Cara Kerja Search Engine Secara Sederhana

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, merencanakan strategi SEO saja tidak cukup. Para pengelola web atau praktisi SEO juga sebaiknya juga memahami cara kerja search engine dalam menampilkan hasil pencarian (search engine result page) yang diinginkan pengguna internet. 

Hal ini memang tidak mudah, tapi tidak mustahil untuk pelajari. Cara kerja search engine pada dasarnya menyesuaikan dengan algoritma masing-masing mesin pencarian. Bisa dikatakan, search engine bekerja merayapi halaman website berdasarkan dengan algoritmanya.

Sehingga. tidak heran hanya beberapa konten web saja yang akan ditampilkan di halaman utamanya. Atau bisa jadi, hasil pencarian satu mesin pencarian dengan mesin pencarian lain berbeda. 

Anda sendiri pasti sudah tidak asing dengan macam-macam search engine; Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Semua punya algoritma dalam menampilkan halaman hasil pencarian.

Mengenal Search Engine

Apa itu search engine? Berbicara tentang search engine mungkin ini terdengar sedikit asing bagi telinga kita. Namun ketika kita berbicara tentang Google pasti orang-orang langsung mengetahuinya bahwa Google merupakan mesin pencari (search engine) yang penting dalam kehidupan kita. 

Tak hanya itu, Google juga akan menempatkan website pada halaman utamanya selama web tersebut memiliki SEO yang bagus. Hingga saat ini, Google menjadi search engine terbesar dengan pengguna paling banyak.

Google adalah salah satu dari search engine. Jadi selain Google masih ada jenis search engine lainnya seperti Yahoo dan Bing. Hanya saja Google memang lebih populer karena memiliki cara kerja search engine yang paling bagus.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Cara menggunakan search engine sangat mudah; Anda hanya perlu masuk ke halaman utamanya, ketik kata kunci, tekan enter, hasilnya akan terlihat dengan cepat. Namun apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerja search engine

Baca juga:  Dampak Buruk Artikel Spinner: Resiko Etika dan Realita

Setidaknya ada lima hal yang dilakukan search engine dalam menyajikan informasi pada pengguna, yaitu:

1. Crawling

Cara kerja search engine yang pertama yaitu crawling. Proses ini merupakan suatu kegiatan pengumpulan informasi yang dicari dari berbagai halaman web. Meski demikian tidak semua halaman web akan dikunjungi oleh mesin pencari. 

Lalu apa saja kriteria halaman web yang akan dikunjungi search engine? Jika web Anda ingin dikunjungi dan direkomendasikan oleh search engine, maka web tersebut harus memiliki cara kerja SEO yang bagus. 

Jadi performa SEO suatu web memang sangat berpengaruh terhadap kinerja search engine dalam melakukan crawling. Ketika web Anda dikunjungi oleh search engine maka peluang untuk bisa masuk ke halaman utama hasil pencarian dan dikunjungi oleh pengguna internet semakin besar.

2. Indexing

Selain crawling, search engine juga melakukan indexing untuk mengidentifikasi tulisan dan informasi secara keseluruhan dari halaman web. Hal ini juga merupakan komponen search engine yang penting untuk dipahami oleh para pengelola web.

Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa halaman web yang akan direkomendasikan di hasil pencarian merupakan informasi yang diinginkan oleh user (berhubungan dengan user intent dalam SEO Modern). Dengan begitu, user akan mendapatkan informasi yang paling relevan.

Itulah mengapa ketika Anda ingin mengoptimasi SEO dengan baik, maka keyword yang dimasukkan harus berhubungan dengan keyword yang banyak dicari oleh pengguna internet. Hal ini dapat berdampak besar bagi traffik di website Anda.

 3. Processing

Cara kerja search engine yang berikutnya yaitu processing. Proses ini adalah tahapan untuk membandingkan keyword yang ditemukan dari sejumlah halaman web. Nantinya hanya beberapa halaman web saja yang direkomendasikan ke user. 

Halaman web yang memiliki kata kunci dengan optimasi SEO terbaik akan masuk ke halaman utama dari hasil pencarian search engine. Itulah mengapa Anda harus mengatur SEO dengan baik pada halaman web yang dikelola. 

Baca juga:  Mengenal Landing Page dan Fungsinya

Ketika website Anda direkomendasikan oleh search engine di hasil pencariannya, maka akan semakin banyak pengguna internet yang mengunjungi halaman website Anda.

4. Calculating Relevancy

Setiap halaman web pasti mempunyai  beberapa kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari. Misalnya kata kunci atau keyword yang relevan dengan konten di website tersebut. 

Nah, keyword inilah yang nantinya akan dipertimbangkan atau diperhitungkan oleh search engine apakah layak masuk ke halaman utama dari hasil pencariannya. Jika kata kuncinya relevan maka halaman website tersebut akan direkomendasikan. 

Sementara itu, jika kata kunci yang dimasukkan dalam website tersebut sama sekali  tidak relevan. Apalagi, relevansinya jauh dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna internet, sudah pasti website tidak akan direkomendasikan oleh search engine.

5. Retrieving Result

Cara kerja search engine yang terakhir adalah mengambil result atau hasil yang paling relevan dengan permintaan pengguna internet. Jadi, search engine akan memastikan lagi apakah kata kunci yang sudah ditemukannya relevan atau tidak dengan permintaan user.

Cara Kerja Search Engine Secara Sederhana

Nantinya, keyword dari halaman web akan ditampilkan dalam halaman hasil pencarian. Namun, search engine juga akan menyusun website mana yang paling relevan berdasarkan peringkatnya.

Keyword yang paling relevan tentu akan masuk ke halaman pertama hasil pencarian dengan peringkat paling atas. Meski demikian, peringkat ini akan terus diperbarui karena ada banyak website baru yang menggunakan keyword sama di setiap waktu.

Apakah SEO Menentukan Hasil Pencarian?

Untuk bisa masuk ke halaman utama dari hasil pencarian search engine tidak mudah. Apalagi, jika Anda ingin mendapatkan peringkat teratas. Namun, hal ini bukan hal yang mustahil. 

SEO adalah salah satu cara yang bisa membawa website Anda masuk ke halaman utama dari hasil pencarian search engine. SEO juga menjadi salah satu pertimbangan apakah suatu website bisa direkomendasikan oleh search engine atau tidak. 

Baca juga:  Karakteristik Artikel SEO Friendly, Kamu Harus Tahu

Itulah mengapa pentingnya untuk melakukan pengaturan SEO dengan baik. Maka anda tidak hanya perlu menyajikan konten atau artikel berkualitas, tetapi juga didukung dengan SEO yang bagus.

Faktor Lainnya yang Mempengaruhi Hasil Pencarian Search Engine

Selain SEO, tentu ada beberapa faktor lainnya yang juga mempengaruhi hasil pencarian dari suatu search engine. Hal ini tentunya perlu Anda pahami supaya website Anda benar-benar bisa direkomendasikan. 

Berikut beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi hasil pencarian:

1. Kualitas Konten

Ada banyak konten dari halaman web yang relevan dengan keyword yang diminta pengguna internet. Maka algoritma dari mesin pencari masih perlu mengevaluasi konten yang telah ditemukan. 

Apakah kontennya bermanfaat dan sesuai yang diinginkan oleh pengguna internet. Atau justru sebaliknya, ya itu hanya berisi konten clickbait. Konten yang berkualitas juga akan meningkatkan kredibilitas website Anda.

Nah untuk meningkatkan peluang agar website Anda masuk ke halaman utama hasil pencarian, maka buatlah konten yang berkualitas dengan cara pembuatan artikel SEO Friendly. Sehingga pengguna internet selalu tertarik untuk mengunjunginya.

2. Kesesuaian Topik dengan Keyword

Hal lainnya yang juga mempengaruhi hasil pencarian dari search engine yaitu kesesuaian topik dengan jenis keyword. Jadi selain kualitas konten search engine juga akan memeriksa apakah artikel yang telah ditemukannya relevan. 

Relevansi ini tentu dilihat dari kecocokannya dengan keyword yang diminta oleh pengguna internet. Ketika temanya sesuai dengan keyword yang diminta maka sudah pasti halaman web tersebut akan direkomendasikan ke halaman hasil pencariannya.

Jika Anda ingin menaikkan rank website Anda, pastikan cukupi kebutuhan konten. Caranya adalah dengan berlangganan jasa artikel bulanan dari SIPWriter. Dijamin traffic akan segera naik dengan cepat!

Seperti itulah cara kerja search engine dalam mencari keyword dan menampilkannya kepada pengguna internet. Dengan memahami hal ini Anda bisa mengelola website yang baik agar direkomendasikan search engine. 

Tinggalkan komentar