ChatGPT Open AI? Komitmen SIPWriter Menghadapi Kecerdasan Buatan

Ribuan bahkan jutaan pengguna internet dibuat takjub dengan kemunculan ChatGPT Open AI. Sebuah teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) berjenis chatbot yang dapat menjawab berbagai bentuk perintah.

Viralnya ChatGPT tidak lepas dari kecanggihannya dalam artikel secara cepat, instan, dan gratis.

Kita tentu tahu, artikel adalah nyawa dari konten di internet. Standarnya, artikel dibuat oleh manusia (blogger, tim media, dan lain-lain) untuk dibaca oleh orang lain saat mengakses internet.

Oleh karena ChatGPT dapat membuat artikel layaknya seorang penulis, akhirnya banyak blogger dan content creator internet mengambil jalan instan menggunakan teknologi ini. Tapi ….

ChatGPT Tidak Sepenuhnya Akurat 100%

Jika kita lihat di website ChatGPT-nya sendiri, tertulis dengan jelas jika salah satu kelemahan teknologi ini adalah: “ChatGPT sometimes writes plausible-sounding but incorrect or nonsensical answers.”

open-ai

Meski terdengar masuk akal, artikel hasil tulisan ChatGPT Open AI tetaplah disusun atas algoritma bahasa pemrograman. Sehingga kebenaran, keabsahan, atau validitasnya tidak dapat dipercaya 100%.

Kerangka bangunan artikel disusun didasarkan pada struktur program tertentu, sehingga terkadang atau sering kali menyesatkan.

Perlu diakui, teknologi ChatGPT belum sempurna…

ChatGPT Open AI dan Spinner Artikel

Pemrograman dua teknologi ini memang beda. Mungkin dapat dikatakan sangat berbeda.

Banyak orang yang meng-klaim jika ChatGPT jauh lebih sempurna ketimbang Spinner artikel. Namun, dari sisi esensi tetaplah sama, yaitu: memproduksi artikel instan lewat sebuah tools.

Bahkan artikel hasil ChatGPT juga dapat dicek apakah itu hasil dari chatGPT lewat ChatGPT juga. Program ChatGPT akan jujur memberikan informasi apakah dia menulis atau tidak artikel yang Anda cek.

Baca juga:  Pancajiwa Seorang Blogger agar Berhasil Nge-Blog

Tidak heran jika ada kemungkinan plagiasi tinggi. Meskipun hal tersebut dapat diatasi dengan tools lain. Teknologi yang membuat pekerjaan menjadi sangat instan, hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi itu gratis.

Komitmen SIPWriter

Sebagai jasa penulis artikel, SIPWriter berkomitmen semaksimal mungkin melahirkan artikel-artikel yang dibuat langsung oleh manusia lewat buah pikir otak manusia secara langsung. Tools yang dipakai ya hanya Microsoft Word atau Google Docs.

Bahkan kami memberikan aturan ketat pada penulis untuk:

  • Menulis secara manual dan orisinal dari otak langsung
  • Tidak menggunakan tools bantuan menulis (spinner artikel, rewriter, chatbot, dan lain-lain)
  • Menulis berdasarkan sumber yang jelas dan dapat dipecaya (tidak boleh sembarangan menulis)
  • Menulis dengan asas komunikatif untuk menghasilkan artikel yang nyaman dibaca manusia

Kami berani menjamin susunan artikel dirancang langsung oleh otak manusia. Pilihan diksi dan kalimat memiliki ciri khas buatan manusia. Masih hangat tertoreh dari tangan-tangan penulis kami.

Karena bagi SIPWriter, tidak semua penulis bekerja untuk uang saja, tapi ada yang memang passion dalam dunia tulis menulis untuk sekedar meluangkan waktu dna  berbagai sembari menghasilkan profit dari hobi.

SIPWriter Tidak Buat Jasa Artikel dari ChatGPT

Kami yakin, meski chatGPT dapat membantu membuat artikel lebih cepat dan mudah, pasti ada orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk menggunakannya. Sehingga, butuh jasa menyusun artikel lewat ChatGPT.

Kami tegas, tidak membuat layanan seperti itu.

Keterbatasan teknologi chatGPT kami rasa belum dapat menandingi orisinalitas, naturalitas, dan kualitas artikel yang dibuat langsung oleh penulis kami. Meskipun kadang ada beberapa kesalahan (typo, salah diksi, kalimat berulang, kalimat membingungkan), itu dapat direvisi secara gratis.

Kenaturalan artikel yang diproduksi langsung oleh otak manusia memang memiliki kelemahan. Tapi kelemahan itu dapat menjadi kelebihan.

  • Kesalahan yang manusiawi memberikan isyarat bahwa artikel masih butuh membuka ruang diskusi dan revisi
  • Kadang, kesalahan tersebut dapat menjadi indikator bahwa artikel memang ditulis dari 0
  • Sejauh pengalaman kami, artikel natural yang ditulis sendiri dari 0 itu jauh lebih SEO Friendly ketimbang artikel hasil spinner atau chatGPT
Baca juga:  33+ Judul Artikel yang Menarik dan Tips Membuatnya

Kami kembali tegaskan, SIPWriter hanya melayani pembuatan artikel dari manusia untuk manusia. Kami mungkin membuka layanan buat artikel dari chatGPT Ketika chatGPT menjamin 100% kebenaran artikel yang dibuatnya.

SIPWriter tetap teguh, komitmen, dan berpegang sepenuhnya pada prinsip orisinalitas, kenaturalan, kerapian, dan SEO Friendly sedari awal berdiri dan tidak berubah hingga saat ini (meski banyak teknologi pembuat artikel yang berkembang).

Kami Tidak Memaksa

Artikel adalah nyawa dari konten digital (apalagi di search engine). Kami yakin, nyawa yang baik akan menghasilkan kualitas konten yang baik. Tentu juga akan berdampak baik bagi pembacanya ke depannya.

Ya, memang itu orientasi search engine seperti Google. Sehingga ada istilah search intent, dimana artikel memang dibuat dari, oleh, dan untuk kebaikan pengguna.

Artikel yang dihasilkan dari teknologi mesin yang memiliki keterbatasan tidak akan melahirkan user intent yang baik. Tentu hal itu bertolak belakang dengan tujuan dari search engine itu sendiri. Namun….

Kami nggak maksa…

Mau pakai chatGPT Open AI atau chatbot yang lain monggo, kalau nggak juga monggo. Ini kembali ke keputusan masing-masing.

SIPWriter berpendapat, “1 artikel yang dibuat dari tangan dan pikiran Anda sendiri itu lebih baik ketimbang 1000 artikel yang diproduksi oleh chatGPT atau tools artikel instan lainnya,”

Ya, itu hanya pendapat.

Kasian para user yang membaca artikel di blog Anda saat mereka termakan oleh informasi yang kurang akurat. Itu juga bakalan berdampak pada eksistensi website Anda. Saran kami, pikirkan matang-matang saat membuat konten apapun, jangan hanya berpikir instan dan gratisnya aja.

Proyeksi SIPWriter Ke Depan

SIPWriter mengakui kurang gesit dan mantap melayani beberapa waktu terakhir ini, kami meminta maaf jika hal tersebut membuat Anda kurang nyaman.

Baca juga:  10+ Tips Memilih Jasa Penulis Artikel yang Terbaik

Ke depan, SIPWriter akan membangun kembali manajemen pelayanan yang lebih baik dan terstruktur dengan tetap mengedepankan asas kepraktisan, kenyamanan, dan efisiensi pelayanan.

Kami meminta doa dan dukungan agar SIPWriter dapat kembali maksimal melahirkan artikel-artikel berkualitas yang terjangkau harganya, sehingga Anda tidak sempat berpikir untuk memilih tools artikel instan yang kurang baik untuk perkembangan website Anda.

 

Salam hangat dan semangat! 💕

SIPWriter.

Tinggalkan komentar