10+ Tips Memilih Jasa Penulis Artikel yang Terbaik

Jasa penulis konten yang terampil akan sangat membantu mempromosikan bisnis, yakni membuat tulisan marketable pada platform atau media sosial pemasaran. Banyak penawaran jasa penulisan berbasis SEO, bagaimana tips memilih jasa penulis artikel yang berkualitas?

Untuk mendapatkan suatu jasa penulis artikel yang berkualitas apalagi dengan budget yang terjangkau, tentu tidaklah mudah. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan tips memilih jasa penulis artikel dengan teliti.

Tips Memilih Jasa Penulis Artikel

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan satu tulisan artikel sangatlah bervariasi. Tergantung pada harga tiap kata serta tingkat kesulitan yang dipatok penulis. Oleh karena hal itu, Anda perlu mengetahui berbagai kriteria dalam memilih jasa penulis artikel lepas.

Anda bisa saja mendapatkan jasa penulis dengan mudah, dan bebas memilih yang dirasa sesuai. Namun, penting sekali untuk tetap memperhatikan unsur kualitas sebagai pertimbangannya. Berikut ini tips memilih jasa penulis artikel yang tepat.

1. Cari dan Kunjungi Website Penyedia

Dalam mesin pencarian pasti banyak Anda temui website yang menawarkan jasa penulis artikel online yang dapat membantu keinginan Anda. Tentunya tiap penyedia jasa mempunyai berbagai keunggulan dan fasilitas yang ditawarkan masing-masing.

Umumnya penyedia jasa berkualitas akan muncul dengan peringkat bintang yang baik. Sebagai tips memilih jasa penulis artikel Anda bisa mengunjungi website jasa tersebut untuk mengetahui keunggulan dan fasilitas yang bisa Anda peroleh.

2. Bandingkan Layanan dari Penyedia Jasa

Jangan langsung mengambil keputusan untuk menggunakan jasa penulis artikel pilar tanpa melakukan perbandingan terlebih dahulu. Jika demikian, Anda tidak akan bisa mengetahui kelebihan serta kekurangan dari penyedia jasa yang satu dengan lainnya.

Baca juga:  Ukuran KTP Standar Indonesia dan Dunia dalam MM, CM, Pixel

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bandingkan sebelum menentukan pilihan. Tips memilih jasa penulis artikel, sesuaikanlah kebutuhan Anda dengan berbagai penawaran yang menguntungkan. Namun, jangan terlena untuk memperhatikan kualitas dari tulisan.

3. Telaah Portofolio Penyedia Jasa

Tips memilih jasa penulis artikel selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yakni memeriksa daftar portofolio dari jasa yang akan Anda gunakan. Portofolio akan memperlihatkan kualitas yang berhubungan dengan pengalaman serta jam terbang dari penulis tersebut.

Artinya, semakin banyak pengalamannya, maka kualitas tulisan artikel jurnal maupun artikel online pun semakin baik. Namun, disini Anda juga harus memastikan bahwa portofolio tersebut asli dan bukan rekayasa dari penyedia jasa penulisan artikel.

Jika diperlukan Anda juga semestinya berkonsultasi dengan penyedia jasa, mengenai artikel yang akan Anda pesan. Agar penyedia jasa bisa mengerti tanpa ada kesalahpahaman jenis artikel yang Anda perlukan.

4. Memiliki Basis Usaha

Dalam penawaran jasa penulis artikel SEO Anda harus memastikan penyedia mempunyai basis usaha untuk pasar dari produk artikel yang dibuat. Apabila Anda ingin menyewa penulis online secara individu, akan lebih baik jika jasa bukan berdiri secara personal.

Lantas bagaimana tips memilih jasa penulis artikel ? hal ini dapat Anda percayakan kepada basis penyedia freelancer yang menjadi pihak ke 3 untuk menghubungkan Anda dengan penulis yang nantinya akan memenuhi kebutuhan artikel. 

Sehingga dengan demikian, akan ada penanggung jawab resmi jika terjadi masalah. Namun jika memang Anda sudah yakin memilih jasa penulis secara pribadi. Baik itu melalui penulis tersendiri atau jasa penulis artikel blog, pastikan Anda bisa mempercayakan secara langsung.

5. Pastikanlah Bukan Spinner atau Plagiasi

Dari banyaknya penyedia jasa penulis yang sudah tersebar, tidak jarang banyak pula yang memanfaatkan momen dengan melakukan hal yang menyimpang. Ada saja jasa penulis abal-abal yang mengaku sebagai jasa penulis artikel berkualitas.

Baca juga:  Dampak Buruk Artikel Spinner: Resiko Etika dan Realita

Yang mengerikan adalah menipu klien dengan tidak mengerjakan artikel yang dipesan padahal klien sudah membayar. Ada lagi kasus, jasa yang memberi hasil artikel dari proses plagiat, yang kemudian hanya mengubah tulisan tersebut dengan tools spinner.

Perlu Anda perhatikan tips memilih jasa penulis artikel adalah proses pembuatan artikel manusia dan robot pasti berbeda, hasil artikel dengan spinner masih terbilang acak-acakan terkait dengan pemilihan kata dan struktur bahasanya. 

Anda akan mengetahui hal ini apabila cek portofolio atau sampel dari artikel yang telah dibuat dengan saksama. Cara lain bisa juga melihat ulasan dari para pengguna lainnya. Jadi, saat hendak memesan artikel, jangan langsung memesan dalam jumlah yang banyak.

6. Biaya Jasa Penulis

Berkaitan dengan harga, masing-masing penyedia jasa tentu memberi penawaran dan layanan yang variatif. Ini bergantung pada jumlah kata, jenis artikel, rekomendasi yang dipesan dan sebagainya.

Beberapa penyedia jasa penulis ada yang menawarkan harga murah, namun banyak juga yang mematok tarif mahal. Kuncinya, Anda jangan terlalu tergiur dengan harga yang ditawarkan, karena yang paling penting tentu adalah kualitasnya.

Tips memilih jasa penulis artikel pastikan bahwa harga dan kualitas artikel sepadan. Anda bisa mencari referensi harga dari pihak jasa lain, kemudian membandingkannya. Untuk menentukan harga Anda dapat mengaitkan faktor lain, seperti halnya fasilitas dan garansi.

tips memilih jasa artikel terbaik

7. Kebijakan Koreksi (Revisi)

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil proyek kerjasama bersama jasa penulisan artikel, pastikan terdapat kesepakatan terkait kebijakan koreksi. Penulis paling berpengalaman pun biasanya akan mengenakan biaya untuk perubahan kecuali jika itu adalah kesalahan penulis. 

Pastikan kebijakan koreksi secara langsung sebelum Anda mulai bekerja sama. Beberapa kebijakan umum yang harus diperhatikan seperti kerangka waktu yang diperlukan untuk koreksi jika terdapat kesalahan atau perubahan signifikan.

Baca juga:  Cara Menjadi Penulis Lepas dan Hasilkan Income Tambahan

Semisal, semua pekerjaan diterget final setelah tiga hari, atau jalan lain bahwa penulis akan memberikan satu produk yang direvisi setiap minggunya.

8. Perhatikan Garansi

Saat Anda memilih jasa penulis artikel, jangan sampai terlewat memperhatikan garansi yang tersedia pada layanan yang ditawarkan. Pasalnya terdapat beberapa pihak penyedia jasa artikel yang tidak menawarkan garansi dalam pembuatan artikelnya.

Jika Anda bertemu dengan penyedia jasa artikel yang tidak memberikan garansi, sebaiknya Anda hindari sebisa mungkin. Carilah penyedia jasa yang menyediakan jaminan atau garansi, tujuannya saat ada masalah Anda bisa meminta pihak penyedia jasa untuk merevisinya.

9. Komunikasi Secara Profesional

Pada era ini ketika Anda memerlukan jasa penulis artikel, pastinya tidak perlu mencari secara offline. Akan lebih cepat jika Anda bisa mencarinya secara online. Hal ini menghemat waktu, namun perlu diingat untuk memilih tidak bisa sembarangan.

Oleh karena itu carilah jasa yang tergolong profesional. Bukan hanya itu, pastikan bahwa jasa tersebut bisa melakukan komunikasi secara baik dan tanggap pula. Baik itu berkomunikasi melalui telegram, whatsapp ataupun melalui e-mail.

10. Pengetahuan Tentang Produk

Jika penyedia tampaknya tidak peduli dengan produk dan layanan Anda, dan hanya ingin menulis untuk Anda, itu pertanda bahwa penyedia tidak serius memahami. Ini yang harus Anda hindari.

Penutup

Berdasarkan tips memilih jasa penulis artikel yang telah dipaparkan, besar harapan Anda dapat menentukan penyedia yang berkualitas sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda butuh jasa penulis artikel, pastikan pilih SIPWriter ya!

Tinggalkan komentar