidaknya artikel tetap ditentukan oleh konten (isi). Namun secara mendasar, artikel yang panjang memang memiliki minimal kata, yaitu 1000 kata. Untuk maksimalnya tidak dibatasi sepertinya…

Namun orang menganggap rata-rata artikel pilar yang terbaik adalah 1200 hingga 2500 kata.

Nulis segitu banyaknya mungkin sudah bikin tangan dan otak panas lho. Beneran…

Pengerjaan Artikel Pilar

Pengerjaan artikel ini membutuhkan beberapa aspek, seperti:

  • Detail pembahasan
  • Struktur penulisan yang sesuai kaidah SEO
  • Kalimat yang tidak berbelit-belit
  • Banyak poin dan gagasan

Sehingga, SIPWriter dalam proses pengerjaan artikel panjang melalui beberapa tahap.

  1. Tahap pertama: Penyusunan kerangka (jika riset sudah dilakukan oleh klien)
  2. Tahap kedua: penulisan yang tidak sekali duduk
  3. Tahap ketiga: merevisi dengan cara dibaca bersuara
  4. Tahap keempat: penyesuaian kaidah SEO

Karena tahapan yang lebih kompleks ketimbang artikel standar atau medium, maka artikel yang panjang lebih membutuhkan pengerjaan lama. Karena juga membutuhkan sumber yang lebih banyak. Istilahnya, “Lebih Ngoyo.”

Ciri-Ciri Artikel Pilar

Pada dasarnya, artikeljenis ini hampir sama seperti artikel lainnya. Namun tetap memiliki kelebihan yang bisa mendatangkan visitor. Memiliki banyak artikel panjang, artinya menabung aset untuk mendatangkan banyak pembaca.

Nah, apa sih ciri-ciri dari artikel pilar?

  • Panjang lebih dari 1000 kata (rata-rata 1500 hingga 2500 kata)
  • Pembahasan sangat detail
  • Full informasi yang bermanfaat
  • Layak dijadikan referensi untuk penulisan
  • Menjadi konten andalan sebuah website

Artikel pilar adalah implikasi nyata dari slogan, “Content is the King”. Konten benar-benar menjadi raja yang bisa mendatangkan banyak visitor dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel Pilar, Pentingkah?

Nah, kita sudah pada pembahasan inti. Seberapa penting sih, artikel yang panjang itu? Buat apa sih punya artikel yang pnajang dalam satu website?

1. Anggapan Google

Menurut pengalaman saya, menulis artikel yang panjang (namun diniati dan berkualitas) lebih mudah dideteksi oleh algoritma Google. Misal nih:

Saya buat artikel 700 kata dengan keyword rendah kompetitor, mungkin Efek Google Honeymoon-nya maksimal pada page 4 atau 6 (untuk website DA 5 dan PA 5).

Namun bila artikel yang saya buat 1500 kata dengan keyword rendah kompetitor, efek Google Honeymoonnya bisa hingga page One. Beberapa hari mungkin terjun ke page 5 atau bahkan 10, namun lambat laun bisa kembali ke Page One.

Dari pengalaman itu, saya (secara pribadi) menganggap artikel yang panjang itu penting. beberapa artikel yang di page milik saya, juga termasuk artikel yang jumlah katanya lebih dari 1000 kata.

2. Anggapan Pembaca

Mungkin sebagian pembaca akan malas membaca artikel yang panjang. Namun, pembaca lebih contong mengesankan jika artikel pilar adalah artikel yang niat dan berkualitas.

  • Artikel panjang (yang terstruktur) dianggap lebih dapat dipercaya
  • Artikel panjang dengan pembahasan detail lebih dapat dijadikan sumber
  • Artikel panjang terkadang dijadikan indikator bagusnya sebuah website
  • Artikel panjang dianggap sebagai artikel yang benar-benar niat dibuat
  • Pembaca akan lebih nyaman dengan artikel yang detail penjelasannya

Dari pengalaman pernah saya lalui, mungkin sepenting itulah artikel pilar. Jadi, rasanya setiap blogger harus memiliki banyak-banyak artikel pilar di websitenya.

Apakah Artikel Pilar Wajib Ada?

Tentu saja tidak. Keputusan tetap berada di tangan kamu. Jika kamu benar-benar niat jadi blogger atau membangun SEO website anda, maka artikel yang panjang adalah artikel yang sangat penting.

Jika website kamu berisi sastra (puisi, cerpen, atau novel), maka artikel yang panjang tidak diwajibkan. Tetap disesuaikan dengan kepentingan website kamu…

Artikel yang panjang dalam sebuah website bisa kamu jadikan artikel pusat yang melahirkan artikel-artikel lainnya.

Fungsi Artikel Pilar

Pada dasarnya fungsinya hampir nyambung dengan pentingnya artikel pilar sebelumya. Secara garis besar, fungsi artikel panjang adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan banyak visitor organik dengan artikel berkualitas
  • Menciptakan artikel andalan website kamu
  • Menambah kepercayaan pembaca pada kredibilitas website kamu
  • Menciptakan landasan konten yang kuat
  • Menciptakan kekuatan isi website kamu

Cara Membuat Artikel Pilar

Membuat artikel jenis ini sebenarnya hampir sama seperti membuat artikel SEO biasa. Namun, harus dijelaskan secara detail, mendalam, dan tentunya panjang. Panjang di sini harus tetap berisi, tidak hanya ngalor-ngidul nggak jelas…

1. Menentukan Topik Umum dan Life-Time

Artikel pilar adalah artikel dengan pembahasan intensif (mendalam) serta komprehensif (lengkap, fokus, dan meluas spesifik). Jadi, artikel jenis ini tentu memiliki topik yang pembahasannya tidak luntur oleh zaman.

Topik-topik yang nggak bakalan ketinggalan zaman. Topik yang akan tetap dicari oleh pengguna Google. Jadi, pastikan kamu memperhatikan aspek-aspek di bawah ini:

  • Riset keyword dengan baik
  • Pasangkan LSI dan Long Tail Keyword secara lengkap
  • Tulis dengan bahasa yang baik dan tidak nyeleneh
  • Kalau bisa carikan sumber yang sesuai (kalau ilmiah ya pakai jurnal atau karya ilmiah)

2. Menulislah Natural dengan Memperhatikan Kaidah Artikel SEO

Artikel pilar adalah artikel SEO tingkat lanjut. Jadi, pastikan menulis dengan natural dan tetap memperhatikan kaidah SEO. Kamu bisa membaca artikel SEO ini, untuk memahami kaidah lengkapnya…

Ingat beberapa hal berikut:

  • Artikel panjang tetap ditujukan untuk pembaca manusia (bukan robot Google)
  • Artikel yang panjnag harus ditulis natural dan nyaman dibaca
  • Artikel yang panjang harus ditulis dengan lengkap dan mendetail

3. Tambahkan Gambar dan Infografik

Penting diketahui, dengan jumlah kata yang banyak, pembaca tentu akan bosan melihat artikel pilar. Namun, kamu bisa menggunakan gambar atau infografik untuk menyegarkan mata pembaca.

Jadi, meski artikelnya panjang. Kamu tidak boleh melupakan hiasan SEO yang penting. kamu bisa mencantumkan beberapa hal berikut:

  • Embed Video Youtube
  • Gambar ilustrasi (kalau bisa ada maskotnya)
  • Infografis yang berisi poin-poin utama dari artikel
  • Kalau perlu, tambahkan file-file pendukung (pdf, buku, ataupun lainnya)

Ingat: Artikel pilar dibuat dengan mempertimbangkan banyak aspek, sehingga tercipta artikel yang lengkap dan terstruktur baik.

4. Arahkan ke Internal Link

Internal link adalah satu hal yang penting dalam artikel pilar. Karena artikel pilar adalah artikel andalan, maka harus mencantumkan banyak link untuk membantu kenaikan authority artikel lainnya.

Kalau perlu, kamu juga boleh menambahkan eksternal link. Link yang kamu berikan kepada website lain. Namun ingat, link eksternal ini harus kamu berikan pada website yang memiliki authority tinggi. Jangan sembarangan ya…

5. Perhatikan Sebaran Keyword

Orang menyebutnya dengan istilah “Keyword Density”. Apakah hal ini penting?

Tentu penting jika kamu ingin menulis sesuai dengan kaidah SEO. Sebaran keyword bisa menjadi satu indikator keyword yang kamu sasar. Sebaran keyword ini juga harus kamu berikan dengan sesuai (jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak).

Anggap saja maksimal 1% saja. JIka artikel yang kamu buat memiliki 1000 kata, maka keyword yang tersebar jangan sampai lebih dari 10 kali. Jika kamu memakai plugin Yoast SEO, maka hal ini akan sangat dipertimbangkan (pake banget).

6. Menyusun Artikel dengan Baik

Artikel yang panjang, jika tidak terstruktur dengan baik tentu akan membosankan. Maka dari itu, kamu harus memastikan ada susunan yang apik. Misalnya:

  • Memiliki banyak poin-poin
  • Sub-heading (H1, H2, H3) tersusun dengan jelas
  • Pastikan memberikan senarai (bellets)
  • Paragraf awal, isi, dan penutup harus nampak jelas

7. Buat Artikel Selengkap Mungkin

Step terakhir adalah pastikan membuat artikel dengan lengkap. Semakin banyak data yang kamu berikan, maka semakin bagus artikel yang kamu buat. Maka dari itu, kamu bisa mencantumkan sumber yang ilmiah.

Lengkap disini tetaplah harus memenuhi aspek relate (nyambung). Jika pembahasan memang sudah habis, ya sudah. Jangan dipaksakan untuk memenuhi standar minimal kata.

Lengkap berarti membahas detail dari sebuah keyword. Berarti, jika penjelasannya sudah habis, kamu tidak perlu menambah pembahasan yang tidak nyambung. Hal itu tentu akan malah membuat artikel kamu berkurang kualitasnya.

Jasa Penulis Artikel Pilar

SIPWriter dengan dedikasinya sebagai penulis artikel SEO murah berkualitas menyediakan jasa penulis artikel pilar. Kamu akan mendapatkan artikel yang sesuai kamu inginkan tanpa harus berpikir, bekerja keras, dan bahkan riset keyword.

Kami menjamin artikel pilar yang kami buat:

  • Lengkap dan berisi
  • Terstruktur rapi
  • Bahasa yang manusiawi
  • Sesuai keinginan pembeli
  • Dan Murah sekali

Hanya dengan biaya Rp40 per kata, kamu bisa mendapatkan artikel pilar dari SIPWriter. Dijamin deh, website kamu akan semakin powerfull dari segi On-page.

QnA (Question and Answer)

Apakah Artikel Pilar penting?

Relatif, tergantung website kamu difungsikan untuk apa. jika kamu murni blogger, artikel jenis ini tentu sangatlah penting

Apakah ada Jaminan Page One untuk Artikel Jenis ini?

Tentu saja tidak. Saya akan tetap berpendapat, “Untuk mencapai page one, perlu beberapa hal yang harus kamu penuhi.” Optimasi on-page tentu saja tidaklah cukup.

Berapa Hari Menulis Artikel Pilar?

Tergantung topiknya apa, kemudahan sumbernya juga. Semakin sulit ditulis, semakin lama. Hal ini digunakan untuk memastikan hasil dari artikel pilar sendiri. Saya bisa mengurutkan alurnya seperti itu:

  • Riset keyword
  • Buat kerangka artikel
  • Mencari sumber
  • Menulis dengan lengkap
  • Revisi

Standar artikel jenis ini 1200 kata, bisa dikerjakan selama 3 hingga 7 hari. Tentunya tetap disesuaikan dengan topik yang dibahas.

Bagaimana kalau website saya nggak ada Artikel Pilarnya?

Pada dasarnya nggak masalah sih. Artikel yang panjang berfungsi untuk meningkatkan kualitas On-Page SEO kamu. Jika tidak ada, ya nggak masalah sih. Namun tetap lebih baik ada…

Jika kamu paham pentingnya artikel panjang tentu kamu akan mewajibkan artikel jenis ini nongkrong di website kamu. Karena artikel ini bisa disebut dengan traffic generator.

Dimana saya bisa pesan Artikel Pilar?

Jujur, ada banyak writer yang bisa menulis artikel yang panjang. Namun SIPWriter memberikan penawaran yang spesial. Dengan harga yang murah, kamu akan mendapatkan artikel pilar yang sesuai dengan kaidah SEO. Langsung hubungi kami aja ya…

2 pemikiran pada “Artikel Pilar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Membuat”

Tinggalkan komentar

Open chat