5 Cara Menulis Pecahan di Word, 100% Gampang!

Microsoft Word menyediakan fitur untuk menampilkan pecahan pada dokumen. Pecahan sering digunakan dalam penulisan matematika, ilmu pengetahuan, dan bidang lainnya. Anda bisa menampilkan pecahan, seperti ½, ⅓, ¾ dengan mengetahui cara menulis pecahan di Word.

Ada berbagai cara untuk menulis pecahan di Microsoft Word, baik menggunakan fitur Equation maupun tidak. Baca terus agar Anda bisa memahami secara komprehensif cara-cara yang efektif dalam penulisan pecahan di Word!

Bagaimana Cara Mengaktifkan Equation?

Microsoft Word menyediakan fitur Equation yang memfasilitasi pengguna untuk membuat rumus matematika atau ekspresi ilmiah secara profesional. Ikuti langkah-langkah berikut jika Anda ingin mengaktifkan Equation!

1. Buka Microsoft Word

Buka Microsoft Word

Buka Microsoft Word dan buka dokumen yang ingin Anda edit. Jika ingin membuat dokumen baru, cukup buka aplikasi Word dan buat dokumen baru dengan menekan “New” pada layar awal.

2. Pilih Tab Insert

Pilih Tab Insert

Setelah dokumen Word terbuka, pergi ke tab “Insert” di bagian atas jendela Word. Anda akan melihat grup “Symbols” di dalam tab “Insert”. Grup ini berisi beberapa ikon simbol, karakter, dan fitur yang terkait matematika atau ekspresi ilmiah.

3. Aktifkan Equation

Aktifkan Equation

Cari dan klik ikon “Equation” pada grup “Symbols”. Ketika mengklik ikon ini, akan muncul opsi “Equation” di bawahnya, dan area kerja khusus untuk membuat rumus matematika akan muncul di dokumen Anda.

Baca juga:  Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja yang Benar dan Contohnya

Setelah area Equation muncul, Anda dapat mulai menulis rumus matematika menggunakan berbagai simbol dan notasi matematika yang tersedia. Klik ikon-ikon yang ada di area Equation untuk memilih notasi atau gunakan keyboard untuk mengetikkan ekspresi matematika.

Saat ingin menambahkan ekspresi lebih lanjut atau mengedit rumus matematika yang sudah ada, cukup klik dua kali pada rumus tersebut untuk membuka editor Equation yang lebih lengkap.

Cara Menulis Pecahan di Word 

Menulis pecahan di Word adalah keterampilan yang diperlukan dalam berbagai konteks, terutama ketika menyusun dokumen matematika, ilmiah, atau akademis. Berikut beberapa metode yang bisa digunakan untuk membuat pecahan tanpa perlu mengandalkan fitur Equation!

1. Menggunakan Simbol Unicode

Word menyediakan sejumlah simbol Unicode yang dapat digunakan untuk menampilkan pecahan tanpa perlu menggunakan fitur Equation. Anda bisa memanfaatkan kombinasi karakter Unicode agar bisa menulis pecahan dengan mudah.

Menggunakan Simbol Unicode

Misalnya, untuk menulis ½, Anda dapat mengetikkan “1/2” dan kemudian mengubah “1” menjadi “½” dengan memilih simbol yang sesuai dari daftar karakter Unicode yang terdapat di menu “Insert”. Anda juga bisa menggunakan kombinasi kunci pintas tertentu.

2. Menggunakan AutoCorrect

Word memiliki fitur AutoCorrect yang memfasilitasi pengguna membuat pintasan teks dan mengubahnya menjadi simbol atau karakter tertentu saat menulis. Anda dapat menambahkan daftar pintasan untuk menulis pecahan dengan mudah.

Menggunakan AutoCorrect

Misalnya, Anda bisa menetapkan bahwa setiap kali mengetikkan tulisan pecahan 1/2, Word akan secara otomatis menggantinya dengan simbol “½”. Jika ingin mengatur fitur ini, buka pengaturan AutoCorrect dan tambahkan pintasan untuk menyajikan pecahan dengan cepat dan konsisten.

3. Menggunakan Ribbon Pecahan

Beberapa versi Word memiliki fitur Ribbon Pecahan yang memudahkan cara membuat per di Word tanpa Equation. Cukup pergi ke tab “Insert” dan cari grup “Symbols” atau “Symbols and Equations”.

Baca juga:  Cara Menulis Daftar Pustaka dengan Tepat dan Contohnya

Anda akan menemukan ikon khusus untuk menampilkan pecahan dalam grup tersebut di beberapa versi Word. Ketika mengklik ikon ini, Anda akan melihat daftar pecahan yang dapat dipilih dengan mudah untuk dimasukkan ke dalam dokumen.

4. Menggunakan Teks Terformat

Cara menulis pecahan di Word yaitu dengan menggunakan tanda baca superskrip dan subskrip. Misalnya, untuk menulis 1/2, Anda dapat mengetikkan “1^2” untuk menyatakan 1 sebagai tanda baca superskrip dan 2 sebagai tanda baca subskrip.

Anda dapat menampilkan pecahan secara visual dengan cepat saat menggunakan teks terformat. Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin lebih cocok untuk pecahan sederhana dan tidak terlalu kompleks.

5. Menggunakan Pencarian Online

Menggunakan Pencarian Online

Saat tidak menemukan simbol atau pecahan yang dibutuhkan di dalam Word, Anda dapat mencari secara online di Google dan menyalin simbol atau karakter pecahan yang sesuai dari situs web atau sumber lainnya. Setelah menyalinnya, cukup lakukan “Paste” ke dalam dokumen Word.

Cara membuat 1/2 di Word 2010 ataupun versi lainnya bisa dilakukan dengan metode ini jika tidak ingin menggunakan Equation. Tentunya mengandalkan fitur Equation lebih umum dilakukan di seluruh dunia.

Cara Membuat Pembagian Bersusun di Word

Tidak sulit untuk membuat pembagian bersusun di Word. Cukup klik tab “Insert”, kemudian pilih fitur “Equation”. Masuk ke opsi “Fraction” dan tentukan tipe penulisan pembagian bersusun yang diinginkan.

Anda bisa menggunakan simbol diferensial, akar, integral, atau simbol lainnya saat menuliskan rumus. Cukup dengan memanfaatkan fitur “Equation” sebaik-baiknya, rumus yang diinginkan, termasuk pembagian bersusun, dapat dibuat secara efisien.

Cara menulis pecahan di Word lebih mudah jika dilakukan dengan mengandalkan fitur Equation. Namun, selalu ada pilihan untuk menggunakan metode lain, seperti mengaktifkan fitur AutoCorrect, melakukan pencarian online, atau memanfaatkan simbol Unicode.

Baca juga:  Penulis Terkenal Dunia yang Inspiratif, Harus Tahu!

Tinggalkan komentar