5 Cara Mengecek Backlink Website, Paling Jitu!

Terdapat 200 metrik kemungkinan SEO yang bisa dioptimasi untuk meningkatkan peringkat website. Salah satu di antaranya yang paling populer, yakni dengan memanfaatkan backlink dari website lain. Bagaimana cara mengecek backlink website khususnya pada kompetitor?

Dalam pergerakan SEO modern, fungsi backlink mulai mengalami pergeseran. Dari yang mulanya sebagai penguat metrik deteksi Google, kini telah menjadi lead generator untuk bisa melakukan optimasi soft selling sekaligus personal branding kepada calon konsumen.

Manfaat Cek Backlink Kompetitor

Sebelum membahas lebih detail mengenai cara mengecek backlink website. Anda semestinya memahami mengapa sesuatu hal perlu dilakukan. Adapun beberapa manfaat cek website kompetitor diantaranya:

1. Menentukan Strategi ATM

Salah satu keuntungan menggunakan tool backlink sebagai sarana cara mengecek backlink website adalah mempermudah Anda untuk menentukan strategi berdasarkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)

ATM menjadi strategi paling umum dalam persaingan bisnis online maupun offline. Menariknya lagi, strategi ini dapat Anda gunakan untuk optimasi website pada mesin pencari, terutama setelah Anda mengetahui tipe backlink milik website kompetitor.

Dengan cara mengecek backlink website kompetitor, maka Anda akan mendapatkan referensi serta informasi bagaimana cara kompetitor melakukan pembangunan backlink.

2. Mengantisipasi Ranking Halaman

Menerapkan cara mengecek backlink website kompetitor, menjadi langkah yang dapat membantu Anda mengetahui tentang keyword apa saja yang tengah diincar oleh pihak kompetitor.

Perlu Anda diketahui, posisi keyword pada mesin pencari sifatnya tidaklah stagnan. Sebaik apapun metrik website dan strategi SEO yang telah dilakukan, suatu saat pasti akan tergeser dari mesin pencari jika terdapat kompetitor yang melakukan cara optimasi lebih baik.

Baca juga:  Apa itu SSL dan Cara Mendapatkan SSL Gratis

Nah, dengan cara mengecek backlink website kompetitor, akan menjadi alarm penanda apakah kompetitor sedang aktif melakukan optimasi atau masih nyaman dalam posisi yang ada.

3. Menganalisis Outranking Website Lain

Outranking merupakan strategi untuk menggeser posisi atau peringkat halaman website kompetitor pada di SERP, karena selain mengantisipasi ancaman dari website lain, Anda juga harus bisa menyusun strategi untuk menggeser posisi di halaman pertama mesin pencari.

Cara yang perlu dilakukan yaitu melakukan analisis kekuatan backlink, konten, sampai struktur website yang digunakan. Semisal, setelah melakukan cek backlink, website kompetitor berhasil menempati posisi pertama dengan dukungan 10 backlink. 

Maka langkah Anda, sebaiknya memiliki suntikan backlink lebih banyak atau minimal sama jika ingin merebut posisi tersebut. Ini adalah salah satu contoh gambaran paling sederhana dari strategi optimasi website pada mesin pencari.

Rekomendasi Alat Pemeriksa Backlink

Tool backlink akan membantu Anda melihat siapa yang telah memberikan backlink pada situs Anda, sehingga Anda dapat memanfaatkan tautan tersebut dan membangun hubungan dengan situs yang menautkan pada halaman Anda.

Mungkin terdapat 40000 backlink gratis yang telah beredar, dengan adanya backlink checker Anda bisa mengecek dan menganalisa backlink kompetitor. Adapun beberapa tools yang rekomended adalah sebagai berikut.

1. Ahrefs

Tool Ahrefs

Ahrefs’ backlink checker menyediakan paket uji coba tujuh hari dengan harga $7, biaya tetap bisa dimulai dari $99- $999 per bulan. Bahkan juga tersedia free backlink website, versi gratis ini sudah mumpuni untuk pemula. 

Tool Ahrefs paling populer pada kalangan perusahaan yang mencari alat, atau cara memeriksa backlink berkualitas tinggi. Ahrefs menyediakan banyak data yang dapat membantu Anda untuk mengelola atau mendapatkan backlink.

Baca juga:  Kenapa Artikel Penting untuk Bisnis Online Anda?

Cara check backlink cukup dengan memasukkan URL website ke kolom yang disediakan. Lalu otomatis Anda akan menerima informasi tentang backlink dari situs lain. Anda juga dapat memasukkan URL situs kompetitor untuk mengukur kekuatan kompetitor.

Alat pemeriksa backlink ini juga memberikan informasi seperti peringkat domain dan berapa kali domain itu ditautkan ke situs Anda. Bahkan melihat tautan baru, rusak, dan hilangnya ke suatu situs.

Cara mengecek backlink website dengan Ahrefs juga akan memantau profile backlink. Anda akan melihat pertumbuhan dan penurunan backlink, serta lalu lintas pengunjung setiap halaman.

2. Ubersuggest

Ubersuggest

Ubersuggest backlink merupakan alat untuk memeriksa backlink secara gratis yang dikelola oleh Neil Patel. Ini adalah alat yang sangat membantu dalam bisnis jika Anda mencari alat yang efisien dan tidak menguras kantong Anda.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Ubersuggest untuk melihat banyak informasi cara cek backlink blog mendalam, antara lain:

  • Skor domain dan Skor halaman
  • Total jumlah backlink dalam satu halaman
  • Jumlah total tautan bersifat Nofollow
  • Merujuk Domain
  • Jangkar Teks
  • Jenis Tautan

Ubersuggest juga Anda bisa melakukan analisis kompetitif. Analisis kompetitif ini membantu Anda menemukan peluang untuk membangun tautan baru dan melihat pihak yang menautkan ke kompetitor. 

Alat ini juga membantu Anda mengidentifikasi peluang tautan terbaik, dengan pemfilteran sebagai berikut.

  • Wilayah
  • Teks
  • Skor domain

Hal tersebut merupakan bahan cara mengecek backlink website yang bagus untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pihak yang menautkan pada bisnis Anda dan bagaimana bisa mendapatkan lebih banyak peluang tautan.

3. DA PA SmallSEOTools

smallseotools

Cek DA PA di SmallSEOTools. DA PA kini bisa menjadi standar untuk menentukan kualitas suatu website blog. Semakin tinggi nilainya artinya semakin bagus pula kualitas suatu website. DA dan PA adalah alternatif lain yang bisa menggantikan PageRank sebagai matrik menentukan kualitas.

Baca juga:  Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa (Artikel Natural)

Domain Authority atau yang disebut DA adalah suatu pedoman yang dibuat oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat suatu website atau blog. Semakin besar peringkat DA peluang untuk bersaing di mesin pencarian Google semakin baik.

Selanjutnya, Page Authority merupakan penilaian dari mesin pencari tentang seberapa berkualitasnya suatu halaman (Page). Jika DA mengecek keseluruhan domain, maka PA hanya mengecek pada skala halamannya saja.

4. Moz Link Explorer

moz backlink checker

Cara mengecek backlink website melalui Moz Link Explorer cukup memasukkan URL website pada bilah pencarian. Lalu, secara otomatis akan keluar informasi tentang tautan ke URL terkait. 

Anda akan melihat sajian informasi tentang tautan masuk, anchor teks yang digunakan, otoritas halaman yang menghubungkan, dan bahkan skor spam. Moz Link Explorer menawarkan fasilitas bagi Anda terkait berikut ini.

  • Pencarian potensi backlink
  • Memperbaiki tautan yang rusak
  • Melihat tautan baru/hilang
  • Mengamati backlink kompetitor
  • Menemukan peluang membangun backlink
  • Analisis anchor teks 
  • Data tautan untuk membuat konten lebih baik

5. Semrush

cara mengecek backlink website kompetitor

Semrush akan membantu Anda menemukan cara untuk mengalahkan kompetitor dalam hasil pencarian. Anda dapat melacak beberapa situs web kompetitor sekaligus dan mempelajari tentang pihak yang menguatkannya.

SEMrush menjadi pemandu bagi Anda untuk melihat backlink yang mengarah ke domain Anda. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Anda dapat melakukan analisis tautan mendalam, meliputi:

  • Melihat Jumlah Backlink
  • Mengetahui Otoritas Domain Sumber Backlink
  • Melihat Anchor Teks pada Backlink
  • Melihat URL serta Judul Halaman yang Menghubungkan
  • Mengetahui Asal Tautan (Secara Geografis).

Penutup

Demikian manfaat dan beberapa rekomendasi cara mengecek backlink website agar website Anda terpampang pada halaman pertama mesin pencarian. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar