SEO Off Page: Meningkatkan Authority Website

Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, Teknik SEO bisa diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.

Teknik SEO On Page tentu sudah anda ketahui. Anda pun bisa melakukannya secara penuh, karena dilakukan di dalam website anda sendiri. Mulai dari pembuatan artikel yang SEO Friendly, navigasi yang jelas, hingga internal link yang baik.

Sebelum membahas langkah optimasi SEO Off Page, penting anda tahu kenapa sih SEO Off Page itu penting?

Pentingnya SEO Off Page

Pada dasarnya, analogi paling sederhana dari SEO Off Page adalah, “Bagaimana cara website anda diakui oleh netizen Google dan mesin pencarian Google.”

Maka dari itu, dengan pengalaman yang saya miliki, saya bisa mengatakan, “SEO Off Page memiliki pengaruh 40% dari kekuatan website anda.”

1. Domain dan Page Authority

Domain authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah sebuah ukuran kuantitatif dari kekuatan SEO domain website. Kenapa saya bilang kuantitatif?

Karena dua hal itu dihitung bukan dari aspek kuantitas traffic yang ada. Sehingga bisa dimanipulasi dengan cara yang negatif, seperti link building yang ngawur.

Bisa dikatakan: DA dan PA bisa saja jadi patokan, tapi bukan patokan mutlak. Karena banyak juga yang DA dan PA-nya tinggi, namun rank alexa-nya tidak.

Hal itu biasanya dikarenakan sebuah website dibangun oleh backlink yang buruk.

2. Google Merayapi Lewat Link

Kata orang-orang, website itu dirayapi Google lewat website lain (link dari website lain/backlink). Dengan sedikit pengalaman, saya membenarkannya.

Karena memang, dengan suntikan backlink dari website yang relevan, ber-traffic, Dofollow, serta anchor text yang tepat, website anda bakalan gampang dijangkau Google dan mudah menjangkau tempat yang mulia, yaitu page one.

3. Analogi Sederhana Search Engine Google

Sederhananya, dengan proses optimasi SEO Off Page adalah teknik untuk memperkenalkan website anda dalam dunia Google. Semakin website anda dikenal (di lingkungan sejenis), maka semakin tinggi otoritasnya.

Ibarat manusia, semakin ia memiliki banyak kenalan (relasi), maka semakin gampang ia mendapat tempat di suatu lingkungan. Website atau blog ternyata juga seperti itu.

Gampang! Strategi SEO Off Page yang Sederhana

Setelah ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang strategi SEO Off Page yang mungkin bisa anda coba. Cara-cara ini mungkin akan terlihat sederhana, karena saya dasarkan pada pengalaman saya sendiri.

1. SEO Off Page itu Butuh Waktu

Dasaran yang perlu anda tanamkan dalam hati adalah, “Untuk mencapai authority yang tinggi secara natural dan real itu butuh waktu.”

Jadi, nggak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, saya bisa menyimpulkan jika SEO Off Page merupakan hasil dari usaha dan kesabaran dalam menanam sedikit demi sedikit backlink kontekstual yang natural dan berkualitas.

Jika anda sudah paham bahwa SEO Off Page itu butuh waktu, waktunya anda berlanjut pada tahap yang selanjutnya. Yaitu: Link Building.

2. Link Building

Singkatnya, link building adalah proses membangun link dari website lain yang mengarah ke website kita. Link building bisa kita sebut dengan menanam backlink.

Ada hal yang perlu anda perhatikan dalam membangun backlink, di antaranya adalah:

  • Relevansi topik dari sumber backlink
  • Anchor teks yang sesuai dengan url yang kita berikan backlink
  • Backlink dari Website bertraffic
  • Backlink dari website yang ber DA dan PA tinggi
  • Seimbangkan Dofollow dan Nofollow

Lima hal di atas harus anda perhatikan baik-baik. Jangan sampai langkah link building ini malah menjadi senjata makan tuan. Karena bisa salah, backlink malah akan merusak authority website anda di mata SERP Google.

Sembari melakukan link building pelan-pelan, anda harus melakukan optimasi On-Page pula. Seperti:

  • Membuat artikel SEO Friendly secara berkala
  • Memperbaiki navigasi website
  • Mengusahakan peningkatan traffic secara natural
  • Menghindari cara-cara berisiko dalam meningkatkan authority website
  • Jangan melawan aturan Google

Proses link building bisa anda lakukan dengan cara guest post, menanam link di website profile, comment yang relevan, dan mencari sumber backlink yang benar-benar aman.

3. Berbagi Sosial Media

Salah satu sumber traffic adalah media sosial. Memang sih, Google sama sekali tidak menjadikan media sosial sebagai indikator naiknya authority.

Namun, meski demikian dengan banyak pengunjung organik dari sosial media, minimal anda bisa meningkatkan otoritas website dari rendahnya bounce rate. Maka dari itu, terus perbaiki kualitas konten sehingga nyaman dinikmati oleh pembaca.

  • Perhatikan kecepatan website
  • Berikan gambar penunjang
  • Kalau perlu buat infografik yang elegan
  • Pastikan buat kalimat yang nyaman dibaca

4. Aktif di Forum dan Lomba

Forum diskusi adalah salah satu sumber traffic. Maka harus anda manfaatkan. Meski linknya no-follow, minimal anda bisa mendapatkan satu atau dua pengunjung organik. Itu lebih dari cukup untuk sedikit meningkatkan kualitas website anda.

Memang dari segi CPC Adsense, pengunjung dari media sosial memang ber-CPC kecil. Namun, dalam rangka melakukan optimasi SEO Off Page, saling berbagi dan berkunjung lewat forum diskusi sangat penting anda lakukan.

Selain itu, anda bisa membangun authority lewat perlombaan website atua blog. Dampaknya memang tidak langsung, tapi minimal website anda dapat mengoleksi banyak pengalaman.

5. Daftarkan di Platform Lain

Penting bagi anda untuk mengaplikasikan website ada pada Google Search Console. Anda juga bisa mendaftarkan pada Google Bisnisku. Tentu, selain itu masih banyak platform yang bisa anda masuki.

Jika ada input link, kebanyakan memang link no-follow sih. Namun untuk meningkatkan authority dan traffic, cara ini bisa dikatakan sangat membantu.

Anda juga bisa mendaftarkan website anda pada listing blog lain. Sehingga anda bisa mendapatkan backlink dan kredibilitas. Kalau nggak gitu, anda bisa bekerja sama pada website lain yang bisa mereview website anda.

Pada dasarnya, optimasi SEO Off Page berfungsi untuk meningkatkan otoritas dan kredibilitas website anda. Entah itu di mata pengunjung organik, maupun SERP Google. Namun, lebih penting anda memahami, jika hal itu harus dilakukan dengan sabar dan tidak sembarangan.

3 pemikiran pada “SEO Off Page: Meningkatkan Authority Website”

Tinggalkan komentar

Open chat