Cara Mencari Kata Kunci di Google agar Page One

Fitur riset kata kunci akan memberi Anda insight tentang seberapa sering kata tertentu ditelusuri dan bagaimana penelusuran tersebut berubah dari waktu ke waktu. Ini sebagai cara mencari kata kunci di google yang membantu Anda mempersempit daftar paling tepat.

Kata kunci yang tepat akan memberikan optimasi yang besar terhadap website atau blog. Selain itu, pemilihan kata kunci google sesuai sasaran akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung website Anda.

Hal ini penting, pasalnya dengan melakukan riset terhadap keyword, konten Anda bisa menduduki peringkat teratas pada halaman Google. Sehingga peluang akan lebih besar untuk orang mengklik konten tersebut. Berikut cara mencari kata kunci di google yang tepat.

Cara Riset Kata Kunci

Selain pola algoritma mesin pencari yang tidak terprediksi yang sangat mempengaruhi kemunculan website pada search engine. Kata kunci tersebut juga harus cocok dan sesuai dengan konten yang ditampilkan oleh brand, produk, atau layanan Anda.

Lantas bagaimana cara mencari kata kunci di google dengan riset agar berhasil mendapat slot halaman pertama Google? Berikut cara mencari kata kunci di web.

1. Mendalami Topik sebuah Konten

Mengutip dari Keyword Tool, sebelum meriset keyword atau cara mencari kata kunci di google, sebaiknya Anda mempelajari lebih dalam lagi terkait niche atau topik dari dalam konten yang akan dirancang.

Hal tersebut dilakukan agar Anda mendapatkan ide yang out of the box untuk mengatur strategi SEO (Search Engine Optimization) atau pemasarannya.

Baca juga:  Mengenal Backlink Edu dan Fungsinya

Berikut ada beberapa cara atau tips untuk mempelajari topik dalam proses mencari kata kunci online:

  • Lakukan interaksi dengan pengunjung setia. Tanyakan beberapa istilah yang sering digunakan ketika mencari produk atau perusahaan Anda.
  • Cobalah berpikir dari sudut pandang pengunjung.
  • Telisik pada komunitas topik secara online. Ini dapat dilakukan lewat forum yang tersebar pada berbagai media sosial.

2. List Kata Kunci yang Relevan

Langkah selanjutnya mengidentifikasi beberapa kata kunci yang sesuai dengan topik. Anda bisa membuat daftar beberapa kata kunci penting dan masuk ke dalam rank mesin pencari, sebab target pasaran mungkin menggunakan kata kunci tersebut untuk melakukan pencarian.

Misalkan, cara mencari kata kunci di google mengenai ‘rekomendasi novel’, maka buatlah daftar istilah yang relevan dengan topik tersebut, seperti :

  • Rekomendasi novel terbaru
  • Rekomendasi novel romance
  • Novel misteri, dll.

Setelah riset dan menemukan beberapa kata kunci yang sekiranya relevan dengan topik Anda, cara mencari kata kunci di artikel berikutnya adalah membuat seed keyword.

Jika Anda belum memahami, seed keyword sendiri merupakan benih kata kunci atau kata kunci fokus. Bisa dikatakan, seed keyword adalah kata kunci unggulan dari daftar keyword yang telah Anda buat sebelumnya.

Selain itu, dengan seed keyword Anda juga akan mengetahui siapa saja kompetitor dari topik yang mirip dengan Anda. Dengan demikian, Anda bisa menemukan titik kelemahan dari kompetitor.

3. Pahami serta Analisis User Intent

User Intent menjadi faktor yang sangat penting sehingga website Anda dapat mencapai peringkat terdepan pada mesin pencari. Perlu diingat, website Anda haruslah mampu memecahkan masalah dari pembaca, daripada sekedar menulis kata kunci yang sesuai. 

Untuk memahami user intent, Anda bisa mencoba kata kunci yang terkait dan melakukan pencarian. Anda dapat melihat apakah hasilnya sesuai dengan target yang pencarian atau tidak. Oleh karena itu, pastikan tipe konten selaras dengan kata kuncinya.

Baca juga:  SEO Off Page: Meningkatkan Authority Website

4. Cari Tahu Tentang Kompetitor

Riset keyword saja ternyata tidaklah cukup, cara mencari kata kunci di google agar optimal Anda juga harus mengetahui kompetitor untuk bisa mendapatkan peringkat paling atas halaman pertama Google.

Dengan mencari tahu langkah kompetitor, Anda akan mengetahui celah  yang bisa dimasuki untuk Anda manfaatkan dalam membuat strategi SEO yang kuat.

Hal ini bisa Anda diketahui ketika sedang melakukan riset kata kunci menggunakan keyword tools seperti keyword planner. Semakin sedikit bagian keyword difficulty, maka semakin besar peluang Anda untuk dapat masuk ke halaman pertama Google.

5. Gunakan Keyword Tools yang Berkualitas

Cara mencari kata kunci di google selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggunakan keyword tools sebagai pendukung riset kata kunci Anda.

Saat ini sudah banyak beredar google keyword planner free yang bisa Anda gunakan seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, SEMrush, Ubersuggest, dan lain sebagainya.

Anda dapat menentukan sendiri yang menurut Anda paling efisien dan menguntungkan untuk digunakan. Secara spesifik, mengutip dari Neil Patel, tools layaknya SpyFu dan SEMrush dapat memperlihatkan hal yang ditawarkan oleh kompetitor.

Ingat, jangan sampai Anda tidak menggunakan keyword tools dalam melakukan riset kata kunci. Sebab dengan menggunakan keyword tools Anda dapat mengetahui besarnya volume kesulitan untuk dapat menembus di halaman pertama Google.

Rekomendasi Keyword Tools

Keyword research tools dapat membantu Anda menemukan lebih banyak kata kunci yang bahkan belum terpikirkan sebelumnya oleh Anda. Selain itu, tools tersebut juga bisa memberikan informasi tambahan seperti, informasi search volume, trend, popularitas, dll.

Berikut beberapa rekomendasi keyword research tools terpercaya sebagai Cara mencari kata kunci di google.

Baca juga:  Tools Cek Ranking Website dengan Fitur Terbaik

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner Indonesia

Google Keyword Planner merupakan salah satu tools yang diinisiasi oleh Google sebagai fasilitas mencari kata kunci. Google Keyword Planner Indonesia dapat memperlihatkan tingkat popularitas dari beberapa kata kunci yang tengah menjadi trend.

Cara kerjanya, sebelum menemukan kata kunci yang tepat, masukkan ide kata kunci baru yang akan Anda pakai. Akan tampil jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci tersebut. 

Analisa hasil penelusuran kata kunci, berdasarkan jumlah rata-rata pencarian dapat Anda bandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Hal ini akan mempermudah Anda menyeleksi kata kunci yang paling banyak dicari setiap periode bulannya.

2. Google Suggest

Cara mencari kata kunci di google yang tepat yaitu bisa dilakukan menggunakan Google Suggest. Cara ini terhitung paling mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci pada kotak pencarian Google.

Kemudian Google akan menampilkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna Google dalam mencari informasi terkait topik tertentu.

3. Google Search Console

Google Search Console

Platform ini adalah salah satu tools keyword yang cukup lengkap dan gratis dari Google. Pada dasarnya digunakan untuk analytic, seperti melihat, memonitor serta mengatur performa website, backlink, indeksasi, traffic, serta mengatasi masalah kata kunci Google Search. 

Fitur utama pada Google Search Console yakni mengukur performa dari kata kunci. Jadi bisa disimpulkan fitur ini penting untuk mengevaluasi serta menentukan kata kunci berikutnya yang tepat digunakan pada website untuk melakukan optimalisasi SEO.

Penutup

Demikian beberapa strategi dan tools cara mencari kata kunci di google yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan sistem SEO. Semoga berhasil.

Satu pemikiran pada “Cara Mencari Kata Kunci di Google agar Page One”

Tinggalkan komentar