Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa (Artikel Natural)

Istilah artikel tentu sudah sangat marak dalam dunia Search engine Optimization (SEO). Hingga muncul jenis artikel khusus yang bernama artikel SEO. Setelah itu, muncul lagi Artikel SEO Friendly. Sebenarnya, apa sih perbedaan artikel SEO dan Artikel biasa?

Penjelasan kali ini lebih bersifat opini yang didasarkan pada literasi dan pengalaman penulis. Dimana penulis juga sedikit pernah kuliah sehingga agak tidak asing dengan istilah-istilah artikel dan seluk-beluknya.

Mengenal Artikel SEO

Bagi kamu yang sudah berpengalaman terjun ke website atau blogger, tentu sudah kenal dong dengan artikel SEO. Intinya, artikel blog adalah sebuah artikel yang sengaja ditulis untuk mengoptimalkan website di pencarian Google (atau Search Engine lainnya).

Skema penulisan artikel untuk Google lebih ditujukan ke mesin pencarian. Sehingga strukturnya dibuat sistematis agar mesin pencarian gampang mendeteksi dan menempatkan artikel itu ke halaman utama hasil pencarian (page one).

Dahulu, artikel untuk blog dibuat dengan sangat kaku, mungkin karena algoritma Google masih belum secanggih sekarang. Di zaman ini, article SEO benar-benar dinilai dari interaksi pembaca dan kualitas link yang terstruktur baik.

Mengenal Artikel Biasa

Sebenarnya, nggak ada istilah artikel biasa. Konotasi artikel biasa adalah sebuah artikel yang dibuat dengan tujuan yang sangat luas. Dalam artian, artikel biasa adalah konsep definitif yang umum.

Secara istilah, artikel adalah sebuah karangan atau esai dalam bentuk karya tulis yang memiliki gagasan yang faktual untuk menyampaikan suatu maksud tertentu kepada pembaca. Maka dari itu, artikel memiliki banyak jenisnya.

Boleh dikatakan, artikel SEO adalah salah satu jenis artikel namun untuk Google. Adapun jenis-jenis artikel lainnya adalah:

1. Berdasarkan Tingkat Kesulitan

Artikel praktis adalah artikel naratif yang lebih pada penulisan artikel biasa tanpa fokus pada satu bahasan yang detail dan mendalam.

Artikel ringan adalah Artikel yang bisa dibaca dengan konsentrasi biasa, santai dan ditulis dengan bahasa populer.

Artikel opini adalah artikel yang bersifat argumentatif, bahasa lebih subjektif dan hasil pemahamannya lebih relatif dan interpretatif.

Artikel ilmiah adalah artikel yang ditulis dengan bahasa baku, terstruktur, dan memiliki sumber yang kredibel dan fokus pada pembahasan suatu hal (ranah akademik atau penelitian).

Artikel analisis ahli adalah artikel yang ditulis oleh seseorang yang ahli dibidangnya, memiliki sumber dan data yang aktual dan faktual (ranah akademik atau penelitian).

2. Berdasarkan Tujuan

Artikel persuasif adalah artikel yang ditulis untuk memberikan ajakan kepada seseorang agar mengikuti pola argumentasi yang dibawakan dalam isi artikel.

Artikel informatif adalah artikel berupa penyajian data komprehensif dan intensif, sehingga bisa memberikan pemahaman pada kognitif pembacanya.

Artikel solutif adalah artikel yang menjawab sebuah permasalahan, premis, ataupun topik sains atau humaniora melalui kajian data maupun penelitian.

Artikel entertainment adalah artikel yang ditulis dengan bahasa populer, memberikan informasi, namun lebih ke arah hiburan dan bukan pada bidang spesifik.

3. Berdasarkan Penulisan

Artikel deskriptif adalah artikel yang ditulis dengan gaya menjelaskan secara indrawi akan suatu hal.

Artikel eksplanatif adalah artikel yang ditulis dengan gaya memaparkan secara detail dari berbagai sudut pandang. Lebih mengarah pada pembahasan suatu sistem, pola, ataupun siklus.

Artikel eksposisi adalah artikel yang ditulis dengan gaya penyampaian yang informatif, singkat, padat, dan jelas untuk memberikan wawasan kepada pembaca.

artikel argumentasi adalah artikel yang ditulis dengan gaya opini, memiliki sudut pandang yang subjektif dan mengulas suatu hal yang memuat maksud penulis.

4. Berdasarkan Jenis Penulis

Penulis artikel buku adalah orang yang menulis untuk dijadikan buku, jenis artikel ini sesuai dengan buku yang ditulis.

Penulis artikel berita adalah orang yang menulis artikel dengan gaya tulisan menjawab 5W+1H dengan gaya penulisan jurnalistik.

Penulis artikel website adalah orang yang menulis untuk kepentingan website, entah itu konten website secara umum, maupun copywriting, maupun blog.

Penulis artikel akademik adalah penulis artikel baku yang didasarkan pada pengkajian ilmiah kepustakaan dan penelitian ilmiah pada ranah sains dan humaniora.

Perbedaan Artikel SEO dan Biasa [Detail]

Jika Anda memahami penjelasan sebelumnya, Anda pasti bisa menangkap jika ‘artikel SEO adalah salah satu jenis article yang relatif dinamis’. Sehingga gaya penulisannya bisa dikategorikan pada siapa yang menulisnya.

Namun secara detail, penjelasan ini bisa menjawab pertanyaan jelaskan perbedaan pemasaran artikel yang menggunakan seo dengan artikel yang tidak menggunakan seo. Diantara perbedaanya adalah:

1. Struktur Penulisan

Artikel SEO memiliki struktur kepenulisan yang dinamis, lebih fokus pada penempatan keyword, keyword density, sub heading, dan menjawab apa yang dibutuhkan oleh netizen pencari jawaban di Google.

Sedangkan artikel biasa memiliki struktur penulisan pembukaan, isi, penutup. Apakah artikel untuk Google tidak menggunakan struktur seperti itu? ya pasti menggunakan, karena artikel untuk blog termasuk salah satu jenis artikel.

2. Tujuan Artikel

Tujuan artikel untuk Blog adalah untuk memaksimalkan pencarian di SERP Google. Dalam artian, bersaing agar menjadi konten yang terbaik dari konten yang lainnya. Sehingga, artikel untuk Google mau nggak mau harus ramah terhadap pembaca dan robot perayap Google.

Sedangkan artikel biasa tujuannya adalah memberikan informasi ataupun memuaskan kebutuhan penulis. Sehingga aturannya lebih spesifik pada jenis artikel tersebut.

3. Gaya Bahasa

Artikel SEO memiliki gaya bahasa yang lebih santai dan dinamis. Pembaca lebih diposisikan sebagai teman ataupun orang yang membutuhkan informasi instan. Namun, artikel untuk Google sebenarnya bisa dibuat dengan gaya bahasa apapun.

Berbeda dengan artikel untuk Google, artikel biasa lebih memiliki bahasa yang sesuai dengan PUEBI. Namun tetap disesuaikan dengan jenis artikel dan pembaca dari artikel yang ditulis tersebut.

4. Topik Pembahasan

Artikel untuk Blog kebanyakan memiliki topik pembahasan yang umum seperti: bisnis, teknologi, pariwisata, tips dan trik, dan lainnya. Dengan kata lain, artikel untuk Google lebih bebas pembacanya, karena jenis artikel untuk Google memang full ditujuan di internet.

Sedangkan artikel biasa memiliki ranah publikasi yang lebih spesifik. Entah itu dalam jurnal, dalam buku, dalam bidang karya ilmiah, dan lain-lain. Namun tidak menutup kemungkinan juga diupload di internet.

NoPerbedaanArtikel SEOArtikel Biasa
1.Struktur penulisanSesuai kaidah SEOPembuka, Isi, Penutup
2.Tujuan ArtikelPembaca, SERP GooglePembaca
3.Topik PembahasanUmum KomersialLebih spesifik dan keilmuan
4.Gaya bahasaSesuai penulis (tetap mengacu PUEBI)Sesuai kaidah PUEBI
5.PublikasiSpesifik di Website atau blogBuku, jurnal, online, koran, dan lain-lain

Syarat Disebut Artikel SEO

Jujur, hingga saat ini syarat bisa disebut artikel SEO itu sangat relatif. Karena pengalaman membuat blog dan website setiap orang itu beda-beda. Sehingga setiap orang memiliki konsep dan pola pikir berbeda pula mengenai artikel untuk Google.

Maka dari itu, saya akan menjelaskan beberapa syarat yang ada menurut Yoast SEO (Plugin SEO paling populer di Dunia).

  • Jumlah artikel minimal 300 kata
  • Memiliki keyword yang tersebar maksimal 1%
  • Ada keyword di awal paragraf artikel
  • Ada meta deskripsi yang memuat keyword
  • Di subheading ada keyword minimal 2 (tergantung jumlah kata)
  • Judul memuat keyword
  • Memuat link ke dalam website dan ke luar website
  • Dilengkapi gambar yang memuat atribut alt
  • Dan masih banyak lagi, Anda bisa baca disini

Beberapa hal di atas adalah syarat artikel untuk Google menurut Yoast SEO. Dimana, beberapa syarat tersebut tidak termuat dalam jenis artikel lainnya. Maka dari itu, aturan-aturan artikel untuk blog itulah yang membuatnya berbeda dengan artikel seperti biasanya.

perbedaan artikel SEO dan artikel biasa
Yoast SEO

Persamaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Meskipun artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan, namun pada dasarnya artikel untuk Google dan artikel biasa itu memiliki kesamaan. Beberapa kesamaan yang dimiliki oleh dua jenis artikel ini adalah:

1. Bahasa yang Dipahami

Entah artikel SEO ataupun artikel bisa, ditulis harus dengan menggunakan bahasa yang dipahami. Meskipun artikel untuk Google fokus untuk kompetisi mesin pencarian, tetap saja pembaca adalah fokus objek yang harus dipuaskan dari sebuah informasi dalam artikel.

Sekarang, algoritma Google juga membaca bagaimana gerak-gerik pembaca ketika mengakses artikel SEO yang dibuat. Aktivitas pembaca inilah yang menjadi acuan baik tidaknya kualitas artikel yang ada dalam sebuah website.

2. Kaidah Penulisan

Semua artikel harus ditulis dengan bahasa yang benar dan bisa dibaca. Sehingga tipografi yang salah adalah pantangan yang harus dihindari, entah itu artikel untuk Google maupun artikel biasa.

Kesalahan dalam penulisan, membuat artikel akan dinilai buruk, sehingga tulislah artikel dengan baik. Entah itu article SEO maupun artikel biasa.untuk Google

3. Memberikan Informasi

Artikel untuk Google maupun artikel biasa, tetap memiliki dasar yang jelas, yaitu memberikan informasi. Sehingga, artikel bisa dinilai buruk jika tidak benar-benar jelas memberikan informasi kepada pembacanya.

Anda bisa mencari jasa penulis artikel agar mendapatkan contoh artikel yang informatif. Selain itu, informasi yang diberikan juga harus benar, tidak sembarangan dan ngawur. Karena jika hal itu dilakukan, imbasnya adalah pada pengetahuan masyarakat.

Kesimpulan

Demikian sedikit penjelasan dari kami, semoga membantu dan menjawab pertanyaan yang ada dibenak Anda. Kembali kami katakan, semua yang kami tulis diatas adalah hasil dari  pengalaman dan literasi yang diketahui penulis.

Sehingga jika ada kesalahan ataupun miss pada informasi mengenai perbedaan artikel SEO dan artikel biasa ini bisa dimaklumi. Selamat mempraktekkan dan pastinya terus belajar serta membaca.

Tinggalkan komentar

Open chat