Cara Meningkatkan CPC AdSense Blog dengan Cepat dan Manjur

Cara Meningkatkan CPC AdSense – Beberapa bulan saya melakukan riset kecil-kecilan tentang CPC blog saya sendiri. Saya akui, hampir semua cara meningkatkan CPC adsense blog di internet sudah saya lakukan dan terapkan. Namun, hasilnya terasa ‘nothing’.

Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan pengalaman ini kepada teman-teman semua. Semoga saja, artikel yang panjang ini bisa kamu simak dengan baik-baik dan mendapatkan jawaban dari pertanyaan, bagaimana sih cara meningkatkan CPC blog?

Mengenal Istilah dalam Adsense Blog [Sekilas]

Agar tahu bagaimana cara meningkatkan adsense, kamu harus tahu sedikit istilah yang ada di dalam Google adsense. Terutama pada perhitungan penghasilan.

Penghasilan Tertaksir [Home]

Di dalam card ini, terdapat beberapa bagian. Mulai dari penghasilan hari ini, kemarin, minggu ini, hingga bulan ini. Di sampingnya, biasanya ada saldo total yang merupakan seluruh uang yang kamu miliki.

Kolom Kinerja [Home]

Pada kolom kinerja inilah, seorang blogger pasti melihat dengan jeli. Bahkan setiap hari dan setiap kali melakukan eksperimen. 

  • Tampilan Halaman: Menunjukkan berapa jumlah visitor asli yang masuk ke blog kamu
  • RPM Laman: Prediksi jumlah uang yang dihasilkan oleh blog kamu
  • Tayangan: setahu saja, menunjukkan total dimana url kamu ditayangkan di pencarian Google
  • Klik: Jumlah total klik yang dilakukan oleh pengunjung website kamu
  • CPC: Cost per Click, artinya harga setiap ketikan yang diberikan oleh Google Adsense
  • RKT Laman: persentase jumlah klik dibandingkan dengan tampilan halaman

Iklan

Bagian yang bisa Kamu gunakan sebagai tempat setting iklan. Entah iklan otomtis, iklan manual (iklan dalam artikel, iklan display, iklan dalam feed, dan iklan penelusur). Jika kamu ingin meningkatkan CPC Adsense, maka wajib tahu setting hal ini.

Kontrol Pemblokiran

Di dalam bagian ini, kamu bisa melakukan pengaturan iklan yang muncul. Bisa memblokir iklan secara manual, maupun secara kategori. Bagian ini juga penting untuk kamu kenal dan pahami.

Laporan

Bagian di dalam Akun Adsense publisher kamu yang digunakan untuk melihat kinerja klik dan penyadapan yang masuk. Pada bagian ini, kamu bisa menganalisis dan membandingkan. Mulai dari sumber perangkat, asal negara, dan lain sebagainya.

Lima bagian di atas harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum ingin meningkatkan CPC Adsense blog dengan cepat. Cara gampang memahaminya adalah membukanya setiap hari, melakukan percobaan setiap hari, dan terus semangat update konten.

Cara Meningkatkan CPC Adsense Blog Secara Umum

Jika kamu search di internet, maka akan banyak situs yang memberikan pemaparan banyak tentang cara meningkatkan CPC adsense. Cara-cara tersebut tentunya sangat umum, kenapa saya bilang umum?

Karena cara ini bisa dibilang relatif dan tidak berpengaruh banget. Apalagi jika kamu sudah kadung memiliki blog yang niche-nya campur (gado-gado). Apa saja cara umum yang bisa dilakukan?

1. Niche Situs

Cara pertama untuk meningkatkan CPC Adsense adalah niche situs. Niche adalah sebuah topik dari artikel. Topik harus memiliki CPC yang tinggi. Karena tidak semua topik memiliki bayaran klik yang tinggi.

Rekomendasi beberapa topik yang ber-CPC tinggi adalah sebagai berikut:

  • Berhubungan dengan finansial (Crypto maupun ada hubungannya dengan uang)
  • Kesehatan ataupun tips seputar kesehatan umum
  • Otomotif dan Teknologi
  • Asuransi
  • Fotografi

Pada dasarnya, niche ini lebih tepat dikatakan sebagai spesikasi blog Anda. Jika blog Anda benar-benar secara profesional membahas satu niche, maka tidak mustahil CPC blog Anda akan tinggi.

Analoginya, Anda benar-benar mengiklankan sebuah produk pada orang yang mencari informasi seputar bidang produk tersebut. Sehingga, blog Anda akan terhitung menaikkan konversi produk tersebut.

2. Keyword Profit (HPK)

Tidak semua topik pembahasan bisa mengundang klik dan menghasilkan CPC yang besar. Maka dari itu, riset keyword dan mengetahui detail CPC dari keyword tersebut sangatlah penting. Anda bisa membaca artikel DISINI untuk mengetahui bagaimana cara riset keyword yang gampang dan gratis.

Semakin besar CPC dari sebuah keyword, semakin profitable pembahasan keyword tersebut. Maka dari itu, saya tidak menyarankan untuk sembarangan memilih keyword ketika membuat artikel. Pastikan pula long-tail keyword dan LSI pada artikel Anda yang memiliki CPC tinggi.

3. Iklan dan Penempatan

Tidak semua tempat iklan memiliki CPC yang besar. Pada satu kasus tertentu, saya mendapati CPC dari penempatan iklan di widget itu jauh lebih kecil ketimbang di dalam artikel. Padahal dengan jenis iklan yang sama, yaitu iklan display.

Maka dari itu, Anda perlu banget untuk melakukan eksperimen. Sehingga Anda bisa mengetahui tempat yang paling strategis dari iklan Anda. Tentu saja, semua blog berbeda, sehingga Anda harus melakukan eksperimen sendiri-sendiri.

4. Konten Berkualitas dan Banyak

Tips yang selanjutnya adalah konten. Konten adalah segalanya dalam website. Tanpa konten, website tidak akan berguna banyak. Maka dari itu, pastikan memiliki banyak konten yang berkualitas untuk menyokong CPC Adsense Anda.

Dari pengalaman yang saya rasakan, CPC dari sumber Pencarian Google itu jauh lebih baik daripada CPC dari sumber orang yang klik link di media sosial. Konten yang berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan traffic dari Google.

5. Lokasi Pengunjung

Selanjutnya adalah lokasi pengunjung blog Anda. Lokasi itu sangatlah menentukan. Ini bisa dianalogikan sebagai UMR. Tentu saja, CPC dari negara yang maju akan lebih besar dari CPC negara yang berkembang.

Maka dari itu, banyak blogger yang mencoba untuk bersaing dengan konten berbahasa inggris. Mereka menyasar visitor dari Inggris dan USA. Tujuannya adalah agar CPC yang didapat gede dan menghasilkan banyak uang.

6. Optimasi SEO

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, CPC visitor dari Google itu lebih besar daripada visitor dari media sosial. Maka dari itu, usahakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan banyak visitor dari Google.

Caranya adalah memahami SEO dan mulai melakukan optimasi secara off-page dan on-page. Jadi, jangan harap dapat CPC besar jika Anda tidak memiliki blog yang kuat SEO-nya. 

7. Blacklist Iklan Seperlunya

Satu teknik yang biasa orang gunakan adalah memblokir iklan. Apakah hal ini bisa meningkatkan CPC blog Anda? Tentu saja relatif. Namun menurut saya kebanyakan tidak. Karena sekali lagi, CPC itu bisa tinggi ketika orang yang klik benar-benar butuh dengan iklan tersebut.

Sehingga, jika Anda memblokir banyak iklan, ada banyak kemungkinan jika Anda juga akan memblokir CPC iklan yang besar dari blog Anda. Maka dari itu, Anda tidak perlu memblokir iklan banyak-banyak. Blokir iklan yang mengganggu saja seperti iklan yang berbau 18+.

8. Jangan Terlalu Banyak Iklan

Iklan yang terlalu banyak di dalam satu halaman, akan sangat buruk untuk CPC Anda. Karena bisa saja, karena terlalu banyak iklan, pengunjung meng-klik iklan tersebut bukan karena butuh akan tetapi karena kepencet.

Itu adalah salah satu faktor besar yang menyebabkan CPC Adsense Anda turun. Maka dari itu, pastikan menempatkan iklan sewajarnya. Letakkan di bawah judul satu, di tengah satu, dan di akhir satu. Itu sudah cukup.

9. Beralih ke AMP dan Tingkatkan Speed Blog

Menurut artikel yang saya baca di support.google.com, AMP itu bisa meningkatkan performa website Anda dan akhirnya bisa meningkatkan pengunjung. Karena hal itu, CPC Anda bisa naik. Namun ada banyak blogger yang merasa AMP tidak memiliki pengaruh yang besar.

Namun memang penting sekali untuk meningkatkan performa loading website. Sehingga pengunjung Anda tidak kabur karena website Anda terlalu lemot. Maka dari itu, pastikan beberapa hal di bawah ini:

  • Gunakan template yang cepat dan responsif
  • Pastikan mobile friendly
  • Jangan terlalu banyak plugin yang tidak berguna
  • Gunakan AMP jika diperlukan
  • Jangan terlalu fokus pada tampilan dan melupakan kecepatan website

Kecepatan website itu penting, sebab ketika kode Adsense ditampilkan, maka blog Anda akan mendapatkan script pihak ketiga. Jika blog Anda lemot dari sononya, maka dijamin akan sulit diterima Adsense (apalagi blog yang baru dibuat). 

10. Memanfaatkan Ezoic

Tips yang paling terakhir adalah memanfaatkan Ezoic. Sebuah platform yang membantu penempatan iklan Anda. Sehingga Ezoic ini bisa memberikan performa maksimal penempatan iklan Anda.

Maka dari itu, tidak heran jika website besar seperti website berita tidak segan menggunakan Ezoic. Karena dengan begitu, mereka tidak akan kesulitan lagi untuk memaksimalkan performa iklan di website mereka.

Demikian beberapa tips dan trik cara meningkatkan CPC Adsense Blog Anda dengan cepat dan manjur. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang faktor besar kecilnya CPC Adsense blog ini. 

Faktor Lain Besar Kecilnya CPC Adsense

Pada dasarnya, masih banyak faktor yang menyebabkan CPC Adsense kecil. Di antaranya adalah beberapa hal berikut ini:

  • Kondisi atau siklus pengiklanan yang down (ada periodenya)
  • Website Anda yang masih terlalu baru
  • Klik iklan yang tidak diniatkan (kepencet)
  • Dan lain sebagainya

Pada dasarnya, banyak sekali hal yang menyebabkan CPC Adsense itu naik turun. Semua hal tersebut tentu saja harus Anda lawan dengan konten yang super dengan off-page yang super pula. Maka dari itu, Anda butuh artikel yang bagus pula dan bisa gunakan jasa penulis artikel.

Meningkatkan CPC Adsense Blog Gado-gado

Kadang, seseorang lebih suka membuat blog campur. Sehingga isinya apapun ada. Blog seperti itu disebut blog gado-gado yang tentu saja memiliki CPC yang relatif rendah. Sehingga karena niche Anda tidak spesifik, tidak heran CPC Anda akan rendah.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan CPC Adsense Blog gado-gado adalah sebagai berikut:

  • Tetap lakukan riset HPK
  • Buat konten yang bagus dan menjawab pengunjung
  • Jangan letakkan banyak iklan dalam satu halaman

Jika beberapa cara di atas tetap tidak bisa meningkatkan CPC Adsense Anda. Maka bersabarlah, mungkin itu sudah menjadi rezeki Anda. Pastikan tetap bersyukur, karena

“Barang siapa yang bersyukur, Allah pasti akan menambah rezekinya.”

Penutup

Demikian beberapa cara meningkatkan CPC Adsense Blog dengan cepat dan manjur yang bisa Anda aplikasikan sekarang juga. Dalam masalah Adsense, satu hal yang wajib Anda lakukan adalah terus bereksperimen dan jangan menyerah melakukan hal-hal yang baru. Selain itu, tetap sabar dan tidak menyerah ketika CPC anjlok. Hidup itu berputar, tidak mustahil suatu saat, CPC blog Anda akan menjadi besar berkali-kali lipat. Aamiin.

Tinggalkan komentar

Open chat