Cara Menjadi Penulis Lepas dan Hasilkan Income Tambahan

Bekerja sesuai dengan hobi merupakan salah satu impian bagi seseorang. Siapa sih yang nggak mau ‘ngerjakan apa yang disukai dan dapat uang.’ Salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang adalah penulis lepas. Nah, bagaimana cara menjadi penulis lepas?

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, jangan sia-siakan bakat tersebut. Kembangkan hingga di berbagai ranah, salah-satunya adalah pekerjaan. Boleh jadi, Anda bisa hidup dengan menulis.

Beberapa peluang pekerjaan yang bisa Anda hasilkan dari menulis adalah:

  • Freelancer writer (penulis lepas)
  • Menulis buku (fiksi/non-fiksi) dijual
  • Penulis di portal koran offline (jawa pos, kompas, dan sejenisnya)
  • Jadi kontributor di kanal Online
  • Jadi blogger atau writer influencer

Pada dasarnya, Anda bisa memilih banyak pekerjaan dengan pondasi ‘menulis’. Namun kali ini, kami hanya akan menjelaskan tentang penulis lepas (freelance writer). Bagaimana cara menjadi penulis lepas, apa tugasnya, bagaimana prospek keuangannya. Check this up!

Mengenal Penulis Lepas (Freelance Writer)

Tahu nggak sih, penulis lepas adalah salah satu pekerjaan online yang menghasilkan pendapatan yang banyak. Alasannya, “Karena banyak orang yang butuh penulis.” Bukan hanya untuk kepentingan eksis saja, tulisan adalah konten paling dasar dalam SEO (terutama Google Penelusuran).

Sehingga, jantung dari sebuah bisnis online boleh dikatakan adalah ‘artikel’. Maka dari itu, penulis sangatlah dibutuhkan. Namun jasa penulis online itu berbeda dengan penulis-penulis buku.

Penulis lepas adalah orang yang dibayar untuk menulis sebuah artikel untuk satu kepentingan tertentu. Entah itu, untuk strategi pemasaran online (copywriting), penulisan artikel SEO untuk persaingan search engine result pages (SERP), atau untuk branding sebuah layanan jasa dan produk.

Penulis lepas adalah orang yang berada di balik layar untuk menghasilkan produk tulisan yang tertarget dan berkepentingan material. Jika boleh jujur, freelancer writer adalah penulis bayaran, bekerja karena dibayar, dan “bukan” karena kesenangan (hobi).

Kami beri tanya “” (petik) karena mungkin saja relatif. Namun setahu kami, semua penulis lepas, memiliki motivasi uang. Sehingga, konsekuensinya adalah, ‘tulisan yang dibuat tidak manusiawi atau sulit dipahami. Karena menulis bukan untuk manusia tapi untuk SERP.’

Macam-macam Penulis Lepas (Freelance Writer)

Setidaknya, Anda bisa memilih satu dari 10 jenis penulis lepas (freelance writer) secara online. Semua macam-macam tersebut, kami bedakan dari jenis atau produk tulisan yang dikerjakan.

1. Penulis Blog

Pertama dan yang paling umum, penulis blog. Anda bisa mencari lowongan penulis freelancer blog ini di berbagai situs freelancer. Penulis adalah salah satu pekerjaan yang populer di situs freelancer setelah desain grafis.

Selain itu, Anda bisa melamar di jasa penulis artikel online. Salah satunya adalah SIPWriter yang di beberapa kesempatan merekrut penulis baru untuk membantu mengerjakan banyak project artikel.

  • Spesifikasi Kerja: Penulisan Artikel SEO, blog perusahaan, dan konten tertarget SEO
  • Bayaran: Rp10-200 rupiah per kata (tergantung project)
  • Skill: paham teknis SEO, bisa ketik cepat, kemampuan mengolah kata

2. Penulis Copywriting

Jenis penulis lepas yang selanjutnya adalah copywriter. Seringkali, pekerjaan ini ada berguna untuk mengisi tulisan di halaman utama website atau landing page. Copywriter adalah seorang penulis yang mampu menciptakan kata-kata yang bisa menghipnotis pembaca.

Akhirnya, dari kata-kata tersebut, bisa terjadi konversi bisnis. Entah itu, memesan jasa, membeli produk, atau melakukan apa yang ditargetkan oleh pemilik website. Tentu saja, bayaran yang diterima akan jauh lebih besar.

  • Spesifikasi Kerja: Mengolah kata-kata untuk landing page atau laman penjualan
  • Bayaran: Rp50-2000 per kata (tergantung project)
  • Skill: Paham ilmu copywriting, bisa mengolah kata yang menghipnotis

3. Broadcasting Produk

Pernah lihat penawaran di instagram? Pada bagian caption, pasti ada tulisan yang menarik. Itulah yang kami sebut tulisan broadcasting. Ternyata, ada freelancer writer yang menangani bagian tulisan tersebut.

Sehingga, bagi Anda yang sudah terbiasa membuat broadcasting, boleh deh mencoba jenis pekerjaan ini. Karena dari semua fakta yang ada, banyak sekali orang yang membutuhkan tulisan untuk broadcasting produk di instagram.

  • Spesifikasi Kerja: Menulis yang terstruktur (branding produk, sedikit copywriting, dan review produk)
  • Bayaran: Rp40-500 kata (Tergantung project)
  • Skill: Paham Copywriting dan bisa menulis dengan baik

4. Ulasan Produk (Review)

Selanjutnya, penulis lepas bisa menghasilkan tulisan ulasan produk. Dalam proses penjualan sebuah barang, untuk meningkatkan kualitas pemasaran, review tentu sangatlah penting dilakukan. Nah, hal itulah yang bisa dilakukan oleh freelancer writer.

Menulis ulasan produk itu tidak sembarangan, harus memiliki skema yang jelas. Seorang penulis haruslah benar-benar memahami kapan menempatkan sesi promosi dan ulasan riil sebuah produk. Karena review tujuannya adalah soft-selling.

  • Spesifikasi Kerja: Menulis dengan ter skema pada produk tertentu
  • Skill: paham copywriting, tahu bagaimana menulis seolah-olah berbicara jujur pada pembaca
  • Bayaran: Rp20-300 rupiah per kata (tergantung project)

5. Penulis Buku (Ghost Writer)

Berbeda dengan penulis buku umum, ghost writer lebih bertendensi pada penulis bayaran. Mereka dibayar untuk mengerjakan project menulis biografi, proyek, ataupun buku biasa. Namun, hasil bukunya diklaim oleh pemesan.

Jujur, lowongan penulis untuk ghost writer ini sedikit. Karena memang project yang tersedia tidak sebanyak artikel untuk blog atau copywriting. Namun sekali ada project, ada bayaran yang cukup besar.

  • Spesifikasi Kerja: Menulis buku
  • Skill: Membuat tulisan sesuai topik, layout buku, dan paham aturan penulisan buku
  • Bayaran: Relatif (Tergantung tebal buku, bahasa, tingkat kesulitan, dan lain-lain)

6. Translator

Bidang penulis lepas selanjutnya adalah penerjemah online. Jika Anda memilih pekerjaan ini, Anda harus memiliki kemampuan berbahasa. Tidak boleh hanya berbekal Google Translate, Anda juga harus paham grammar dan tata bahasa.

Selain itu, seorang penerjemah harus paham bagaimana cara mengkonversikan kalimat yang baik dari kalimat yang sulit dimengerti. Hal itu bertujuan agar maksud penyampaian kalimat bisa ditangkap dengan sesuai.

  • Spesifikasi Kerja: Mengalihbahasakan artikel atau bacaan
  • Skill: Kemampuan bahasa tertentu, mengolah kalimat yang baik
  • Bayaran: Rp30.000 sampai Rp200.000

7. Penulis Berita

Salah satu website yang potensial untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah adalah website berita. Portal berita dituntut bisa update artikel secepat mungkin dan bersaing dengan website lainnya.

Maka dari itu itu, portal berita butuh penulis banyak. Mereka bisa menulis setiap hari setiap ada kejadian. Entah itu kejadian lapangan maupun berita di jagat dunia maya. Penulis berita dituntut bisa menghasilkan tulisan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik Indonesia.

  • Spesifikasi Kerja: menulis berita terkini
  • Skill: bisa ketik dengan cepat, analisis fakta yang cermat, menulis dengan benar
  • Bayaran: Rp 40-500 rupiah per kata

8. Penulis Skrip Video

Banyak youtuber yang butuh script cerita atau alur video. Maka dari itu, terkadang sebuah channel youtube butuh orang yang bekerja di bagian itu. Bagi Anda yang merasa kreatif untuk dalam hal tersebut, mungkin bisa mengambil spesifikasi bidang tersebut.

Penulis script dituntut bisa menulis dengan cermat dan menghasilkan alur tulisan yang mudah dipahami. Selain itu, karena akan dikonversi menjadi video, Anda harus jelas mengatur kata-kata yang sesuai dengan ucapan verbal.

  • Spesifikasi Kerja: Menulis script video
  • Skill: Menciptakan tulisan yang kreatif dan mudah diaplikasikan dalam video
  • Bayaran: Relatif (Tergantung project yang dikerjakan)

9. Editor Tulisan

Freelancer writer yang selanjutnya adalah editor tulisan. Pekerjaan menjadi editor memang tidaklah mudah. Karena mereka dituntut untuk membaca intensif, mencari kalimat yang sulit dipahami dan membenarkan menjadi kalimat yang manusiawi.

Editor ini seringkali dibutuhkan oleh penerbit buku. Tugasnya adalah menyeleksi naskah yang hendak diterbitkan. Sehingga, tercipta buku yang tidak ada typo dan kesalahan kalimat di dalamnya.

  • Spesifikasi kerja: cek karya tulis dari segi tipografi maupun semantik
  • Skill: Benar-benar paham PUEBI, tahu bagaimana kalimat yang enak dibaca
  • Bayaran: Relatif

10. Penulis Artikel Ilmiah

Penulis lepas yang terakhir adalah penulisan artikel ilmiah. Pada dasarnya, jasa ini sangatlah pro-kontra. Karena secara tidak langsung melegalkan praktik penjualan karya ilmiah yang harusnya dibuat sendiri (karena menyangkut administratif dan gelar).

Maka dari itu, kami sama sekali tidak merekomendasikan Anda bekerja di ranah bidang ini. Meskipun sesekali memang ada orang yang butuh, namun secara hukum negara, hal tersebut seharusnya dilarang dan tidak legal.

Syarat Menjadi Penulis Lepas

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis lepas, hobi saja tentu tidak cukup. Beberapa hal yang harus Anda miliki untuk bisa menjadi freelancer writer adalah sebagai berikut:

  1. Alat (laptop, smartphone, dan koneksi internet)
  2. Mampu bekerja di bawah tekanan (deadline)
  3. Tanggungjawab yang besar
  4. Komunikasi yang baik
  5. Berpikir kreatif dan cepat
  6. Waktu yang luang dalam satu hari (Management waktu)
  7. Paham bagaimana teknis menulis
  8. Mau memahami brief yang diberikan
  9. Kuat mental dan pikiran
  10. Paham edit tulisan dalam Word ataupun Docs

Syarat di atas memang cukup agak menyeramkan, kami tidak akan menutup-nutupi. Seringkali seorang penulis lepas harus bisa melakukan banyak hal dan bekerja dibawah tekanan yang berat.

Jadi, Anda tidak boleh berpikir sesimpel, “Bekerja sesuai dengan hobi itu menyenangkan.” Jika Anda berpikir demikian, setelah jadi freelancer writer dan sudah mendapatkan banyak job, dijamin akan bosan dan ingin rehat sejenak menyusun kata-kata.

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Menjadi penulis lepas itu ‘gampang-gampang susah’. Karena memang Anda harus mau terlebih dahulu. Setelah itu, Anda harus mau mencoba melamar ataupun menawarkan jasa Anda ke orang yang mungkin saja membutuhkan penulis online.

Di bawah ini adalah langkah-langkah menjadi penulis freelancer yang bisa Anda terapkan:

1. Bergabung ke Jasa Penulis Artikel

Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah bergabung ke jasa penulis artikel online. Metode cara menjadi penulis lepas bagi seorang pemula yang satu ini adalah cara yang paling aman dan paling mudah.

Anda bisa mencari ‘lowongan penulis artikel’ di internet. Setelah itu, coba ajukan lamaran. Namun, pastikan sudah memiliki beberapa hal di bawah ini:

  1. Portofolio tulisan
  2. CV ataupun Profil
  3. Mental dan Kemauan

Jika Anda sudah punya tiga hal di atas, mulailah mulailah chat jasa penulis artikel yang membutuhkan tenaga bantuan. Jika ditolak, pastikan mental Anda siap dan mulai melamar pada jasa yang lain.

2. Pahami Dasar-dasar Menulis SEO

Sembari mendapatkan project, Anda bisa mulai untuk mempelajari banyak hal tentang artikel SEO. Anda harus memahami bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly dan tentunya unik ketika di cek di plagiarism.

Teknis SEO ini bisa Anda pelajari di beberapa website. Anda bisa langsung cari keyword ‘cara menulis artikel SEO’ di internet. Baca semua tekniknya dan mulai mempraktikkannya sedikit demi sedikit.

3. Bergabung di Komunitas Kepenulisan

Tips yang kedua adalah mulai bergabung di komunitas kepenulisan, entah itu di Facebook maupun di platform sosial lainnya. Dengan bergabung di komunitas, Anda akan mendapatkan informasi tentang dunia freelancer writer.

Tidak mustahil pula, Anda bisa mendapatkan project di komunitas tersebut. Cobalah update dan kuatkan branding Anda sebagai seorang penulis freelancer. Sesekali, Anda perlu memberanikan diri melamar pada seseorang yang butuh penulis.

4. Terus Belajar dan Mengembangkan Diri

Satu hal yang seringkali dilupakan oleh seorang penulis online adalah ‘optimasi skill’. Hal itu dilupakan karena seseorang tidak bisa menyempatkan waktu untuk sekedar membaca skill baru. Mereka yang sudah terlalu banyak project, kadang lupa untuk mengembangkan diri.

Sehingga, kemampuan menulisnya hanya stag di situ-situ saja. Dijamin, lama-lama juga akan membosankan. Perkembangan zaman membutuhkan orang yang mudah beradaptasi, maka dari itu, jangan lupa mengembangkan diri dan terus belajar.

5. Buat Blog untuk Promosi

Langkah selanjutnya adalah membuat blog atau website untuk promosi. Anda bisa menawarkan artikel lewat blog atau website Anda. Langkah ini tidaklah wajib Anda lakukan, karena Anda bisa langsung menawarkan jasa di beberapa platform media sosial langsung.

Namun, website sangat bisa menunjang bisnis artikel Anda. Karena dengan website, Anda bisa mendaratkan calon pembeli Anda. Maka dari itu, coba pelajari cara membangun website untuk pemula.

6. Bangun Sebuah Tim

Jika Anda sudah bisa mendapatkan banyak pelanggan, jangan lupa untuk membuat sebuah tim. Karena Anda akan kelelahan jika harus membuat artikel yang terlalu banyak dalam waktu yang cepat.

Tim yang baik harus Anda bangun mulai dari nol. Ciptakan chemistry dan pastikan tim Anda benar-benar bisa mendukung dan membantu semua rencana pengembangan bisnis Anda. Sebuah tim yang solid, dijamin bisa menghasilan layanan yang berkualitas.

7. Pilih Alternatif Lain

Jika semua langkah di atas tidak manjur, Anda bisa memilih beberapa alternatif mendapatkan uang dengan menulis di bawah ini:

  • Bergabung ke situs freelancer
  • Menjadi kontributor di kanal online
  • Kirim artikel di beberapa portal yang bisa membayar Anda

Tiga cara atau alternatif di atas mungkin bisa jadi pilihan. Namun, tetap sesuaikan dengan skill yang Anda miliki. Karena percuma jika Anda memaksakan di satu ranah kepenulisan online yang bahkan tidak Anda pahami.

Larangan Seorang Penulis Lepas

Ternyata, menjadi seorang penulis lepas ada beberapa larangan yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Tidak boleh copy paste artikel orang
  2. Lari dari tugas (job) yang telah diberikan/tidak bertanggung jawab
  3. Dilarang merusak citra jasa penulis artikel
  4. Menulis secara sembarangan dan tentunya hoax
  5. Dilarang menipu klien
  6. Dilarang ghosting dan memblokir nomor WA klien

Sebenarnya, tidak ada larangan yang memang paten. Beberapa poin di atas kami susun atas dasar profesionalisme SIPWriter sebagai jasa penulis artikel SEO. Tentu saja, jika Anda ingin menjadi seorang penulis lepas, pastikan tidak melakukan hal-hal di atas.

QnA (Question and Answer)

Apa itu penulis lepas?

Penulis lepas atau freelancer writer adalah seorang penulis yang bekerja menyelesaikan project kepenulisan untuk tujuan tertentu secara online. Penulis lepas termasuk pekerjaan modern yang mungkin saja bisa dilakukan oleh semua orang.

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Lepas?

Cara menjadi penulis lepas pada dasarnya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan portofolio tulisan, CV, dan mengerti teknis penulis artikel SEO. Setelah itu, Anda bisa melamar di jasa penulis Artikel atau menawarkan sendiri jasa Anda.

Dimana Kita bisa menjadi Penulis Lepas?

Anda bisa menulis di berbagai platform, mulai dari platform freelancer online ataupun melamar di jasa penulis artikel. Jika tidak, Anda bisa mencari klien sendiri. Atau jika Anda tidak mau susah, coba tulis artikel di Wattpad, Storial, ataupun platform sejenisnya.

Apa itu Bisnis Freelancer Writer?

Sebuah bisnis jasa yang menawarkan pembuatan artikel online untuk berbagai kepentingan. Mulai dari strategi SEO, branding, dan konversi bisnis. Jasa ini sudah berkembang sejak lama dan Anda bisa melihatnya banyak bertebaran di internet dan media sosial.

Dimana Saya Bisa Menjadi Penulis Artikel SEO?

Banyak jasa penulis Artikel SEO yang ada saat ini. Anda bisa memperhatikan websitenya dan melihat lowongan yang disediakan. Dalam beberapa kesempatan, SIPWriter juga membuka lowongan penulis artikel. Anda bisa lihat update-nya DISINI.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penulis lepas atau freelancer writer dari kami. Semua orang tentu saja bisa menjadi freelancer writer. Di dunia digital yang serga go-online ini, seorang penulis dijamin akan tetap sangat dibutuhkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Open chat