Content Placement Adalah? Ini Penjelasannya

Content placement atau biasa dikenal dengan nama lain SEO placement tentu tidak asing bagi pada blogger yang sudah mengelola blognya dalam kurun waktu lama, dan juga bagi Anda yang bekerja dalam dunia digital marketing. Lalu sebenarnya content placement adalah apa?

Bidang industri apapun, semua jenis bisnis dapat mengambil manfaat dari strategi Content Marketing yang progresif. Di era digital SEO placement adalah salah satu komponen paling berpengaruh yang menjadi sebagian besar strategi pemasaran digital.

Majalah Forbes mengklaim bahwa konten akan selalu menjadi raja. Konten dengan cepat bergerak melesat melewati pemasaran, dan menjadi bagian dari teka-teki yang merupakan cara individu berinteraksi dengan pergerakan dunia di sekitar mereka.

Apakah Content Placement Itu?

Content placement adalah bagian dari tren strategi pemasaran dalam garapan bisnis secara online sekaligus praktik SEO website terkini. Praktisi humas dan marketing pada umumnya sudah memahami tren penempatan konten ini dalam dunia digital marketing.

Secara istilah dan aplikasinya, SEO placement adalah publikasi konten artikel pada website/blog orang lain untuk membangun reputasi online dan backlink (link mengarah ke website Anda). Dalam artikel tersebut akan ditempatkan tautan mengarah ke website Anda. 

Jasa backlink blogspot merupakan faktor SEO yang cukup penting untuk sebuah web. Secara spesifik pemaknaan content placement adalah mempublikasikan konten pada media atau platform publik diluar website Anda. 

Sifatnya dimaksudkan untuk mempromosikan bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan penyedia jasa share link atau situs buzzer platform yang menawarkan untuk menerima content placement itu sendiri.

Baca juga:  Apa itu SSL dan Cara Mendapatkan SSL Gratis

Manfaat Content Placement

Content placement adalah strategi marketing yang identik dengan paid post, advertorial, iklan berbayar, dan sponsored post. Yang menjadi ciri utama artikel content placement adalah terdapat link yang mengarah pada website, brand, atau produk tertentu.

Manfaat content placement tentu sangat banyak. Beberapa yang menjadi incaran utama adalah strategi bisnis untuk bisa meningkatkan traffic website, trust, citra, dan pastinya SEO (Search Engine Optimization).

Konsep kerjasama content placement adalah simbiosis mutualisme. Artinya dapat menguntungkan kedua belah pihak yang bertransaksi. Banyak perusahaan yang melakukan promosi produknya dengan membuat iklan pada blog atau situs yang menjadi target pasaran.

Tidak seperti iklan display atau banner yang kurang menarik bagi pengguna internet, SEO placement lebih user friendly karena menampilkan konsep penyajian lebih halus berupa artikel atau content writer sehingga tidak terkesan sebagai iklan.

Banyak perusahaan atau penyedia jasa backlink indonesia dan pemasang SEO placement bahkan tidak menyebutkan nama brand dari produk namun merekomendasikan pembaca agar membeli secara langsung.

Manfaat_content_placement

Syarat Situs Content Placement

Sebuah perusahaan yang akan memasang iklan pastinya tidak akan sembarangan memilih blog atau website untuk content placement-nya. Pihak terkait akan memilih website ataupun situs yang memiliki banyak pengunjung dan angka popularitas tinggi.

Nah, beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi ruang content placement adalah :

  • Memiliki traffic blog yang baik 
  • Sering mengupdate postingan terbaru
  • Tidak tergolong situs spam dalam pandangan search engine
  • Mempunyai basis pengunjung yang ramai
  • Postingan konten orisinil (bukan plagiasi karya orang lain)
  • Memiliki PA dan DA dengan memenuhi ketentuan syarat lengkap, 
  • Konten situs sejalur dengan perusahaan pemasang iklan.

Kerjasama pada umumnya berupa iklan yang siap dipublikasikan pada blog atau website tersebut. Pengelola website akan mendapatkan keuntungan, yakni profit yang telah menjadi kesepakatan antara kedua belah pihak.

Baca juga:  Tools Cek Ranking Website dengan Fitur Terbaik

Meskipun kerjasama bersifat online, perjanjian harus tetap jelas dan teradministrasi dengan baik, hal ini bisa dilakukan dengan penandatanganan lembar MOU. MOU bertujuan sebagai bukti otentik dari kedua belah pihak, bilamana akan terjadi sesuatu yang kurang tepat.

Keuntungan Content Placement

Meskipun tujuan inti dari content placement adalah untuk mempromosikan keberadaan merek bisnis, namun jangan dilewatkan manfaat lainnya. SEO placement tidak melulu peningkatan instan penjualan merek, ada hal hebat melalui strategi digital marketing jenis ini.

Anda akan melihat betapa berharganya SEO placement bagi sebuah perusahaan, dan ini akan menjadi sarana dari penerapan strategi pemasaran.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan modal strategi untuk mendorong situs website mendapat peringkat di halaman pertama mesin pencarian. Percaya maupun tidak, nyatanya SEO bisa menjadi sahabat content placement dan sebaliknya. 

Agar peringkat website perusahaan Anda meningkat secara natural, Anda harus mendapatkan backlink dengan reputasi baik dari situs content placement indonesia. Tautan tersebut harus mampu mempengaruhi pengguna masuk ke website bisnis Anda. 

SEO bermanfaat untuk membuat Google kemudian melihat akun Anda sebagai bisnis penting, karena itu meningkatkan otoritas domain Anda. Otoritas domain adalah skor peringkat mesin pencari yang memprediksi seberapa baik website pada mesin pencari. 

Semakin tinggi skor, maka semakin tinggi peluang bahwa situs Anda akan mendapat peringkat dan dilihat orang di hasil pertama halaman pencarian.

2.  Traffic Website

Seperti backlink menunjang SEO, tautan juga mendukung peningkatan traffic website. Ketika artikel tersebut sangat relevan secara kontekstual, serta memiliki tautan ke situs bisnis maka Anda akan melihat arus deras traffic melalui Google Analytics. 

Semakin banyak situs web berkualitas tinggi yang memberi tautan menuju situs Anda, semakin banyak pula traffic yang dapat Anda peroleh. Oleh karena itu, semua brand berharap peningkatan eksposur kepada pelanggan potensial dengan share tautan. 

Baca juga:  Mediumish Wordpress Theme (Review Lengkap!)

Membangun tautan melalui SEO placement dapat pula membangun kredibilitas merek di mata konsumen. Jika merek dirujuk oleh situs perusahaan yang berpengaruh, pembaca lain akan memandang merek Anda dengan kualitas yang sama.

3. Konten Iklan

Iklan dan content placement berjalan bersama. SEO placement adalah alat yang memungkinkan Anda membuat iklan dari sebuah artikel di situs pihak ketiga, dan Anda akan dapat melihat dampak berbeda. 

Ketika Anda membicarakan bisnis Anda memiliki sesuatu yang hebat, jelas akan berbeda hasilnya, jika pihak ketiga yang memiliki otoritas berbicara bahwa bisnis Anda memiliki memang sesuatu yang hebat.

Jadi saat SEO placement dibuat di platform pihak ketiga, dan Anda mengiklankan melalui media sosial, Anda akan mendapat sesuatu yang lebih berarti dalam hal ini. 

content placement indonesia

4. Kepercayaan Konsumen

Cara yang baik untuk meningkatkan fungsi content placement Anda adalah melalui tab menu ruang berita di situs Anda, atau hal sederhana seperti “As Seen On …” disertai dengan nama publikasi. 

Menaruh bagian ini dalam website Anda, sepenuhnya dimaksudkan untuk penempatan situs Anda dengan citra baik untuk menyoroti merek lain yang telah menyebutkan atau merujuk produk Anda.

Segera setelah pengunjung dapat sepenuhnya mempercayai merek Anda, saat itulah mereka akan tertarik membeli produk Anda.

Penutup

Sekarang Anda sudah memahami bahwa content placement adalah strategi yang ampuh dalam digital marketing bukan? Segera manfaatkan taktik ini.

2 pemikiran pada “Content Placement Adalah? Ini Penjelasannya”

Tinggalkan komentar